Service Level Agreement ini hanya berlaku antar PT. Menara Sinar Semesta untuk selanjutnya disebut "CLOUDKU" dengan customer PT. Menara Sinar Semesta, untuk selanjutnya disebut "PELANGGAN". PT. Menara Sinar Semesta menyediakan VPS dan Hosting sesuai dengan spesifikasi dan biaya untuk berlangganan yang telah disetujui antara Pelanggan dengan PT. Menara Sinar Semesta. PT. Menara Sinar Semesta hanya melayani permintaan teknis dengan nama yang tercantum dalam kontrak dengan Pelanggan. Adapun aturan layanan yang digunakan sesuai dengan yang telah dituliskan disini.
Pasal 1
Jaminan Network Uptime 99% dan Server Uptime 98,8%
CLOUDKU memberikan jaminan 99% network dan server uptime 98,8%. Khusus untuk VPS dan dedicated server, CLOUDKU memberikan jaminan khusus di network uptime. CLOUDKU tidak akan memberikan jaminan apabila server malfunction, attack, flooding, hacker, server reboot, preventive maintenance, server upgrade dan hal-hal yang termasuk dalam force majeur.
Pasal 2
Jaminan Keamanan Data
CLOUDKU memberikan jaminan keamanan pada server. Termasuk data file web, database dan email sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh PELANGGAN sendiri. Kelalaian PELANGGAN tersebut diantaranya tersebut dibawah ini.
CLOUDKU berhak untuk menambahkan / mengubah / mengurangi isi dari SLA dan TOS. CLOUDKU akan memberitakan perubahan aturan yang berlaku di CLOUDKU di Website CLOUDKU khususnya yang terkait dengan Penghentian Berlangganan, Biaya Berlangganan, atau perubahan mayor. Pelanggan wajib memerhatikan aturan yang berlaku di CLOUDKU dalam periode tertentu untuk memastikan bahwa pelanggan tetap mengupdate informasi dari CLOUDKU. Permintaan secara khusus oleh Pelanggan mengenai perubahan apapun dari isi SLA, Harus dilakukan secara tertulis kepada CLOUDKU dan akan melalui proses review terlebih dahulu namun tidak menjamin apakah akan disetujui atau tidak disetujui.
Aturan Layanan ini dibuat oleh PT. Menara Sinar Semesta, untuk selanjutnya disebut "CLOUDKU" dan berlaku bagi semua costumer PT. Menara Sinar Semesta, untuk selanjutnya disebut "PELANGGAN".
Pasal 1
Aktivasi Layanan
Ayat 1 Tentang Kelengkapan Data Pendaftaran
PELANGGAN wajib mengisikan data yang valid pada setiap form yang disediakan saat pendaftaran layanan. Data nama yang diisikan HARUS sama dengan nama pemilik rekening yang digunakan saat pembayaran. CLOUDKU berhak untuk tidak melakukan aktivasi jika nama customer berbeda dengan nama pemilik rekening pembayaran atau data yang diisikan pada form pemesanan terbukti tidak valid.
Ayat 2 Tentang Tata Cara Pembayaran
Khusus pembayaran dengan cara transfer antar rekening, pembayaran akan dianggap sah jika PELANGGAN telah melakukan konfirmasi pembayaran melalui halaman website yang telah disediakan. Apabila dalam 24 jam ternyata PELANGGAN belum menerima email tanda terima pembayaran, maka PELANGGAN harus segera menghubungi CLOUDKU untuk melakukan klarifikasi ulang terhadap pembayaran yang telah dilakukan. CLOUDKU tidak bertanggungjawab terhadap pembayaran yang tidak melalui proses konfirmasi.
Ayat 3 Tentang Jangka Waktu Aktivasi Layanan
CLOUDKU akan melakukan aktivasi layanan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari setelah menerima pembayaran yang valid dan telah dapat dipastikan masuk ke dalam mutasi rekening mengingat Bank memiliki jam offline sehingga mutasi pembayaran baru terupdate setelah jam pelayanan Bank online kembali. Proses aktivasi layanan juga sesuai dengan ketentuan yang telah di Pasal 1 Ayat 1.
Ayat 4 Tentang Perubahan Data Kepemilikan
CLOUDKU hanya akan melakukan perubahan data PELANGGAN apabila mendapatkan permintaan dari email yang terdaftar di member area dengan disertakan identitas customer yang sama seperti dengan yang terdaftar di member area.
Ayat 5 Tentang Masa Berlaku Layanan
Masa berlaku layanan sesuai dengan jangka waktu yang dipilih pada waktu pembayaran. CLOUDKU akan mengirimkan tagihan pada email kontak yang terdaftar pada sistem 7 (tujuh) hari sebelum tagihan jatuh tempo. Domain yang melewati masa aktif secara otomatis akan di-redirect pada halaman suspend page, dimana untuk dapat diakses kembali butuh waktu antara 6 (enam) sampai 48 (empat puluh delapan) jam. Layanan yang habis masa berlakunya akan dikenakan penghentian layanan sementara (suspend) setelah tanggal jatuh tempo pembayaran dan akan berlaku penghentian permanen dalam 7 (tujuh) hari setelah jatuh tempo. Layanan yang telah dibatalkan layanannya karena keterlambatan pembayaran tidak dapat diaktifkan kembali. Konsekuensi - konsekuensi yang timbul akibat hal tersebut seperti domain expire / hilang, layanan ter-suspend, timbulnya biaya re-aktivasi, dan konsekuensi lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab PELANGGAN.
Ayat 6 Tentang Upgrade & Downgrade
PELANGGAN dapat melakukan upgrade kapanpun selama paket yang digunakan masih aktif. Adapun perhitungan biaya upgrade dapat menghubungi sales CLOUDKU
CLOUDKU dapat melakukan downgrade, namun downgrade hanya bisa dilakukan dengan membeli layanan baru tanpa mendapat biaya pengurangan dalam bentuk apapun.
Bagi Pelanggan yang ingin mengganti domain pada hosting, dikenakan biaya pergantian Rp 20.000 (belum termasuk PPn) dan biaya registrasi domain baru sesuai dengan harga yang tertera pada website.
Ayat 7 Tentang Bantuan Layanan
CLOUDKU Hosting Indonesia akan memberikan bantuan layanan support kepada Pelanggan setia CLOUDKU Hosting Indonesia melalui tiket 7x24
Adapun beberapa bantuan yang tidak termasuk ke dalam bantuan support, diantaranya :
Pasal 2
Jenis Layanan & Aturan Penggunaan
Ayat 1 Tentang Layanan Hosting CLOUDKU Indonesia
Paket Hosting CLOUDKU Indonesia adalah penyediaan Hosting dengan sepsifikasi yang telah dipilih sesuai dengan kesepakatan. Adapun fitur-fitur yang didapatkan oleh PELANGGAN adalah sesuai dengan apa yang tertulis di halaman paket Hosting CLOUDKU Indonesia.
Ayat 2 Tentang Konten yang Diperbolehkan di Layanan Hosting CLOUDKU Indonesia
Setiap konten yang ada pada server Cloudku tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku. Cloudku menyediakan layanan sewa layanan dan tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya, oleh karena itu terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi Pelanggan jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Adapun Cloudku memberlakukan ketentuan penyiaran konten yang tidak diperbolehkan ada, yaitu:
Ayat 3 Tentang Penggunaan Resource Layanan hosting CLOUDKU
Paket Hosting merupakan paket Shared hosting. Oleh karena itu, untuk menjaga kenyamanan penggunaan layanan seluruh PELANGGAN, perlu adanya ketentuan penggunaan yang mana telah diatur sebagai berikut:
Ayat 4 Tentang Layanan VPS Indonesia
Paket VPS Indonesia adalah VPS Indonesia Anda telah menggunakan teknologi Parallels Cloud Server. Adapun fitur-fitur yang didapatkan oleh PELANGGAN adalah sesuai dengan apa yang tertulis di halaman paket VPS Indonesia.
Ayat 5 Tentang Konten yang Diperbolehkan di Layanan VPS Indonesia
Setiap konten yang ada pada server CLOUDKU tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku di Negara Indonesia. CLOUDKU menyediakan layanan sewa layanan dan tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya, oleh karena itu terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi PELANGGAN jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Adapun CLOUDKU memberlakukan ketentuan penyiaran konten yang tidak diperbolehkan ada di VPS Indonesia CLOUDKU, yaitu:
Ayat 6 Tentang Layanan Email Hosting Indonesia
Paket Email Hosting Indonesia adalah Paket mail hosting dari CLOUDKU, diperuntukkan bagi Anda atau perusahaan yang aktif menggunakan email dengan domain sendiri untuk sarana komunikasi dengan kapasitas 25 GB / akun dan fitur webmail yang jauh lebih baik daripada webmail default dari cPanel. Adapun fitur-fitur yang didapatkan oleh PELANGGAN adalah sesuai dengan apa yang tertulis di halaman paket Email Hosting Indonesia.
Ayat 7 Tentang Konten yang Diperbolehkan di Email Hosting Indonesia
Setiap penggunaan layanan email hosting CLOUDKU tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang berlaku di Negara Indonesia. CLOUDKU menyediakan layanan sewa layanan dan tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya, oleh karena itu terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi PELANGGAN jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Adapun CLOUDKU memberlakukan ketentuan penggunaan yang tidak diperbolehkan ada di Email Hosting Indonesia CLOUDKU, yaitu:
Ayat 8 Tentang Pelanggaran Konten Layanan CLOUDKU
Setiap pelanggaran penayangan konten sesuai pada Pasal 2 Ayat 2 akan dikenakan penghentian layanan sementara (suspend) yang disertai dengan email pemberitahuan sampai PELANGGAN melakukan penggantian konten yang ditayangkan. Jika dalam kurun waktu 15 hari sejak email pertama dikirimkan PELANGGAN belum melakukan penggantian, maka akan dilakukan penghentian permanen tanpa ada ganti rugi dalam bentuk apapun.
Ayat 9 Tentang Layanan WordPress Hosting Indonesia
Paket WordPress Hosting Indonesia adalah layanan hosting pertama di Indonesia yang benar – benar dikhususkan untuk pengguna WordPress. CLOUDKU menyediakan layanan WordPress Hosting Indonesia sesuai dengan kebutuhan masing - masing pengguna WordPress. Adapun fitur yang akan didapatkan oleh Pelanggan sudah tercantum di halaman paket WordPress Hosting Indonesia.
Ayat 10 Tentang Larangan dan Ketentuan Penggunaan WordPress Hosting Indonesia
Setiap konten dan penggunaan WordPress Hosting Indonesia di CLOUDKU tidak boleh melanggar peraturan dan perundangan yang sudah berlaku. Cloudku menyediakan sewa layanan dan tidak bertanggung jawab atas setiap konten yang terdapat didalamnya, oleh karena itu terlepas dari segala bentuk tuntutan hukum yang berlaku atas konten pribadi Pelanggan jika terbukti terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun. Karena layanan wordpress hosting adalah shared hosting, maka aturan layanan paket shared hosting juga berlaku dalam aturan layanan WordPress Hosting.
Adapun bentuk larangan dan ketentuan penggunaan WordPress Hosting Indonesia, yaitu:
Ayat 11 Tentang Over Space
Penggunaan space hosting tidak boleh melebihi batas default paket space hosting yang terdaftar. Notifikasi suspend akan dikirimkan lima hari dari action suspend jika space hosting masih melebihi batas kuota.
Ayat 12 Layanan Bantuan
PELANGGAN dengan keluhan teknis dapat menghubungi tim teknis Cloudku dengan mengirimkan email atau tiket ke [email protected]
Ayat 13 Tentang Layanan Domain
CLOUDKU bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanan domain bagi PELANGGAN. Semua domain yang dibeli di CLOUDKU bersifat FULL CONTROL. PELANGGAN berhak untuk mendapatkan kontrol atas domain yang dibelinya. Untuk PELANGGAN yang hanya memiliki layanan domain saja di CLOUDKU, jika membutuhkan perubahan NS domain bisa dengan cara menghubungi CLOUDKU melalui email ke [email protected] atau melalui open tiket dari member area CLOUDKU dengan menyampaikan alasan perubahan NS dan menginformasikan NS yang ingin digunakan. Hal tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan konten positif di Internet. CLOUDKU berhak menolak bantuan pendaftaran domain yang terindikasi melakukan fraud sampai dengan kami menerima bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.
Apabila PELANGGAN membeli domain saat masa promo domain dimana promo tersebut memiliki aturan tersendiri yang sudah disebutkan dalam aturan & ketentuan promo, maka PELANGGAN juga terikat dengan aturan & ketentuan promo yang PELANGGAN ikuti.
Pasal 3
Perpanjangan Layanan
Ayat 1 Tentang Tata Cara Perpanjangan Layanan
Biaya Layanan yang akan dibayar oleh PELANGGAN sesuai dengan jumlah yang telah disepakati PELANGGAN dengan CLOUDKU sesuai dengan formulir pendaftaran yang telah diisi saat awal pemesanan layanan. Sistem pembayaran mengacu pada Pasal 1 Ayat 2 aturan layanan ini. PELANGGAN wajib melakukan pembayaran tepat waktu sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Apabila dalam waktu 7 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal jatuh tempo pembayaran yang tertera pada tagihan PELANGGAN belum melakukan pembayaran, maka akan dilakukan penghentian layanan. Jika Anda masih tidak melakukan pembayaran tagihan hingga 14 hari masa penangguhan (14 hari setelah masa kadaluarsa), maka akun Anda akan dihapus permanen tanpa pemberitahuan lebih lanjut. Saat ini CLOUDKU mengirim tagihan hanya melalui email, jika tagihan tidak sampai atau tidak terbaca oleh PELANGGAN, misalnya karena (namun tidak terbatas pada) mailbox PELANGGAN penuh, email PELANGGAN sudah tidak aktif lagi, maka CLOUDKU tidak bertanggung jawab dan ini tidak menghapuskan kewajiban PELANGGAN untuk membayar tagihannya.
Ayat 2 Tentang Penghentian Layanan
Pembatalan layanan yang dipergunakan PELANGGAN di CLOUDKU adalah layanan otomatis, CLOUDKU memerlukan permohonan untuk pembatalan melalui Surat Permohonan Tertulis melalui Support Ticket di Portal Member area CLOUDKU, Paling Lambat 8 Hari sebelum layanan Berakhir berlanggan, Jika tidak melakukan permohonan tertulis ini, maka PELANGGAN akan dikenakan biaya berlangganan penuh sesuai dengan layanan yang disewa dan Pelanggan. Seluruh data PELANGGAN dari layanan yang telah dihentikan sewanya akan diterminasi untuk keamanan dan alasan privasi, terkecuali diperlukan untuk tindakan Hukum.
Pasal 4
Back-Up & Restore Data
Ayat 1 Tentang Ketentuan Back-Up Data
CLOUDKU memberikan backup-data mingguan cpanel secara gratis dan bersifat sebagai bantuan insidental. Batas kuota back-up yang disediakan adalah 10GB. PELANGGAN dapat meminta file backup tersebut melalui permintaan tiket member. Khusus pengguna space di atas 10GB serta untuk VPS, backup merupakan tanggungjawab dari pelanggan. CLOUDKU tidak bertanggungjawab untuk melakukan backup data. CLOUDKU hanya membantu backup secara insidental. Pelanggan diwajibkan melakukan back up data secara proaktif.
Ayat 2 Tentang Ketentuan Restore Data
Restore data hanya berlaku untuk domain yang didaftarkan, bagi PELANGGAN yang menginginkan restore addon / subdomain, CLOUDKU akan melakukan restore secara keseluruhan data yang masih tersimpan dalam backup database Cloudku sesuai domain utamanya. Restore data yang disebabkan oleh Terminasi karena terlambat bayar perpanjangan akan dikenakan biaya 500.000 kecuali untuk paket Dedicated Hosting.
Restore data VPS yang bertujuan untuk roll back data sebelumnya dikenakan biaya 200.000 selama file backup masih tersedia. CLOUDKU tidak dapat membantu untuk merestore data email Espresso yang sudah terminated.
Pasal 5
Jaminan Uptime
Ayat 1 Jaminan Uptime
CLOUDKU memberikan jaminan 99% network dan service uptime server hosting unlimited dan 98,8% network dan service uptime server hosting indonesia dan VPS Indonesia. Jaminan tidak berlaku pada server malfunction, attack, hacker, flooding, server reboot, preventive maintenance dan server upgrade.
Ayat 2 Jaminan Keamanan System
CLOUDKU memberikan jaminan keamanan pada system server. Termasuk data file web, database dan email sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh Pelanggan sendiri. Kelalaian Pelanggan tersebut diantaranya tersebut dibawah ini :
CLOUDKU berhak untuk melakukan compress file apabila file tersebut terindikasi script yang membahayakan stabilitas server (script spam, flooding, dan crawl, serta script lain yang membuat load cpu/memory tinggi).
Ayat 3 Klaim atas kegagalan Jaminan
Klaim atas kegagalan jaminan di atas dapat di klaim dalam waktu maksimal 7 hari setelah terjadinya gangguan. Klaim kegagalan uptime server dan uptime network harus disertai bukti hasil traceroute ke arah domain PELANGGAN dalam waktu terjadinya gangguan dan akan dilakukan crosscheck dengan data milik CLOUDKU. Klaim akan ditolak apabila terjadinya kegagalan atas Jaminan Uptime Konektivitas Internet disebabkan oleh pihak lain yang berada di luar tanggung jawab CLOUDKU dan tidak terbatas didalamnya :
Apabila gangguan pada uptime server yang diklaim oleh PELANGGAN sesuai dengan data milik CLOUDKU, maka untuk perhitungan biaya yang dilberikan sebagai berikut :
Klaim kegagalan jaminan otomatis akan batal apabila :
Klaim kegagalan layanan hanya berlaku untuk layanan hosting dan VPS. Sedangkan layanan yang berhubungan dengan pihak ketiga seperti layanan registrasi nama domain dan layanan managed DNS dan domain forwarding yang bersifat gratis tidak dapat di klaim saat terjadi kegagalan layanan. Bagaimanapun juga CLOUDKU akan berusaha sebaik-baiknya untuk menyampaikan masalah ini kepada pihak ketiga yang terkait.
Pasal 6
Pelanggaran & Sanksi
Jika PELANGGAN melakukan pelanggaran atau melnggunakan server melebihi batas penggunaan wajar, maka akan dikenakan penghentian layanan sementara (suspend), dan PELANGGAN akan mendapatkan email berisi permintaan untuk mengurangi penggunaan. Jika masih terjadi pelanggaran yang sama setelah diperingatkan, maka account tersebut akan dikenakan penghentian permanen (terminate).
Pasal 7
Force Majeur
Force majeure adalah suatu keadaan yang ada di luar kemampuan. Misalnya bencana alam, banjir, badai, yang dinyatakan oleh Pemerintah sebagai bencana alam, huru hara, kebakaran, sabotase, peperangan, epidemi dan kepatuhan terhadap pelaksanaan perundang-undangan. Tidak termasuk force majeure, hal-hal yang diakibatkan oleh kelalaian, kealpaan, kecerobohan dan/atau ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan peraturan. JIka CLOUDKU mengalami force majeur maka CLOUDKU akan memberitahukan melalui email member yang tedaftar segera setelah mengalami force majeure selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sejak force majeure terjadi dengan memberikan penjelasan dan perkiraan dimulainya kembali pelaksanaan ketentuan Perjanjian.
Pasal 8
Hukum yang Berlaku
Ketentuan layanan ini dan pelaksanaannya tunduk pada dan diartikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan hukum Negara Republik Indonesia. Dalam hal terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat sebagai akibat dari pelaksanaan ketentuan layanan ini, maka baik PELANGGAN maupun CLOUDKU sepakat dan setuju untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
Pasal 9
Adendum
Ayat 1 Perubahan Aturan Layanan
CLOUDKU berhak melakukan perubahan pada aturan layanan ini baik sebagian atau seluruhnya tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada PELANGGAN.
Ayat 2 Disclaimer
Dengan alasan apapun, CLOUDKU tidak bertanggung jawab atas semua kerugian secara langsung maupun tidak langsung, insidental atau kerugian serupa lainnya atas kerugian karena kehilangan pendapatan atau keuntungan nyata yang diharapkan PELANGGAN maupun tuntutan pihak-pihak lain akibat terputusnya pelayanan jasa dari CLOUDKU.
Ayat 3 Dukungan terhadap lembaga hukum yang berwajib
CLOUDKU berhak untuk mendukung lembaga hukum yang berwenang dengan memberikan informasi yang diperlukan jika terdapat permohonan berlandaskan hukum dari lembaga hukum yang berwenang tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada PELANGGAN. CLOUDKU mendukung sepenuhnya kegiatan lembaga hukum yang berwenang.
Ayat 4 Penutup Demikian aturan dan ketentuan layanan ini dibuat agar tercipta kerjasama dan hubungan yang baik antara CLOUDKU dan PELANGGAN. Terima kasih, telah menggunakan layanan dari CLOUDKU.