Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.248
Rp15.938
Rp365.000
Rp244.315
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

nama@bisnisanda.com
Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan dan Cara Kerja Javascript

by Cloudku / Juli 27, 2021

Javascript

Apa itu javascript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam pengembangan website, aplikasi, game, dan lainnya. Bahkan, produk dari perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Linkedin juga menggunakan bahasa pemrograman ini.

Javascript dipercaya membuat website lebih menarik dan membuat pengunjung lebih betah. Bahkan, Anda juga dapat mengembangkan game online berbasis web yang populer di kalangan anak muda.

Apa itu Javascript?

JavaScript merupakan bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk membuat situs dengan konten website yang dinamis. Faktanya, lebih dari 67,7% developer telah menggunakan JavaScript untuk menciptakan konten yang dinamis. Konten dinamis artinya konten dapat bergerak atau berubah di depan layar tanpa perlu me-reload halaman, seperti, fitur slideshow foto, gambar animasi, pengisian poling, dan lainnya.

JavaScript sering dikolaborasikan dengan HTML dan CSS yang mana HTML berperan untuk membuat struktur website dan CSS untuk merancang style halaman website. Lalu, JavaScript berperan dalam penambahan elemen interaktif untuk meningkatkan engagement pengguna. Sebagai contoh, ketika Anda memberikan like dan komentar di Twitter. Anda dapat melihat munculnya jumlah like dan komentar yang terus bertambah secara real time, tanpa me-reload-nya.

Sejarah Javascript

Mulanya, JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang hanya bekerja dari sisi klien atau front end, yang hanya mengolah kode yang berjalan di browser.

Saat itu Google membuat bahasa pemrograman Javascript semakin populer dengan menggunakan AJAX untuk fitur suggestion di kolom pencarian. AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML yang merupakan teknik pembaruan data halaman web tanpa proses reload. Semenjak itu, banyak developer mulai memanfaatkan bahasa pemrograman ini untuk membuat website yang lebih menarik dan hidup.

Seiring perkembangannya, JavaScript tak hanya bisa digunakan di sisi client saja, melainkan juga di sisi server. Eksekusi bahasa pemrograman ini di sisi server dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform framework JavaScript seperti Node.js, React.js, dan lainnya. Hadirnya framework membuat para developer ingin mempelajari Javascript lebih dalam. Sehingga lahirlah produk-produk canggih seperti aplikasi untuk mobile, website aplikasi, hingga game online.

Fungsi Javascript

Berikut ini beberapa fungsi JavaScript paling utama yang wajib Anda ketahui:

  • Membuat Website Lebih Menarik
    JavaScript mampu membuat website terlihat lebih menarik dan interaktif, dengan konten-konten dinamisnya.
    Misalnya, konten yang bergerak dan memperbarui secara real-time tanpa perlu reload semua halaman website berkali-kali. Seperti Google Maps, ketika fitur penunjuk rute diaktifkan, Google Maps dapat terus meng-update posisi Anda secara realtime tanpa perlu melakukan reload. Hal ini tentu tak bisa dilakukan tanpa menggunakan JavaScript.
  • Menciptakan Aplikasi Mobile
    Fungsi JavaScript selanjutnya ialah untuk membuat aplikasi mobile. Kalau dulu aplikasi mobile hanya bisa dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java untuk Android. Sekarang, bahasa pemrograman ini sudah bisa digunakan dalam mobile API untuk membuat aplikasi mobile.
    Pembuatan aplikasi mobile juga semakin mudah dengan adanya framework JavaScript khusus aplikasi mobile, seperti React Native. Dengan framework ini, Anda bisa membuat aplikasi mobile untuk dua sistem operasi sekaligus, yaitu Android dan iOS.
  • Mengembangkan Game Berbasis Web Browser
    Tak hanya membuat halaman website, JavaScript juga dapat berfungsi untuk mengembangkan game online berbasis browser.
    Untuk membuat game browser, Javascript perlu dikombinasikan dengan HTML5 agar game semakin menarik. Beberapa game populer JavaScript, misalnya Lord of Ultima dan Flappy Bird.
    Pengembangan game berbasis JavaScript ini pun didukung oleh adanya framework JavaScript khusus game, seperti Playground.js, Panda.js, dan Quintus.
  • Menjalankan Web Server
    Terakhir, seiring perkembangannya, Javascript tak hanya mampu bekerja di sisi browser saja, tetapi juga di sisi server dengan menggunakan Node.js.
    Node.js ini akan mengeksekusi kode JavaScript pada sisi server sehingga dapat menjalankan situs, aplikasi web, dan game berbasis browser.
    Node.js juga mampu menangani banyak proses secara bersamaan, tanpa perlu menunggu satu proses selesai terlebih dulu. Sehingga proses bisa dilakukan lebih cepat.

Cara Kerja JavaScript yang Wajib Anda Pahami

Berikut ini cara kerja JavaScript dari sisi client dan sisi server yang perlu Anda ketahui.

Cara Kerja Javascript di Sisi Client

Sebelumnya, kode bahasa pemrograman ini dapat dibuat dalam satu halaman HTML. Jadi, ketika halaman dibuka, kode akan berjalan secara otomatis. Selain itu, kode bahasa pemrograman ini juga dapat dibuat pada file terpisah dengan ekstensi .js. Kemudian file tersebut disisipkan pada kode HTML. Nantinya kode akan ditulis dengan menggunakan tag.
Di sisi client, proses cara kerja JavaScript sebenarnya tidak terlalu rumit. Ketika pengunjung membuka halaman website, script akan terunduh dan mulai dijalankan di browser. Jadi, prosesnya tidak dilakukan di web server. Jika browser pengunjung tidak mendukung JavaScript, tampilan halaman website di perangkat pengunjung bisa berbeda. Fungsi interaktifnya tak dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

Cara Kerja Javascript di Sisi Server

Kalau dari sisi server, bahasa pemrograman ini lebih banyak diimplementasikan untuk kebutuhan database. Cara kerjanya pun hampir sama dengan bahasa pemrograman sisi server lainnya, seperti C# atau Java. Namun, yang membedakan adalah bahasa pemrograman ini bekerja secara non-blocking. Artinya, Ketika program berjalan, program tersebut tak akan berhenti pada satu proses saja. Sistem akan mulai menyiapkan perintah berikutnya.
Jika proses selanjutnya ternyata diketahui tidak memiliki output, proses tersebut bisa langsung dijalankan bersamaan dengan proses yang masih berjalan. Jadi, proses pengolahan data bisa dilakukan jauh lebih efektif.
Sebagai contoh, ketika Anda menonton streaming video atau embed YouTube di sebuah website. Selama video berjalan, Anda tetap bisa mengakses informasi lainnya dalam website tersebut.

Keunggulan Javascript

Selain fungsinya yang beragam, berikut ini beberapa kelebihannya yang membuatnya populer di kalangan developer:

- Mudah Dipahami dan Dipelajari

Bahasa pemrograman memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Nah, JavaScript termasuk salah satu yang mudah untuk dipelajari. Syntax atau penulisan kodenya sangatlah ringkas sehingga gampang untuk dipahami. Coba saja bandingkan syntax untuk menampilkan Hello World dengan bahasa pemrograman lain, seperti berikut:
Bahasa Pemrograman Javascript:
console.log('Hello World!')

Bahasa Pemrograman C++
include
using namespace std;
// main() is where program execution begins.
// main() is where program execution begins.
int main() {
cout << "Hello World"; // prints Hello World
return 0;
}

Syntax dari JavaScript jauh lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipahami, bukan?

- Fleksibel Digunakan

Dulu, basis bahasa pemrograman website kebanyakan menggunakan PHP. Sebab semua logika web dibuat pada sisi server.
Namun, dengan adanya JavaScript, website bisa dibuat dari sisi client yang lebih dinamis dan interaktif. Bahkan seiring perkembangannya, bahasa pemrograman ini tidak hanya digunakan di sisi client atau browser saja. Tetapi juga di sisi server dengan bantuan framework Node.js.
Dengan itu, Anda bisa mengembangkan beragam software seperti server, aplikasi mobile, dan desktop, game dan juga console.

- Beban Server Lebih Ringan

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika pengunjung mengakses website, script akan terunduh di perangkat client. Script tersebut kemudian diproses di browser client. Lalu, browser mulai menampilkan halaman website.
Proses kerjanya di sisi server dinilai sangat efisien. Sebab, cara kerjanya yang bersifat non-blocking. Artinya, prosesnya tidak akan berhenti satu proses saja. Bahkan, dapat dilakukan bersamaan, jika proses sebelumnya tidak membutuhkan output.
Dengan kata lain, beban kerja server akan jauh lebih ringan jika menggunakan JavaScript.

- Bisa Digunakan untuk Semua Kebutuhan

JavaScript bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.Tak hanya untuk front-end, bahkan Anda bisa mengelola server (backend) dengan menggunakan Node.js.
Dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, Anda bisa mengembangkan website lebih efisien. Sebab, Anda tak perlu repot-repot menggunakan bahasa pemrograman lainnya.

- Memiliki Komunitas yang Aktif

Selain mudah dipelajari dan fleksibel, Javascript juga memiliki dukungan komunitas developer yang aktif.
Dengan adanya komunitas tersebut, Anda bisa mendapatkan bantuan dari komunitas jika mengalami kendala seperti bug saat mengembangkan aplikasi. Sehingga, akan lebih mudah menemukan solusinya.

Kesimpulan

Bagaimana Sobat, tertarik menggunakan Javascript?
Tak perlu khawatir bagaimana meng-oneline-kan website Sobat. Semua hosting di cloudku sudah support Javascript. Mulai dari 8ribuan saja.
Yuk intip paketnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram