Hal Apa Saja yang Perlu Dihindari dalam Memilih Provider Hosting?

by Alivia Affandi / September 12, 2022

Semakin berkembangnya teknologi menuntut kita semua melakukan hampir seluruh kegiatan menggunakan internet, salah satunya adalah memasarkan bisnis kita di dunia internet.

Ada banyak cara untuk memasarkan bisnis di internet, salah satunya dengan membuat website, yang mana dalam website ini berisi informasi tentang apa yang kita tawarkan/apa yang kita jual. Agar website bisa dilihat oleh banyak orang maka dibutuhkan web hosting.

Web hosting merupakan rumah di mana pebisnis/ pengguna layanan hosting meletakkan semua konten mereka secara online dan memastikan bahwa pengunjung dapat mengakses konten dengan cepat dan efisien melalui internet.

Hal ini membuat pebisnis harus menemukan provider yang pas dan cocok dengan bisnis yang dikelolanya. Lalu hal apa sajakah yang perlu diperhatikan sebelum memilih provider hosting?

Yuk, simak penjelasannya.

Hal-hal yang harus Dihindari dalam Memilih Provider:

Berikut hal-hal yang perlu dihindari dalam memilih provider hosting agar terhindar dari kerugian di kemudian hari.

Memilih Provider Hosting Gratis

Sejatinya tidak ada yang salah dalam memilih provider hosting gratis, namun Sobat Cloudku perlu memperhatikan spesifikasinya, karena provider hosting gratis seringkali penuh dengan keterbatasan. Ditambah lagi biasanya provider hosting gratis memiliki performa yang kurang stabil. Hal ini akan berdampak pada ketidaknyamanan pengunjung website Sobat.

Tergiur dengan Harga Murah

Sobat Cloudku jangan tergiur oleh harga yang murah. Lagi-lagi Sobat Cloudku perlu memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas website Sobat. Sobat Cloudku perlu berhati-hati dengan provider hosting yang menawarkan layanan dengan harga di luar batas wajar.

Tidak Memperhatikan Spesifikasi

Spesifikasi berbanding lurus dengan kualitas, kualitas berbanding lurus dengan harga. Jika Sobat Cloudku menginginkan performa yang oke, Sobat Cloudku hanya perlu menyesuaikan spesifikasi hosting dengan yang dibutuhkan oleh Sobat Cloudku, tidak perlu terlalu rendah atau terlalu tinggi. Spesifikasi yang terlalu rendah membuat website Sobat Cloudku memiliki loading yang amat lambat, hingga tidak bisa diakses oleh pengunjung. Namun Spesifikasi yang terlalu tinggi juga tidak baik, karena hal ini mengakibatkan biaya yang terlalu tinggi. Ada baiknya Sobat Cloudku untuk melakukan konsultasi dengan tim support provider untuk memutuskan mengambil paket dengan spesifikasi seperti apa.

Seperti Tim Support pada Hosting Provider Cloudku yang memberikan dukungan 24jam setiap harinya. Sobat Cloudku bisa menghubungi kami melalui live chat pada website cloudku.id atau mengirimkan pesan ke [email protected] untuk berkonsultasi masalah hosting Sobat.

Salah Menentukan Kebutuhan Hosting

Seperti yang telah dibahas pada poin ketiga, bahwasanya spesifikasi berbanding lurus dengan kualitas. Pastikan Sobat Cloudku sudah menghitung berapa space dan bandwidth yang dibutuhkan. Jika Sobat mengalami kesulitan dalam memprediksikan silakan kontak Tim Support Provider.

Server tidak berada pada Zona Audiens

Ini merupakan hal yang krusial, bagaimana bisa? Tentu saja ini akan berdampak pada lamanya audiens mengakses website Sobat jika server website berada jauh dari target audiens . Ada beberapa tipe audiens yang tidak sabar dengan loading pada website, akibatnya Sobat akan kehilangan pengunjung website. Misalnya nih, Sobat memiliki target audiens orang Indonesia maka pastikan Sobat memilih server hosting yang berada di Indonesia juga.

Tidak Menyadari Keterbatasan

Lagi-lagi Mimin mengingatkan mengenai batasan spesifikasi. Jangan sampai Sobat Cloudku tidak menyadari adanya keterbatasan pada paket yang akan dibeli. Pastikan Sobat Cloudku paham dan mengerti batasan layanan yang akan dibeli. Pilihlah hosting yang menyediakan upgrade layanan agar suatu saat jika Sobat Cloudku membutuhkan spesifikasi yang lebih besar, Sobat cukup mengajukan upgrade saja.

Tidak Melakukan Backup Secara Berkala

Melakukan backup merupakan kewajiban bagi seluruh pengguna layanan karena kehilangan data bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja tanpa terkecuali. Jika Sobat Cloudku malas untuk melakukan backup mandiri maka pilihlah hosting yang sudah dilengkapi dengan fitur backup, seperti cloudku.id . Hosting pada Cloudku sudah dilengkapi dengan Backup Acronis. Acronis merupakan tool untuk backup dan recovery yang dilengkapi dengan fitur security. Dengan kata lain Hosting di Cloudku memiliki fitur backup yang sudah dilengkapi dengan security, anti virus dan anti malware.

Tidak Memperhatikan Adanya DDOS Protection

DDOS merupakan salah satu momok yang paling menakutkan dikalangan IT, bagaimana bisa?
Tidak ada obat untuk mengatasi DDOS, sehingga pilihlah provider yang sudah menyediakan DDOS protection seperti cloudku.id yang telah dilengkapi perlindungan DDOS hingga 2,5TB .

Nah, itu lah hal-hal yang perlu dihindari dan secuil tips untuk memilih hosting provider. Bagi Sobat yang masih bingung dalam menentukan hosting yang tepat, cari tahu kebutuhan penyimpanan website dan diskusikan dengan hosting provider yang hendak dipilih.

Saat ini Cloudku juga menyediakan Hosting dengan Versi Trial juga lho, gratis 100% lagi.
Yuk, cobain dan rasakan sendiri performa server kami. Silakan kunjungi website kami melalui link berikut:
Plesk Hosting Trial 7 Hari
Cpanel Hosting Trial 7 Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram