Cara Mengatasi Error 404 Pada WordPress

by Cloudku / August 5, 2021

Cara Mengatasi Error 404 Pada WordPress

Cara mengatasi error 404 pada wordpress

Halo Para Cloudku pada kesempatan kami akan membahas cara mengatasi error 404 pada wordpress Error 404 terjadi karena saat Anda mengakses pada sebuah halaman tetapi browser tidak menemukan halaman yang Anda cari. Pesan error yang tampil ini berbeda tergantung dari web browser yang Anda gunakan. Contoh seperti dibawah ini:

Chrome : 404, That’s error

Firefox : 404 Not Found

Opera : 404 Not Found

Safari : 404 error: File not found

Kesemuanya itu intinya sama yaitu error 404. Error ini kebanyakan terjadi karena masalah dari script blog dan bisa jadi masalah datang dari server hosting yang Anda gunakan.

Mengatasi Error 404

Cara mengatasi error 404 sangat mudah dilakukan, apalagi bagi Anda yang menggunakan platform WordPress. Ada beberapa cara mengatasi error 404 yang bisa Anda coba, berikut caranya:

1. Refresh atau Reload

Pada saat terjadi error 404 not found, coba Anda tekan refresh F5 atau reload web browser, kadang error 404 ini terjadi karena web browser bermasalah saat menampilkan halaman yang Anda cari.

Penyebab yang kedua yang sering ditemui karena permasalahan seting pada permalink WordPress. WordPress memiliki berbagai pilihan permalink yang bisa anad gunakan untuk opsi tampilan halaman. Untuk seting permalink, Anda bisa buka di dashboard WordPress Settings Permalinks.

Setelah terbuka, silahkan Anda pilih Plain dibawah Common Settings kemudian klik save. Silahkan coba buka browser Anda dan reload apakah sudah normal ataukah belum.

3. Restore File htaccess

Ketika Anda merubah seting permalink pada WordPress, otomatis seting yang ada di htaccess ikut berubah. File htaccess ini bertugas untuk berkomunikasi langsung dengan server hosting. Jika browser Anda muncul tampilan error 404, kemungkinan besar file htaccess yang ada di cPanel atau Plesk bermasalah. Cara mengatasinya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Masuk ke akun cPanel atau Plesk, untuk user password biasanya disertakan saat pembelian hosting.
  • Silahkan cari menu File > File Manager
  • Cari file public_html > htaccess > Edit
  • Masukan script coding dibawah ini
  • Kemudian tambahkan baris coding seperti dibawah ini.

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

  • Jika sudah klik save dan silahkan coba kembali.

4. Mematikan Plugin dan Theme WordPress

Plugin-WordPress

Sama seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, plugin dan theme turut serta dalam beberapa permasalah pada WordPress. Untuk mengatasinya silahkan Anda baca pada pembahasan artikel sebelumnya tentang cara mengatasi error 403 forbidden pada WordPress. Jika cara diatas belum berhasil, cobalah untuk menghubungi pihak penyedia hosting yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram