Apa Itu Virtual Machine?

by Cloudku / August 4, 2021

Apa Itu Virtual Machine?

Apa Itu Virtual Machine?

Halo para Cloudku pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu Virtual Machine.

Di era yang semakin digital ini, virtual machine adalah salah satu teknologi yang sudah menjadi keperluan sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi.

Dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, saat ini semua kebutuhan bisnis sudah tersimpan dan terintegrasi ke dalam sistem-sistem virtual dan cloud service.

Apa Itu Virtual Machine?

Singkatnya, virtual machine adalah sebuah software (perangkat lunak) pada komputer yang mempunyai fungsi seperti komputer fisik dengan komponen pembangun yang lengkap.

Perangkat lunak ini bisa melakukan aktivitas seperti komputer pada biasanya. Membuat file, pembaruan sistem, menginstall aplikasi, menjalankan program, dan lain sebagainya.

Meskipun virtual machine umumnya diinstal pada sebuah hardware, namun penggunaannya dapat memanfaatkan software Hypervisor guna memisahkan sumber daya VM dari hardware.

VM juga bisa digunakan untuk menginstal dan menggunakan operating system yang berbeda dari sistem operasi hardware tersebut.

Teknologi virtual machine banyak dipakai pada lingkungan cloud computing. Pasalnya VM bisa menjalankan operating systemnya sendiri dan berfungsi secara terpisah dengan perangkat.

Bahkan Anda juga bisa mengoperasikan beberapa operating system yang berbeda secara bersamaan pada host atau perangkat yang sama.

Sekarang ini public cloud services sering memakai VM sebagai sumber daya aplikasi virtual yang digunakan pada server mereka.

Berkat fleksibilitas dan juga efisiensinya, virtual machine mampu memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan dan penggunaannya.

Jenis Virtual Machine

Virtual machine sendiri juga memiliki beberapa, untuk lebih jelasnya berikut beberapa jenis virtual machine:

Process Virtual Machine

Jenis VM yang satu ini memungkinkan satu operating system untuk dioperasikan sebagai aplikasi utama pada device yang menjadi host.

VM jenis ini juga bisa menyediakan lingkungan pemrograman yang independen dari sebuah software platform apapun.

Ini karena mampu menyembunyikan informasi dari OS atau hardware yang mendasari suatu device. Dengan begitu tampilan dan kegunaan device bisa ubah sepenuhnya.

Contoh dari VM jenis ini adalah Java VM yang memungkinkan sistem operasi apapun mampu menjalankan aplikasi Java, seakan-akan aplikasi itu berasal dari device yang di pakai.

System Virtual Machine

Jenis kedua adalah Sistem virtual machine. Jenis ini telah sepenuhnya di virtualisasi dan bisa menggantikan kinerja komputer fisik.

VM jenis ini juga mendukung kebutuhan sharing sumber daya dari komputer host ke beberapa VM. Nantinya masing-masing VM dapat menjalankan salinan sistem operasi secara mandiri.

Proses virtualisasi ini tergantung dengan kinerja Hypervisor. Yang bisa beroperasi dalam dalam sebuah hardware atau diatas adalah sebuah operating system.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Machine

Seperti yang sudah disinggung di atas, virtual machine adalah salah satu teknologi canggih multifungsi yang bisa meningkatkan produktivitas dan kolaborasi sebuah proyek

Namun apa yang menjadi kekurangan maupun kekurangan mesin ini? Berikut pembahasan lengkapnya:

Kelebihan VM

Berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan, jika dibandingkan dengan sistem computing konvensional, seperti:

  • Efisien & fleksibel — dalam satu device, pemakai bisa memanfaatkan berbagai macam operating system untuk kebutuhan yang berbeda-beda.
  • Maintenance yang mudah — berbeda dengan komputer fisik, software virtual machine lebih mudah untuk dikelola. Selain itu, VM juga mempunyai biaya perawatan yang lebih murah.
  • Kinerja yang hebat — memberdayakan pemakai guna mencapai tujuan akhir mereka dengan kinerja serta kualitas yang bisa melampaui sistem computing konvensional.

Kekurangan VM

Seperti yang kita tahu jika setiap fungsi yang optimal selalu dibarengi resiko dengan keberlangsungan sumber daya utama.

VM ini bisa membuat virtualisasi sistem yang terbilang kompleks dan cukup banyak memakan lokasi hardware di komputer utama.

Selain itu juga memakan ruang penyimpanan data virtual yang lumayan besar dan mengambil sebagian fungsi prosesor dan RAM.

Maka dari dari itu pemakaian virtualisasi mesin ini disarankan untuk perangkat yang mempunyai spek tinggi supaya memperoleh fungsi yang diinginkan oleh penggunannya.

Fungsi Virtual Machine

Selain menjalankan sistem operasi yang berbeda pada satu perangkat, virtual machine juga mempunyai banyak fungsi, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Menguji Sistem Operasi

Fungsi pertama digunakan untuk menguji sistem operasi. Apabila Anda mau memasang sistem operasi pada komputer, alangkah baiknya mencoba file OS itu lewat VM ini.

Tujuannya adalah untuk pengecekan apakah OS tersebut kompatibel atau tidak serta mendapati masalah atau tidak pada saat menginstalnya.

Dengan demikian, Anda dapat terhindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses memasang sistem operasi berlangsung.

2. Memperbarui Sistem Operasi

Proses update sistem operasi memang tidak mudah. Banyak masalah yang bisa terjadi saat melakukan pembaruan. Mulai dari blue screen, gagal booting, sampai kerusakan permanen.

Nah mesin virtual memungkinkan Anda untuk melakukan temporary dan pengujian update pada sistem. Dengan begitu, Anda bisa tahu apa yang akan terjadi saat pembaruan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram