Canva Tutorial Mendasar dalam 5 Langkah Mudah

by Cloudku / Februari 4, 2022

Canva Tutorial Mendasar dalam 5 Langkah Mudah

Canva Tutorial

Seiring dengan semakin terkenalnya aplikasi Canva, Canva tutorial semakin banyak dicari oleh para pengguna internet. Canva sendiri memang merupakan suatu aplikasi yang sangat serbaguna. Anda bisa menciptakan berbagai desain menarik secara gratis dengan memakai aplikasi ini.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda temukan dalam aplikasi ini. Misalnya, Anda bisa memakai Canva untuk membuat logo usaha Anda, membuat poster, konten untuk media sosial, desain kemasan produk, hingga bahkan membuat invoice. Bagaimana cara memakai aplikasi yang canggih ini?

Canva Tutorial Mudah untuk Anda Pelajari

Tertarik untuk menggunakan aplikasi Canva dan menggunakan semua fitur keren yang ada di dalamnya? Anda perlu mempelajari terlebih dahulu cara menggunakan aplikasi ini. setelah itu Anda bisa mulai menjelajahi seluruh fitur yang ada di dalamnya. Ini dia beberapa langkah memakai Canva.

  1. Membuat akun

Agar bisa menggunakan Canva, buat akun terlebih dulu dengan membuka situs web Canva.com lalu memilih tombol Sign Up. Untuk mendaftar, Anda bisa memakai alamat email, akun Facebook, atau akun Google.

  • Membuat desain

Setelah berhasil masuk ke halaman utama Canva, ciptakan desain dengan mengklik Create a design. Silakan pilih salah satu jenis konten yang akan Anda buat. Anda bisa memilih salah satu template yang tersedia atau memilih menu blank untuk menciptakan desain Anda sendiri.

  • Memilih dan mengedit background

Canva tutorial yang berikutnya adalah memilih background yang sesuai dengan bisnis Anda. Pilihan background sendiri sangat bervariasi. Ada background warna dan motif yang bisa langsung Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan foto yang Canva sediakan sebagai background.

Kalau foto yang Anda pilih ternyata ukurannya kurang sesuai dengan ukuran desain yang Anda buat, Anda bisa mengklik salah satu ujung foto lalu menariknya ke arah manapun sehingga ukurannya akan lebih pas dengan desain Anda.

  • Canva tutorial menambahkan teks

Kemudian langkah selanjutnya adalah menambahkan teks ke desain buatan Anda. Untuk melakukannya, klik tombol Teks yang ada di panel sebelah kiri halaman utama Canva. Seperti langkah sebelumnya, ada dua cara berbeda untuk menambahkan teks ke desain.

Yang pertama adalah memilih salah satu template teks yang sudah ada. Lalu tinggal ubah saja tulisan yang ada dalam template tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Cara yang kedua adalah dengan membuat teks secara manual. Yaitu dengan mengklik salah satu pilihan yang ada, seperti Add a heading.

Ketikkan teks yang Anda inginkan. Anda bisa mengubah jenis font, ukuran teks, warna, dan spacingnya. Lokasi teks juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Membagikan atau mengunduh desain

Jika desain yang Anda ciptakan sudah siap, Canva tutorial yang berikutnya adalah langsung membagikan desain tersebut ke akun media sosial Anda atau mengunduhnya ke penyimpanan perangkat terlebih dahulu. Klik Download di kanan atas layar untuk mengunduh desain.

Akan muncul beberapa pilihan format seperti PDF, JPG, maupun PNG. Pilih salah satu format yang Anda inginkan lalu klik tombol Download yang berwarna biru. Setelah berhasil diunduh, Anda bisa menggunakan file tersebut untuk berbagai keperluan apapun yang Anda inginkan.

Pentingnya Mempelajari Canva tutorial

Ada banyak pilihan aplikasi lain yang mirip dengan Canva. Tapi dibandingkan dengan berbagai aplikasi lain tersebut, Canva mempunyai lebih banyak keunggulan. Salah satunya adalah banyaknya fitur gratis yang ada di aplikasi ini. Beberapa fiturnya antara lain:

  • Ada ribuan template gratis yang siap digunakan untuk membuat berbagai jenis konten. Beberapa contoh template gratis yang tersedia adalah template presentasi, kupon diskon, banner website, dan sebagainya.
  • Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan cukup besar, yaitu hingga 1GB. Penyimpanan yang sangat besar ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menyimpan berbagai template yang paling sering Anda pakai.
  • Ratusan ilustrasi dan ikon yang bisa mempercantik desain Anda. Berbagai ilustrasi dan ikon tersebut tersedia secara gratis dan bisa Anda gunakan untuk membuat desain Anda tampak semakin menarik.

Pelajari Canva tutorial diatas karena beberapa langkah tersebut adalah langkah paling mendasar yang perlu Anda pahami. Dengan memahami semua dasar tersebut, Anda akan semakin terampil dalam menggunakan Canva untuk membuat desain terbaik bagi situs web Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram