YouTube AdSense – 4 Langkah Pendaftarannya

by Cloudku / Februari 7, 2022

YouTube AdSense – 4 Langkah Pendaftarannya

Youtube AdSense

Ada banyak sekali cara untuk memperoleh penghasilan dari YouTube, salah satunya adalah melalui YouTube AdSense. Penghasilan yang ditawarkan oleh layanan YouTube ini sangat menjanjikan. Tidak heran kalau semua YouTuber mengaktifkan AdSense di video yang mereka tampilkan.

Anda juga bisa memperoleh penghasilan dari AdSense ini. Tapi sebelumnya ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu. Misalnya, akun YouTube Anda harus sudah terverifikasi. Syarat lain adalah setidaknya Anda sudah harus mempunyai 1000 subscriber.

Cara Mendaftar YouTube AdSense

Untuk mendaftar AdSense, langkah paling awal yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun YouTube terlebih dahulu. Cukup gunakan akun Gmail Anda untuk menciptakan akun YouTube. Login ke www.youtube.com dengan menggunakan Gmail yang masih aktif.

Setelah berhasil masuk ke YouTube, buka menu Pengaturan dengan mengklik ikon Profile di kanan atas kemudian pilih Setting. Di halaman pengaturan, klik lagi ikon Profile lalu klik Creator Studio. Anda akan masuk ke dashboard studio Anda sendiri. Di bagian ini, klik Others Features.

Kemudian Anda perlu memilih menu Monetization. Anda akan diarahkan ke halaman Partner Program. Disinilah Anda akan mendaftar AdSense. Ada 4 langkah yang perlu Anda lewati.

Langkah 1: Persetujuan Partner Program YouTube AdSense

Akan muncul ketentuan persetujuan yang memuat berbagai peraturan dan akan berlaku selama Anda masih menggunakan Partner Program. Klik I Accept untuk menyetujui. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke langkah yang kedua.

Langkah 2: Hubungkan YouTube dengan AdSense

Kalau Anda belum memiliki akun AdSense, Anda bisa membuat AdSense khusus YouTube. Tapi kalau Anda sudah punya akun AdSense, langsung hubungkan ke akun YouTube. Untuk membuat akun AdSense baru, akan ada form yang harus dilengkapi.

Masukkan semua informasi yang diminta lalu berikan konfirmasi bahwa Anda menyetujui ketentuan yang berlaku. Kemudian klik tombol Create Account untuk membuat YouTube AdSense yang baru. Dashboard AdSense pun akan terbuka dan Anda perlu memasukkan beberapa informasi lagi.

Pastikan alamat dan nama yang Anda masukkan sudah benar karena keterangan ini akan digunakan oleh Google untuk mengirimkan kode verifikasi pencairan AdSense. Terakhir, klik Submit.

Langkah 3: Mengubah Pengaturan Pilihan Monetisasi

Di tahap ini, Anda bisa mengatur penempatan iklan yang nantinya akan tampil setelah pengajuan AdSense Anda diterima. Klik Start di bagian Monetization. Penting untuk diingat bahwa posisi iklan bisa menentukan seberapa besar dana yang nantinya akan Anda peroleh.

  • Display Ads

Jenis yang pertama adalah iklan yang akan muncul di sebelah kanan layar. Iklan akan selalu tampil sejak awal pemutaran video hingga akhir. Iklan YouTube AdSense ini hanya akan tampil kalau pengunjung YouTube memakai perangkat komputer atau laptop.

Ada beberapa pilihan format foto maupun animasi. Display Ads memang berupa video tetapi tidak mendukung fitur autoplay sound. Dengan begitu iklan ini tidak akan mengganggu video yang sedang dimainkan.

  • Overlay Ads

Iklan yang satu ini akan muncul di bagian bawah layar video sehingga akan menutupi bagian video yang sedang dimainkan, tapi tidak terlalu banyak. Tidak seperti Display Ads, Overlay Ads bisa ditutup manual sehingga pengunjung tidak akan terganggu dengan iklan ini.

Ukuran iklan tidak terlalu besar, hanya sekitar 480x70 pixel saja.

  • Sponsored Cards

Jenis iklan YouTube AdSense yang berikutnya akan menampilkan video teaser. Beberapa saat kemudian, teaser akan diganti dengan sebuah ikon kartu. Iklan akan muncul di sebelah kanan atas video yang sedang diputar. Ikon akan memberikan pilihan untuk mengkliknya atau menutupnya.

  • Skippable Video Ads

Adalah jenis iklan yang akan muncul di bagian akhir maupun awal video. Jika video berdurasi panjang, iklan juga bisa berada di bagian tengah video. Durasi iklan ini bervariasi, ada yang hanya lima detik saja, tapi ada juga yang durasinya beberapa menit. Tapi ada tombol Skip untuk untuk melewati iklan.

Langkah 4: Review Setelah 1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang Setelah semua proses di atas selesai Anda lakukan, langkah berikutnya adalah menunggu sampai akun Anda memperoleh 1000 subscriber serta menampilkan 4000 jam tayang. Unggah konten menarik dan original untuk mempercepat penantian Anda dan mempermudah persetujuan YouTube AdSense.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram