Plugin WordPress Rekomendasi Cloudku Tahun 2020

Plugin WordPress Rekomendasi Cloudku
by Narwastu Nagoro / August 22, 2020

Plugin WordPress Rekomendasi Cloudku. Banyak website yang merekomendasikan berbagai macam plugin yang wajib diinstall untuk website Anda. Namun kami rasa tidaklah fair ketika plugin yang direkomendasikan berisi link afiliasi.

Namun, tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan yang ada sekarang. Artikel ini memuat plugin apa saja yang terbaik menurut Cloudku. Tidak semuanya harus Anda install ke dalam website Anda.

Artikel ini dibuat untuk membantu Anda pengguna WordPress. dalam memilih plugin yang baik untuk website Anda.

Kami mengkategorikan beberapa plugin untuk mempermudah pencarian Anda. Tentunya plugin yang kami sarankan ini memiliki beberapa kriteria: cepat (clean code), support yang baik, fungsi yang baik.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat website berbasis WordPress.

Plugin WordPress Rekomendasi Cloudku

Jangan lupa untuk follow kami! Tanyakan apa saja kami akan menjawab dan membimbing Anda

Plugin Optimasi

Plugin Optimasi sangat penting untuk website Anda. Terutama untuk Anda yang gak ingin ribet dalam oprek website Anda. Plugin Optimasi ini biasanya memiliki fungsi untuk mengoptimasi dengan cara meminimalkan kode JavaScript, CSS, HTML, menggabungkan JavaScript, CSS dan HTML, Caching dan lain sebagainya.

Ada berbagai macam plugin yang bisa Anda pilih dan gunakan. Untuk plugin caching setidaknya gunakan salah satu saja.

1. Swift Performance Lite dan Pro

Plugin WordPress Rekomendasi Cloudku

Swift Performance Lite dan Pro memiliki fitur-fitur penting yang paling kami sukai. Untuk versi berbayar (paid version) Anda akan dimanjakan berbagai macam fitur-fitur optimasi yang mutakhir.

Namun dari banyaknya fitur yang ada dalam Swift Performance ini terkadang membuat user bingung sehingga mereka lebih memilih menggunakan plugin lain yang memiliki kapabilitas yang mirip dengan Swift Performance yaitu WP-Rocket.

Kami memasukkan Swift Performance ke peringkat pertama karena optimasi dari Swift Performance sangatlah baik. Meski secara tampilan untuk orang awam sulit untuk dipahami. Ada berbagai macam artikel terkait mengenai setting Swift Performance yang paling baik untuk website Anda.

Hal yang kami suka dari plugin ini adalah fiturnya yang sangat komplit. Pada paid version Swift Performance ada fitur dalam mengoptimasi gambar layaknya plugin optimasi gambar seperti WP Smush dan EWWW Optimizer.

Penggabungan Script dan CSS hasil dari Swift Performance Pro sangat baik jika dibandingkan oleh kompetitor lainnya yaitu WP-Rocket. Namun, dalam Critical CSS WP-Rocket lebih baik dibandingkan dengan Swift Performance.

Ada lagi fitur yang mutakhir yaitu dequeue Font Awesome, Load Plugin pada halaman secara spesifik, lazy loading script, lazy load css, preload css dan lain sebagainya.

Untuk versi gratis dari Swift Performance biasa dikenal dengan Swift Performance Lite juga gak kalah lho secara performancenya dengan plugin gratis lainnya. Untuk Swift Performance Lite Anda bisa dapatkan dan cari di WordPress Repository.

2. Breeze

Plugin WordPress Rekomendasi Cloudku
Gambar diambil dari blog Cloudways

Breeze meskipun fiturnya tidak selengkap dengan plugin optimasi dan plugin caching lainnya. Breeze paling ringan dibandingkan plugin lainnya. Tidak memakan resource pada server yang besar. Navigasi yang simple, tidak terlalu banyak opsi yang dipilih.

Breeze dikembangkan oleh Cloudways. Fitur dalam plugin ini memuat fitur esensial pada plugin optimasi dan plugin caching.

Jika Anda ingin yang tidak ribet dan tidak memakan resource server besar kami menyarankan untuk menggunakan Breeze. Breeze merupakan plugin gratis. Anda bisa mencarinya di dalam WordPress Repository.

3. Litespeed Cache

Plugin Rekomendasi Cloudku

Litespeed Cache merupakan plugin optimasi dan plugin caching yang baik untuk website Anda. Litespeed Cache sangat kami rekomendasikan jika Anda menggunakan webserver Litespeed. Perkembangan plugin ini dari hari ke hari makin baik.

Fitur yang ditawarkan cukup kompetitif dibandingkan dengan plugin optimasi dan plugin caching berbayar lainnya.

Kami sempat kaget ketika melihat perkembangan dari plugin Litespeed Cache yang sangat cepat. Secara tampilan pun Litespeed Cache telah berhasil membuat lebih baik. Lebih baik navigasinya dan tampilannya.

Untuk kategori plugin caching gratis. Litespeed Cache plugin yang terbaik dibandingkan dengan plugin gratis lainnya. Dengan catatan: webserver Anda menggunakan Litespeed.

Plugin Keamanan (Security)

Plugin keamanan ini juga penting untuk website Anda. Kami merekomendasikan dua plugin yang baik untuk menjaga website Anda.

1. WP Cerber Security

Cukup sulit untuk menempatkan WP Cerber atau Wordfence pada posisi yang pertama. Pasalnya kedua plugin ini memiliki fitur-fitur yang hampir mirip. WP Cerber Security memiliki fungsi utama Hardening, login protection, application firewall, malware scanning, custom wp-login address. Tentunya masih ada lagi fitur-fitur yang ada di dalam plugin ini.

Ada fitur yang menarik dari WP Cerber Security. WP Cerber Security akan memindahkan secara otomatis spam dalam bentuk komentar. Secara otomatis akan mereka masukkan ke dalam trash atau sampah.

WP Cerber Security juga memonitor login dari form login, XML-RPC Request. Hide WP-Admin untuk user yang tidak login. Dan masih banyak lagi.

Meskipun secara fitur memiliki banyak kemiripan dengan Wordfence. Kami memilih WP Cerber Security dikarenakan plugin ini lebih ringan dibandingkan dengan Wordfence. Akan tetapi WP Cerber Security terkesan agak galak dibandingkan Wordfence. Sangat protektif sehingga admin sendiri terkadang juga bisa terblock oleh plugin tersebut.

2. Wordfence

Wordfence salah satu plugin andalan kami dalam urusan keamanan. Sama halnya dengan WP Cerber Security. Plugin ini tersedia pula versi gratisnya. Dalam versi gratisnya pun Anda sudah dimanjakan dengan plugin enterprise fitur yang selayaknya versi berbayar.

Yang menjadikan perbedaan antara Wordfence dengan WP Cerber Security adalah Wordfence dapat merepair atau membenahi file yang terjangkit malware. Unik bukan? Masalah tentang keamanan pada WordPress. Wordfence aktif dalam membicarakan keamanan WordPress di dalam blognya.

Wordfence hampir setiap minggunya menemukan plugin maupun tema yang memiliki resiko keamanan yang tinggi. Jika Anda aware akan keamanan situs Anda. Pastikan Anda berkunjung ke blog Wordfence untuk membaca terkait keamanan website berbasis WordPress.

Kelemahan dari Wordfence sendiri ada pada tidak adanya custom login. Jika WP Cerber Security memiliki kemampuan untuk merubah wp-login atau wp-admin untuk dirubah ke alamat yang kita mau. Wordfence belum menyediakannya. Atau memang kami belum menemukan letak opsinya dibagian mana. Anda bisa beritahu kami dimana letaknya di kolom komentar ini.

Plugin Rekomendasi Lainnya

1. Flying Script

Flying Script merupakan plugin yang dikembangkan oleh developer terkemuka dalam urusan optimasi website berbasis WordPress. Yaitu Gijo Varghese Anda tidak akan pernah dikecewakan oleh plugin-plugin buatannya.

Bagi kami plugin ini sangat menarik, simple dan sangat fungsional. Masalah pada wc-fragment pada Woocommerce dapat di Lazy load menggunakan plugin ini. worth to try dan sangat kami rekomendasikan untuk diaplikasikan ke dalam website Anda.

2. W3 Total Cache

W3 Total Cache merupakan plugin yang sudah ada sejak lama dalam deretan rekomendasi plugin yang kami berikan. W3 Total Cache merupakan plugin optimasi dan plugin cache dengan opsi yang beragam. Opsi-opsinya pun sangat banyak.

Kelemahan dari plugin ini adalah opsi yang terlalu banyak tidak seberapa cocok dengan user awam. Plugin ini sangat cocok untuk advanced user. Plugin ini dapat menyesuaikan dengan webserver, server secara spesifik dibandingkan dengan plugin cache dan optimasi lainnya.

3. Better Search and Replace

Tidak dipungkiri ini adalah plugin andalan dalam urusan mengganti database secara massal. Apakah Anda pernah mengalami mixed content? Secara mudahnya, Mixed Content adalah beberapa file masih nempel pada http.

Banyak orang yang tidak membenahi website mereka secara benar. Kebanyakan hanya menggunakan Really Simple SSL. Bagi kami itu seperti ban bocor yang ditambal. Fungsi Better Search and Replace untuk merubah secara massal di dalam database. Berfungsi pula untuk mengatasi mixed content pada website Anda. Dilain hari kami akan membagikan bagaimana caranya.

Baca Juga: Perbedaan HTTP dan HTTPS

Terimakasih telah menyempatkan membaca. Apa plugin terbaik Anda? Bisa Anda bagikan di kolom komentar dibawah ini!

Jika ada pertanyaan hubungi kami ya. Oh ya artikel ini akan kami update saat kami menemukan plugin yang baik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti Update Terbaru Melalui
Cloudku Talk & Experience

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram