Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Cloudku logo 1
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.249
Rp15.939
Rp365.000
Rp251.084
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!
Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Perbedaan HTTP dan HTTPS yang Perlu Anda Ketahui!

by Cloudku / Februari 16, 2023
perbedaan http dan https

Perbedaan HTTP dan HTTPS yang paling mencolok terletak pada penambahan huruf "S" yang berarti Secure pada ungkapannya. Namun tahukah Sobat perbedaan HTTP dan HTTPS secara fungsi dan penggunaannya?

Sebelum membahas mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS, mari kita telaah dahulu persamaan dari keduanya. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi yang digunakan oleh web untuk mentransfer data dari server ke browser pengguna. Keduanya merupakan protokol komunikasi yang digunakan oleh web. Keduanya juga menggunakan URL (Uniform Resource Locator) untuk mengidentifikasi dan mengakses halaman web.

Namun selain huruf "S" yang berarti Secure? Apa saja sih perbedaannya?
Yuk, cari tahu bersama Cloudku.

Perbedaan antara HTTP dan HTTPS

Setelah dibahas persamaan antara HTTP dan HTTPS di atas, mari kita berpindah ke pembahasan perbedaan antara keduanya. Berikut perbedaan HTTP dan HTTPS:

- Keamanan

HTTPS yang memiliki akhiran "S" sebagai singkatan "Secure" menggunakan protokol SSL/TLS (Secure Sockets Layer/Transport Layer Security) untuk mengenkripsi data yang ditransfer antara server dan browser pengguna. Enkripsi ini memastikan bahwa data yang ditransfer aman dari intersepsi atau penyalahgunaan.

Sementara itu, HTTP (tanpa akhiran "S") tidak menggunakan enkripsi dan data yang ditransfer dalam bentuk teks biasa, sehingga rentan terhadap penyalahgunaan atau intersepsi.
HTTP merupakan versi yang tidak terenkripsi dengan aman. Absennya autentikasi membuat Anda tidak benar-benar tahu dengan siapa Anda berinteraksi selama berada di jaringan internet. Bisa saja, saat Anda sedang bertransaksi dengan seseorang, hacker sudah siap untuk menyimpan data-data penting Anda.

- Port

Selain pada kemanan yang digunakan, HTTP dan HTTPS memiliki perbedaan pada port yang digunakan. HTTPS menggunakan port 443, sementara HTTP menggunakan port 80. Port 443 adalah port khusus yang telah ditetapkan untuk penggunaan protokol SSL/TLS, sedangkan port 80 digunakan untuk penggunaan protokol HTTP.

- Sertifikat

HTTPS menggunakan sertifikat SSL/TLS yang dikeluarkan oleh otoritas sertifikasi yang terpercaya untuk memverifikasi keaslian situs web. Sertifikat ini menunjukkan bahwa situs web yang dikunjungi oleh pengguna adalah situs yang sah dan dapat dipercaya. Sementara itu, HTTP tidak menggunakan sertifikat SSL/TLS. Website yang telah menggunakan sertifikat SSL akan berubah URLnya dari protokol HTTP ke HTTPS.

Pemasangan sertifikat SSL ini menunjukkan komputer yang saling berhubungan telah setuju dengan sebuah kode yang menghalau apapun yang berusaha membaca dan mengambil data yang mereka miliki. Sebagai pemilik website tentu hal ini sangat membantu apabila Anda bertransaksi dengan klien Anda. Hal ini menjadi perhatian yang sangat serius apabila Anda memiliki website jenis e-commerce, karena Anda dan klien akan sering bertukar informasi penting seperti data pribadi, nomor rekening, dan sebagainya.

Selain itu, website yang memiliki sertifikat SSL juga punya potensi lebih tinggi untuk naik peringkat di hasil pencarian Google. Terakhir, yang terpenting adalah transfer data di website Anda menjadi semakin aman karena semua aktivitas datanya terenkripsi dengan aman.

Maka dari itu mengingat betapa pentingnya SSL ini, Cloudku merekomendasikan untuk segara memasang SSL/TLS diwebsite Anda. Dengan begitu reputasi website Anda akan menjadi lebih baik di mata Google dan pengunjung website.

- Keuntungan Penggunaan

Hampir segala informasi bisa didapatkan melalui website yang bertebaran di internet. Tentu bentuk, isi, keamanan dan tujuan dibuatnya website pun berbeda-beda. Website yang menggunakan HTTPS tentu lebih dipercaya dari pada HTTP. Kok bisa?

Sejatinya website yang menggunakan HTTPS terdapat ikon gembok pada URL-nya. Tentu hal ini dapat mendatangkan trust pengunjung. Sedangkan pada website yang menggunakan HTTP malah terdapat ikon peringatan berupa tanda seru (!) disertai dengan tulisan "Not Secure" pada URL-nya. Hal ini berdampak pada penurunan kepercayaan pengunjung pada informasi yang kita paparkan atau produk dan jasa yang kita tawarkan.

Perbedaan HTTP dan HTTPS cukup berpengaruh bagi visitor di era digital saat ini. User awam biasanya mengenal sertifikat SSL dengan tanda HTTPS yang terdapat saat mengakses website tertentu.

Kesimpulan

HTTP (HyperText Transfer Protocol) dan HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure) adalah protokol yang didesain khusus untuk mentransfer informasi dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet. Perbedaan HTTP dan HTTPS yang paling mencolok adalah dengan penambahan huruf S (Secure). Penambahan satu huruf ini sangat penting karena hal tersebut berarti website telah dipasangi sertifikat SSL.

Dalam keseluruhan, HTTPS lebih aman dan lebih disukai daripada HTTP karena menggunakan enkripsi dan sertifikat SSL/TLS untuk melindungi data pengguna dari penyalahgunaan dan intersepsi. Namun, HTTPS juga dapat memperlambat kecepatan akses situs web karena proses enkripsi dan dekripsi yang terjadi saat mentransfer data.

Semoga Artikel ini dapat membantu Anda mengenai masalah perbedaan HTTP dan HTTPS dan betapa pentingnya SSL untuk website Anda. Salam Cloudku!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2023 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram