Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.248
Rp15.938
Rp365.000
Rp244.315
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

nama@bisnisanda.com
Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Perbedaan SSD dan HDD dalam Berbagai Aspek

by Cloudku / Februari 11, 2022

Perbedaan SSD dan HDD dalam Berbagai Aspek

Perbedaan SSD dan HDD

Saat ini, ada teknologi baru yang mulai menggeser posisi HDD, yaitu SSD. Apa sebenarnya perbedaan SSD dan HDD? Anda pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya HDD atau Harddisk. Komponen ini ada di berbagai komputer dan laptop. Fungsinya adalah sebagai penyimpanan data.

SSD merupakan teknologi terbaru yang fungsinya mirip dengan HDD. SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive dan saat ini sudah banyak digunakan di berbagai perangkat komputer dan laptop. Banyak orang lebih menyukai SSD karena komponen ini dianggap lebih bermanfaat.

Perbedaan SSD dan HDD yang Sebaiknya Anda Pahami

HDD merupakan hardware yang bekerja dengan memanfaatkan suatu piringan cakram. Piringan ini akan bergerak saat memproses data. Sedangkan SSD bekerja dengan memanfaatkan chip memory khusus. Chip memory ini menggantikan piringan cakram yang ada pada HDD.

Dengan teknologi yang baru ini, SSD bisa melakukan penulisan dan penyimpanan data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi karena pemrosesan data bisa dijalankan secara digital. Lalu, apa saja perbedaan antara HDD dan SSD? Berikut ini beberapa perbedaan antara kedua hardware tersebut.

Perbedaan SSD dan HDD dalam segi Cara Kerja

Perbedaan yang paling utama adalah dalam segi cara kerja SSD dan HDD. HDD bekerja dengan alat yang berbentuk piringan cakram. Dengan begitu, HDD akan memproses semua data secara mekanik. Sistem mekanik membuat HDD bisa membaca file dengan satu gerakan pada piringan.

Hal ini berarti, data akan diproses dengan adanya jeda. Sedangkan SSD bekerja dengan flash atau chip memory. Perangkat keras ini akan memproses data secara digital. Sistem digital tersebut akan mentransfer partikel yang ada dalam chip. Dengan demikian, tidak ditemukan jeda saat data diproses.

- Kecepatan Pemrosesan Data

Karena menggunakan chip memory, SSD bisa memproses data tanpa membutuhkan part apapun untuk bergerak. Hal ini memungkinkan SSD untuk mempunyai performa tulis dan baca data antara 25 hingga 100 kali lipat jauh lebih cepat daripada HDD.

Perbedaan SSD dan HDD dalam hal kecepatan membaca serta menulis data yang luar biasa ini akan memudahkan Anda dalam melakukan banyak sekali hal. Anda bisa membuka program apapun dengan lebih cepat dan tidak perlu menunggu lama hanya untuk proses booting.

Kecepatan SSD juga memungkinkan Anda untuk membuka beberapa program sekaligus tanpa menemui kendala apapun seperti lagging.

- Ketahanan Komponen SSD dan HDD

Aspek lain yang membedakan SSD dengan HDD adalah ketahanan komponennya. Flash memory atau chip yang ada dalam SSD berfungsi untuk menyimpan data. SSD tidak mempunyai komponen yang bergerak, seperti misalnya piringan cakram yang ada di HDD.

Hal ini tentu membuat SSD jauh lebih aman terhadap guncangan dibandingkan dengan HDD. Perbedaan SSD dan HDD yang satu ini akan sangat terasa saat Anda membutuhkan penyimpanan untuk data-data penting. HDD lebih rentan terhadap kerusakan akibat guncangan.

Hal ini karena data dalam HDD tersebar pada piringan cakram. Jika piringan cakram terguncang, besar kemungkinan data yang ada di dalamnya mengalami kerusakan.

- Konsumsi Energi SSD dan HDD

Karena cara kerja SSD tidak membutuhkan sistem mekanik, maka pemrosesan datanya tidak membutuhkan daya listrik dalam jumlah banyak. Perbedaan SSD dan HDD adalah HDD masih menggunakan sistem kerja mekanik. Piringan dalam HDD akan terus berputar untuk memproses data.

Hal ini berarti HDD perlu mengkonsumsi daya listrik dalam jumlah yang lebih boros. Dibandingkan dengan HDD, SSD jauh lebih hemat energi.

- Perbedaan Kapasitas

Perbedaan lainnya terletak pada kapasitas yang ditawarkan oleh kedua perangkat tersebut. SSD mempunyai kapasitas yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan HDD. Biasanya, komputer menggunakan SSD dengan kapasitas antara 128 sampai 256 GB.

Kapasitas HDD lebih besar daripada SSD. Biasanya, dibutuhkan HDD dengan kapasitas minimal 500 GB untuk komputer. Kapasitas maksimal HDD bisa mencapai 2,1 TB. Dari berbagai perbedaan SSD dan HD di atas, Anda pasti bisa menyimpulkan bahwa SSD jauh lebih efektif dibandingkan dengan HDD. Jika saat ini perangkat komputer Anda masih menggunakan HDD, Anda bisa meng-upgradenya menjadi SSD dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram