Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.248
Rp15.938
Rp365.000
Rp244.315
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

nama@bisnisanda.com
Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Pengertian, Fungsi, Unsur dan Cara Kerja Website

by Alivia Affandi / Januari 9, 2023
Pengertian website

Kini segala informasi dapat diakses melalui internet. Manusia cukup membuka browser mereka dan mengetik keyword pada kolom pencarian. Dan voila mesin pencarian akan menampilkan banyak sekali website yang relevan dengan keyword yang telah diketik pada browser. Sungguh sangat mudah bukan?

Bahkan telah banyak orang yang memanfaatkan website tak hanya sebagai sarana informasi saja, melainkan juga untuk menambah penghasilan. Hingga akhir 2022 jumlah website tercatat mencapai 5,1+ Miliar di seluruh dunia. Tentu jumlah ini akan semakin bertambah di setiap harinya.

Dahulu penggunaan website pertama terbatas pada urusan internal perusahaan untuk penelitian saja. Pada tahun 1980-an website pertama dibuat leh Tim Bernes-Lee dengan tujuan memudahkan peneliti untuk bertukar informasi. Barulah pada tahun 1993, website mulai dikenalkan untuk digunakan secara gratis bagi individu, organisasi hingga perusahaan.

Lalu, bagaimana suatu website bisa bekerja, apa teknologi yang ada dibaliknya? Anda sudah berada pada artikel yang benar. Artikel ini akan mengupas tuntas mulai dari pengertian website, fungsi hingga cara kerja website.

Pengertian Website

Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi mengenai suatu hal dapat berupa teks, gambar, animasi, suara atau gabungan dari semuanya yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama terhubung ke internet. Adanya website tentu sangat berpengaruh pada perkembangan internet dunia. Website sangat mempermudah pekerjaan manusia alam pencarian informasi apapun, mulai dari bidang pekerjaan, pendidikan, bisnis dan lain sebagainya.

Fungsi Website

Ya ya ya, website memang digunakan sebagai sarana informasi kepada khalayak umum. Namun selain itu, apa sih fungsi website?

- Sebagai Sarana Berbagi Wawasan

Ada banyak sekali macam website. Salah satunya blog yang berisikan mengenai informasi pengalaman penulis, artikel hingga berita.

- Sebagai Media Komunikasi

Website sebagai wadah komunikasi seperti livechat dengan customer support. Tentu hal ini sangat memudahkan bagi customer jika memiliki pertanyaan pada perusahaan, bisa ditanyakan langsung melalui livechat.

- Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Adanya website tentu sangat mempengaruhi trust pelanggan. Pelanggan dapat mengetahui semua informasi produk atau jasa, kontak untuk dihubungi dan seluk beluk perusahaan melalui website.

- Menjadi Platform Bisnis

Website dapat digunakan untuk tempat jual beli. Seperti halnya cloudku yang menjadikan website sebagai platform bisnis karena kegiatan jual beli bisa terjadi melalui website.

- Membangun Branding

Ada banyak sekali jenis website salah satunya adalah website yang digunakan untuk branding bisnis bahkan branding tentang diri sendiri. Website dapat dikustomisasi sesuai selera pembuat, mau diisi apapun mengenai identitas perusahaan atau portfolio Anda, bebas.

- Sebagai Sarana Pemasaran

Website mampu untuk meraup customer dimanapun dan kapanpun. SEO dan SEM yang dikelola dengan baik tentu akan memberi dampak pada perkembangan bisnis.

- Sebagai Platform untuk Mengakses Layanan Publik

Semakin bertambahnya tahun, pemerintah sudah mulai menerapkan akses layanan publik ke ranah internet. Hal ini tentu beralasan yakni agar mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan tersebut. Website tentu menjadi pilihan yang pas untuk mewadahi layanan publik ini karena lebih efektif dan tidak ribet.

Unsur – Unsur Website

Website tak serta merta langsung ada di internet. Namun website memiliki unsur-unsur yang harus diperhatikan agar bisa diakses melalui internet kapanpun dan dimanapun. Berikut unsur-unsur website yang harus dipahami:

- Nama Domain

Nama domain adalah nama brand kita sebagai representasi dari alamat IP Publik. Domain memang diciptakan untuk memudahkan customer dalam mencari website kita. Bayangkan saja, komunikasi di internet sebenarnya melalui alamat IP. Alamat IP berisi tentang angka-angka acak. Berdasarkan penelitian, manusia cenderung lemah untuk mengingat angka. Disinilah domain dibutuhkan. Domain bertugas untuk merepresentasikan alamat IP yang berupa angka ke suatu nama yang menggunakan abjad. Misal nih alamat domain kita adalah cloudku.id . Nama domain biasanya dibuat berdasarkan nama brand bisnis kita atau bisa juga dengan nama Anda sendiri seperti leonardodavinci.com lemarcy.com dan lain sebagainya.

Intinya domain adalah unsur yang wajib ada dalam website untuk mempermudah pencarian website kita di internet.

- Hosting

Untuk mempublikasikan website tentu dibutuhkan hosting. Hosting bertugas sebagai wadah agar website dapat diakses oleh banyak orang. Karena IP Publik tidak dapat dibeli dengan jumlah yang sedikit sehingga kita membutuhkan hosting provider, seperti cloudku.id untuk menyewa IP Publik tersebut. Ada banyak jenis hosting, yaitu Shared hosting, Cloud Hosting dan VPS. Kita dapat memilih salah satu dari ketiganya sesuai dengan kebutuhan kita. Jika Anda masih ragu, Anda dapat melakukan konsultasi langsung ke hosting provider terkait.

- Kode Pemrograman

Website memang berupa tampilan gambar atau video yang berisikan banyak informasi yang dapat diklik untuk berpindah halaman guna mengetahui informasi yang lain. Hal ini pun tak serta merta upload gambar atau video dan jadilah website. Website dibangun dengan bahasa pemrograman, umunya HTML, PHP, CSS, Javascript dan lain sebagainya. Tentu untuk mencapai tampilan website yang bagus dan menarik, kode pemrograman yang digunakan pun dimodifikasi sedimikian rupa hingga tampilan website tertata, bagus dan atraktif tentunya.

Namun apakah website bisa dibangun tanpa kode pemrograman?

Seiring dengan perkembangan teknologi tentu bukanlah hal mustahil membangun website tanpa kode pemrograman. CMS adalah kuncinya. CMS (Content Management System) merupakan platform untuk membuat website tanpa melakukan coding, Anda cukup melakukan drag n drop element untuk membuatnya. Berikut daftar CMS yang banyak digunakan di dunia:

  1. WordPresss
  2. Joomla
  3. Magento
  4. Shopify
  5. Drupal, dan sebagainya

- Konten

Konten adalah informasi penting yang wajib ada di dalam website dapat berupa gambar, video, artikel dan lain sebagainya. Informasi yang jelas dan mudah dipahami. Hampir semua orang mencari informasi di internet sehingga peran konten sangat amat penting dalam website.

- Pemeliharaan

Ketika sudah melakukan publikasi website, perlu adanya pemeliharaan guna memastikan bahwa website tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, banyak kejahatan yang terjadi di dunia internet, hal ini pun menuntut adanya pemeliharaan website agar website tidak dieksploitasi oleh orang lain.

Cara Kerja Website

Setelah mengetahui unsur-unsur yang harus diperhatikan ketika ingin membuat website. Sekarang Sobat beralih ke bagaimana cara kerja website. Website tuh di simpan dimana dan bagaimana bisa muncul di browser ketika kita mencarinya?

Telah dijelaskan di atas, bahwasanya website dibangun dengan bahasa pemrograman atau juga bisa dibangun menggunakan aplikasi CMS. Website yang telah dibangun kemudian dihostingkan atau dengan kata lain dipublikasikan. Dalam proses publikasi ini kita membutuhakn IP Publik agar website benar-benar dapat dikunjungi oleh orang di seluruh dunia. IP Publik tak dapat dibeli asal-asalan. Hanya badan organisasi yang sah yang dapat membeli IP Publik, seperti penyedia layanan hosting. Dari sinilah asal muasal kita harus menyewa IP Publik dari penyedia layanan untuk mengonline-kan website kita. Proses mengonline-kan website disebut juga proses hosting.

Konsep hosting adalah pihak penyedia layanan menyediakan server yang telah terhubung ke internet dan telah dikonfigurasi sedemikian hingga untuk ditempati website agar menjadikan website tersebut dapat diakses dari berbagai belahan dunia dengan syarat pengakses telah terkoneksi ke internet. Setelah website sudah berada pada server penyedia hosting, maka perlu adanya konfigurasi DNS untuk menterjemahkan domain Anda ke alamat IP Publik yang telah disediakan oleh penyedia hosting. Dengan ini, untuk mengakses website Anda di browser, pengakses cukup menuliskan domain Anda.

Selanjutnya jika DNS telah selesai dikonfigurasi, maka website sudah bisa diakses melalui browser. Cukup ketikkan domain Anda dan voila website Anda akan tampil pada browser Anda.

Sejatinya, proses untuk menampilkan website yang dicari pada browser melewati jalur yang cukup panjang.

Proses Menampilkan Website:

  • Ketika Anda membuka browser seperti Google Chrome, Firefox, Ms. Edge atau Safari dan mengetikkan alamat website yang ingin Anda akses.
  • Browser akan menterjemahkan domain ke alamat IP terlebih dahulu karena pada dasarnya komunikasi antar jaringan menggunakan alamat IP. Setelah itu baru mengirimkan permintaan ke server yang menjalankan website tersebut.
  • Server mengirimkan balasan berupa dokumen HTML (HyperText Markup Language) yang mengandung kode-kode yang dibutuhkan untuk membuat halaman website.
  • Browser memproses kode HTML dan menampilkan halaman website sesuai dengan yang diinginkan oleh pembuat website.
  • Anda dapat menavigasi ke halaman lain atau mengakses fitur lain yang tersedia di website tersebut dengan mengklik tautan yang tersedia.
  • Setiap kali Anda mengakses sebuah halaman website, browser akan mengirimkan permintaan ke server yang menjalankan website tersebut, dan server akan mengirimkan balasan berupa dokumen HTML yang diperlukan untuk menampilkan halaman tersebut.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu website, fungsi dan cara kerjanya, apakah Sobat berminat untuk membuat website?

Ya ya ya, memang teknologi yang ada di balik website terbilang cukup rumit ya Sobat. Namun Sobat tak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan pembuatan website bahkan hingga memanajemen website tersebut, seperti cloudku.id . Cloudku.id menyediakan jasa pembuatan website dan juga manage website sehingga Sobat tak perlu risau perihal website, Sobat hanya perlu fokus pada bisnis dan konten website. Biarkan urusan server, DNS dan keamanan website menjadi urusan tim cloudku.id .

Yuk, wujudkan impian. Buat website-mu sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram