Mengenal Domain dan Jenis-jenis Domain

Mengenal Domain dan Jenis-jenis Domain

Mengenal Domain dan Jenis-jenis Domain. Hello sobat Cloudku setelah sebelumnya membahas mengenai istilah-istilah di Dunia web hosting kali ini Cloudku akan membahas mengenai domain. Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam sebuah website. Fungsinya adalah sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Lalu, dimana kita bisa mendapatkan domain?

Untuk mendapatkan sebuah domain, kita harus menentukan nama domain yang kita ingin gunakan terlebih dahulu. Perlu diketahui juga, bahwa apabila nama domain incaranmu sudah dibeli atau digunakan orang lain, kita tidak akan bisa lagi memakai nama domain tersebut. Misalkan, kita ingin membeli domain cloudku.id tetapi ternyata nama domain tersebut sudah dimiliki orang lain (unavailable), maka nama domain tersebut tidak dapat lagi kita beli. Sebelum membeli nama domain idaman kita, sebaiknya kita cek dulu di situs whois.com atau who.is untuk mengecek ketersediaannya. Oleh karena itu, apabila kita ingin membeli sebuah nama domain, maka kita harus segera membeli nama domain itu sebelum diambil orang lain.

Sebagai satu rangkaian dalam website, domain tidak berdiri sendiri. Setidaknya ada tiga jenis domain yang paling sering digunakan. Yaitu top level domain, second level domain, dan third level domain. Berikut penjelasan masing-masing jenis domain:

Mengenal domain dan jenis-jenis domain

Jenis-Jenis Domain

1.Top Level Domain (TLD)

Top level domain (TLD) adalah ekstensi yang terdapat di akhir nama sebuah domain. Contohnya, dalam “www.cloudku.id,” yang disebut TLD adalah akhiran “.id.” TLD sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni Global Top Level Domain dan Country Code Level Domain.

Kategori Global Top Level Domain biasanya menggunakan domain seperti .com, .net, .org, .edu, dan lain sebagainya. Domain .com digunakan untuk website komersial, sedangkan .net digunakan untuk website jaringan, dan .edu untuk edukasi. Ada pula domain lain seperti .org untuk organisasi, .mil untuk situs angkatan bersenjata dan lain sebagainya.

Sementara itu, Country Code Level Domain lebih sering digunakan untuk domain lokal di negara-negara tertentu. Misalnya .id untuk domain Indonesia, .cn untuk negara Tiongkok, dan .my untuk Malaysia. Domain untuk website pemerintahan dan instansi pendidikan negara juga menggunakan ekstensi Country Code Level Domain.

2. Second Level Domain (SLD)

Jenis domain selanjutnya adalah Second Level Domain, biasa disebut juga dengan SLD atau “2LD.” SLD merujuk pada nama instansi, organisasi, atau nama pilihan yang digunakan. Bila mencontoh dari nama domain pada poin di atas, “cloudku” merupakan SLD yang dimaksud. Penting bagimu untuk membuat SLD yang mudah diingat, diketik, maupun dieja oleh pengunjung. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan nama yang familiar dan tidak terlalu panjang. Domain SLD ini bisa kamu buat dengan cara mendaftar dan membelinya. Jangan lupa, lakukan pembaruan secara berkala paling tidak selama satu tahun.

3. Third Level Domain

Secara umum Third Level Domain atau 3LD ini adalah nama domain yang kamu berikan sebelum TLS dan SLD. Contohnya, bila kamu membuat untuk keperluan email, kamu bisa menambahkan webmail.namadomain.com. Begitu pula untuk hal-hal lainnya seperti blog (blog.namadomain.com), promo (promo.namadomain.com), dan sebagainya. Dalam dunia internet, 3LD juga sering disebut dengan subdomain. Nama tersebut bisa dibuat sesuai kebutuhan setelah kamu memiliki SLD.

Domain adalah hal penting yang tidak boleh kamu lupakan ketika akan membuat sebuah website. Setelah kamu berhasil memilih dan membeli domain sesuai dengan keinginanmu, jangan lupa isi website tersebut dengan konten yang bisa menjadi manfaat positif bagi para pembaca. Sebab, segala sesuatu akan bernilai ketika bisa menjadi manfaat bagi orang lain. Semoga artikel ini dapat membantu Anda sebelum membuat website. Salam Cloudku!

Leave a Reply

//
//
Cloudku Sales
Cloudku Warrior

Halo ada yang bisa cloudku bantu?