Istilah-istilah yang ada pada Web Hosting

by Narwastu Nagoro / May 3, 2020

Istilah-istilah yang ada pada Web Hosting. Halo Para Cloudku sebelumnya Anda disuguhkan dengan artikel mengenai Pengertian Hosting,Domain dan SSL, pada artikel ini akan membahas dasar pengetahuan tentang istilah-istilah dalam Dunai Web Hosting yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia Web Hosting:

Istilah-istilah yang ada pada Web Hosting

  • Web Hosting adalah jasa pelayanan tempat untuk menaruh data text, gambar, audio dan video yang nantinya file-file tersebut dapat diakses dari mana saja. Hosting dilengkapi bersama sarana protokol seperti FTP untuk memudahkan mengakses data.
  • File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu cara untuk melakukan transfer file atau data antara jaringan komputer di internet. FTP bisa juga digunakan untuk meng-upload data pada web hosting. Misalnya meng-upload halaman web dan gambar ke host server.
  • Disk Space adalah kapasitas ruang penyimpanan data-data website yang diberikan oleh layanan web hosting. Data disini bisa berupa file gambar, video, aplikasi, program dan lain lain. Sebagai contoh disk space yang disediakan adalah 500 Mb (Megabyte) maka anda dapat menyimpan data website di hosting sampai batas 500 Mb.
  • Bandwidth adalah ukuran maksimal jumlah volume data yang diperbolehkan diakses pada website setiap bulannya. Ukuran bandwidth ini dihitung dalam satuan ‘Mb‘ (Mega Byte).
  • Addon Domain adalah fitur yang terdapat pada web hosting yang memungkinkan untuk menempatkan atau menambahkan beberapa nama domain sekaligus.
  • Sub Domain adalah bagian dari domain dimana nama domain ini ditempatkan sebelum nama domain utama atau induk yang dipisahkan dengan titik. Contoh, portals.cloudku.id. portals merupakan sub domain dari cloudku.id.
  • Parked Domain adalah domain yang ditambahkan pada domain utama atau induk dan digunakan untuk mengakses atau menampilkan website yang sama dengan domain utama tersebut. Bisa juga dikatakan parked domain adalah domain berlainan nama yang mengarah atau menuju ke website yang sama. Dengan menggunakan fitur parked domain, anda bisa memiliki dua alamat website berbeda untuk satu website yang sama.
  • Uptime adalah salah satu istilah dalam web hosting yang sering menjadi pertimbangan dalam memilih layanan hosting. Pengertian uptime itu sendiri adalah ukuran lama waktu sebuah server hosting dapat memberikan layanan berupa akses pada sebuah website.
  • Content Management System (CMS) adalah software yang digunakan untuk membuat website secara otomatis tanpa harus melakukan pemrograman. Dengan adanya sistem CMS ini juga memungkinkan seseorang untuk menambahkan atau memanipulasi/mengubah isi dari suatu situs/website. Mulai dari design, pengolahan data dan juga pengintegrasian dengan hosting.
  • IP Address adalah nomor yang digunakan untuk mengindentifikasi komputer, server atau alat lain dalam jaringan internal atau internet. Jadi kurang lebih arti alamat IP ini adalah alamat komputer kita pada jaringan internet. Format penulisan IP address ini tersusun dalam rangkaian beberapa deretan karakter numerik yang dipisahkan dengan tanda titik (misalnya 123.123.123.1).
  • Domain Name Server (DNS) adalah sebuah standar teknologi yang mengatur penamaan publik dari sebuah situs website, atau juga bisa disebut dengan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host atau nama domain dalam bentuk distributed database didalam jaringan komputer. Dengan adanya DNS ini maka semua orang dapat menulis domain di web browser anda dan komputer anda akan menemukan domain tersebut di internet.
  • Nameserver (NS) adalah nama dari sebuah web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu dan biasanya ditulis dengan format ns1.namasever dan lain-lain. Penamaan tersebut berbeda-beda setiap layanan dan tergantung dengan konfigurasi yang dilakukan.
  • Propagasi domain adalah waktu yang diperlukan sebuah domain untuk tersambung dengan server hosting. Masa propagasi ini bervariasi, mulai dalam hitungan menit maupun hari. Biasanya Domain Propagation Period dapat berlangsung 1×24 jam.
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol untuk komunikasi data antara klien dan server. Sebuah klien (Web browser) melakukan permintaan/request dengan menghubungkan ke port tertentu (default port 80) ke sebuah server webhosting.
  • HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP yang dilapisi SSL/TLS, sebagai protokol komunikasi data di World Wide Web. Dengan protokol HTTPS memungkinan komunikasi data antara web klien dan web server terenkripsi. Port yang digunakan pada HTTPS adalah 443.
  • SSL (Secure Socket Layer) adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap seseorang mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti Update Terbaru Melalui
Cloudku Talk & Experience

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram