Jenis dan Metode Ancaman Cyber Security

by Cloudku / October 1, 2021

Jenis dan Metode Ancaman Cyber Security

Jenis dan Metode Ancaman Cyber Security

Halo para Cloudku kali ini kami akan membahas apa jenis dan metode ancaman Cyber Security, setelah sebelumnya kita telah mempelajari apa itu Cyber Security.

3 Jenis Ancaman Cyber Security

Bersamaan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, jenis dan metode ancaman cyber security pun semakin bertambah setiap harinya.

Berikut ini adalah 3 jenis ancaman cyber security populer yang mungkin Anda temui pada sistem, jaringan, atau aplikasi Anda.

1. Cyber Crime

Singkatnya, cybercrime adalah kejahatan siber yang menargetkan sebuah sistem dan jaringan komputer. Disini komputer digunakan sebagai alat dan juga target dari kejahatan tersebut.

Cyber crime terjadi saat hacker menggunakan sebuah perangkat untuk mengakses dan mencuri informasi pribadi, bisnis, maupun pemerintah untuk keperluan pribadi.

Umumnya, informasi dan data yang didapatkan melalui kejahatan cyber crime ini akan dijual secara online atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Cyber Attack

Pada dasarnya, cyber attack adalah bagian dari cyber crime atau kejahatan siber. Bedanya, cyber attack umumnya melibatkan kepentingan politik dan organisasi.

Kejahatan cyber attack dilakukan untuk mengumpulkan informasi rahasia sebuah organisasi, mendapatkan dan mencuri data sensitif, hingga mengambil alih sistem.

3. Cyber Terrorism

Sama seperti cyber attack, kejahatan cyber terrorism menargetkan organisasi politik melalui terror seperti ancaman, provokasi, dan intimidasi online.

Cyber terrorism umumnya dilakukan untuk menimbulkan kepanikan dan ketakutan skala besar agar hacker bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Bentuk kejahatan cyber terrorism pun beragam. Mulai dari pencurian data, pengambilan alih sistem, serangan malware, penghapusan data, dan lain sebagainya.

5 Metode Ancaman Cyber Security

Berikut ini adalah 5 metode ancaman cyber security yang mungkin Anda temui sehari-hari!

1. Malware

Salah satu metode ancaman cyber security paling umum saat ini adalah serangan malware (malicious software) atau perangkat lunak berbahaya.

Singkatnya, malware adalah sebuah program yang didesain secara khusus oleh para hackers untuk mengeksploitasi dan merusak perangkat, server, maupun jaringan Anda.

2. Ransomware

Pada dasarnya, ransomware adalah salah satu tipe serangan malware yang paling berbahaya. Perangkat lunak yang satu ini mempunyai kemampuan merusak dan mengunci data.

Tidak hanya itu, Ransomware ini juga bisa melumpuhkan perangkat Anda secara keseluruhan, sehingga Anda sama sekali tidak bisa mengakses dan menggunakan device tersebut.

3. Phishing

Phishing adalah jenis cybercrime yang memanfaatkan email, telepon, maupun pesan teks untuk mengelabui korban agar memberikan data sensitif seperti detail kartu kredit dan lainnya.

Dalam serangan ini, pelaku akan menyamar sebagai institusi legal, dan mengirimkan pesan berisi URL/website yang didesain sedemikian rupa sehingga terlihat resmi dan profesional.

4. Brute force attack

Secara sederhana, brute force attack adalah upaya hacker untuk mengakses sebuah sistem dan jaringan secara paksa melalui tebakan username dan password.

Dalam melancarkan serangannya, pelaku menggunakan metode trial-and-error dengan mencoba ribuan kombinasi kata sandi agar bisa melewati proses autentikasi sistem.

Sebenarnya, brute force adalah metode ancaman cyber security yang cukup outdated. Namun, jenis cybercrime ini mempunyai success rate yang cukup tinggi dan dinilai sangat efektif.

5. Spoofing

Jika Anda pernah mendapatkan telepon dan pesan mengaku sebagai teman atau kerabat yang meminta bantuan finansial? Nah, inilah yang dinamakan spoofing

Singkatnya, spoofing adalah tindakan hackers yang berpura-pura menjadi orang yang Anda kenal untuk melakukan berbagai tindakan kriminal.

Metode ancaman cyber security yang satu ini memang tidak sama dengan ancaman siber yang lainnya. Namun, ancaman yang dibawa pun tetap berbahaya.

Spoofing juga bisa menyasar jaringan maupun server. Attacker nantinya akan mengelabui jaringan/server Anda dengan menggunakan identitas palsu.

Menggunakan alamat IP address palsu hingga dianggap sebagai sumber yang terpercaya dan mendapatkan akses ke dalam jaringan/server, contohnya.

Penutup

Mengetahui jenis-jenis dan juga metode ancaman cyber security adalah salah satu skill yang wajib dikuasai para pengguna aktif internet.

Terlebih lagi untuk penyedia layanan internet seperti aplikasi dan website. Tentunya Anda ingin selalu siap menghadapi segala jenis ancaman siber yang ada bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk lebih siap dalam menghadapi ancaman-ancaman cyber threats di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram