Hyperlink

by Cloudku / August 23, 2021
Hyperlink

Halo Para Cloudku kali ini kita akan membahas mengenai apa itu Hyperlink. Hyperlink adalah salah satu fitur yang biasa ditemukan dalam artikel, presentasi, dan berbagai jenis dokumen lain. Dengan memanfaatkan hyperlink, para pengguna diharapkan bisa lebih mudah dalam mengakses file atau informasi terkait yang dibutuhkan.

Ada banyak sekali jenis hyperlink yang bisa Anda gunakan. Berbeda jenisnya, akan berbeda juga fungsi yang dimilikinya. Bagi Anda yang terjun di dalam dunia teknologi informasi, memahami hal ini tentu merupakan sebuah kewajiban agar hasil pekerjaan bisa semakin maksimal.

Pengertian Hyperlink

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah pengertian dari hyperlink itu sendiri. Hyperlink adalah sebuah cara yang biasa dilakukan untuk menghubungkan satu atau beberapa bagian sekaligus di dalam sebuah dokumen atau halaman website.

Biasanya hyperlink ini dibuat dalam bentuk teks yang berisi link khusus ke lokasi file yang dituju. Penggunaan hyperlink ini tentunya akan sangat memudahkan para pengguna internet karena tidak perlu kesulitan untuk mencari file pelengkap yang mereka butuhkan.

Tidak hanya teks saja, hyperlink ini juga bisa dibuat dalam bentuk video, gambar, ikon, dan materi lainnya. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan estetika halaman dan kebutuhan.

Langkah-langkah pembuatannya sendiri sangat mudah karena biasanya ada fitur khusus di dalam setiap aplikasi untuk membuatnya.

Cara Membuat Hyperlink

Jadi, misalkan Anda ingin membuat hyperlink ke halaman utama Cloudku.id, bisa dengan membuat hyperlink seperti ini <a href=”cloudku.id”>klik disini</a>. Anchor text bisa Anda ubah sesuka hati dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Fungsi Hyperlink

Ada banyak fungsi yang dimiliki oleh hyperlink. Namun, manfaat yang paling utama tentunya adalah memberikan kemudahan kepada para pencari informasi untuk mendapatkan file yang mereka butuhkan.

Hanya tinggal klik dan secara otomatis file tersebut akan ditampilkan oleh komputer.

Ini merupakan salah satu keuntungan besar yang bisa dinikmati para pencari data semenjak ditemukannya hyperlink beberapa tahun yang lalu.

Di sisi lain, penggunaan hyperlink juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan efisiensi waktu di dalam pencarian data.

Bagaimana tidak, Anda hanya tinggal mengklik link yang sudah tersedia, kemudian secara otomatis langsung diarahkan ke file yang dituju tanpa harus melakukan pencarian terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Hyperlink

Sejauh ini ada tiga jenis hyperlink yang bisa Anda temukan di website atau dokumen digital.

Jenis pertama adalah absolute address, kemudian disusul dengan relatif address dan yang terakhir adalah link yang tertuju pada section khusus pada sebuah dokumen

1.Absolute Address

Absolute address atau alamat mutlak adalah sebuah hyperlink yang memiliki unsur nama file, path, lokasi jaringan dan protocol.

Jenis hyperlink satu ini biasanya digunakan untuk merujuk pada sebuah halaman di website.

2.Relative Address

Jenis hyperlink selanjutnya adalah relative address atau alamat relatif yang bisa digunakan pada blog.

Jenis hyperlink satu ini hanya menyebut nama file dan pathnya saja tanpa menyebutkan lokasi jaringan dan protocol.

3.Link to Section

Link to section adalah link yang merujuk pada halaman tertentu pada sebuah konten artikel.

Jenis hyperlink ini banyak digunakan pada pencarian Google zero SEO saat ini. Jadi, pada saat Anda mengkliknya secara otomatis link tersebut akan membawa Anda pada kalimat spesifik di sebuah halaman.

Contoh Hyperlink

Sebagaimana sudah kami sebutkan di atas, hyperlink bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Misalnya, Anda hendak mengunjungi homepage Cloudku Anda bisa mengklik link berikut ini https://cloudku.id/. Atau bisa juga klik disini untuk mengunjungi Cloudku.

Dengan kedua contoh di atas, tentunya Anda bisa mengenal hyperlink dengan lebih mudah. Cara membuatnya juga sangat simpel, hanya perlu menyesuaikannya dengan cara-cara yang sudah dijelaskan.

Tidak dipungkiri lagi, Hyperlink adalah salah satu fitur penting yang patut dipahami. Karenanya Anda bisa mempraktekkan beberapa langkah yang sudah kami jelaskan di atas untuk penerapannya. Ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan contoh agar tidak terjadi kesalahan. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaa, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram