Hosting with Node.js dengan 7 Langkah Mudah

by Cloudku / Maret 15, 2022

Hosting with Node.js dengan 7 Langkah Mudah

Hosting with node.js

Hosting with Node.js semakin populer belakangan ini, terutama di kalangan para pengembang atau developer. Hal ini karena Node.js mampu membuat situs web menjadi jauh lebih cepat dan ringan. Sayangnya, belum banyak penyedia layanan hosting yang mendukung penggunaan Node.js.

Kalau Anda tertarik untuk menggunakan Node.js ini, pastikan untuk memilih penyedia layanan hosting yang sudah mendukung penggunaannya. Tapi sebelum memilih penyedia layanan yang tepat, pastikan untuk mencari tahu segala sesuatu mengenai Node.js ini.

Apa Itu Hosting with Node.js dan Keunggulannya

Node.js merupakan suatu platform. Platform ini dipakai untuk menjalankan sebuah aplikasi web yang berbasis Javascript tapi dari server side atau dari sisi server. Dengan menggunakan Node.js ini, data Javascript yang tadinya hanya bisa digunakan di sisi klien bisa dieksekusi langsung dari sisi server.

Dengan begitu, performa browser pun bisa meningkat dan menjadi lebih cepat. Node.js mempunyai berbagai keunggulan. Beberapa keunggulannya antara lain:

  • Node.js mempunyai sifat non blocking sehingga proses performa program pun bisa bekerja dengan jauh lebih efisien.
  • Platform Node.js juga bisa mengeksekusi kode dengan lebih cepat. Node.js memanfaatkan engine V8 milik Google sehingga kode pun bisa berjalan dengan cepat.
  • Mempunyai karakteristik single threaded sehingga program hosting with Node.js mengalokasikan thread hanya pada proses yang sedang berlangsung. Dengan demikian performa program akan menjadi lebih ringan.
  • Node.js tidak akan melakukan buffering data. Dengan tidak adanya buffering data, maka akan ada lebih banyak ruang yang dikhususkan bagi penyimpanan data.

Semua keunggulan itulah yang membuat Node.js semakin menarik dan semakin banyak digunakan dalam pembuatan API atau Application Program Interface, JSON atau Javascript Object Notation, SPA atau Single Page Application, serta aplikasi streaming data.

Berbagai aplikasi terkenal yang dibuat dengan memanfaatkan platform yang sangat canggih ini antara lain Medium, LinkedIn, serta Netflix.

Langkah Mudah Hosting with Node.js

Hanya diperlukan waktu kurang lebih lima menit saja untuk menggunakan Node.js. Cukup ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Login di cPanel

Pertama, masuk ke cPanel terlebih dahulu. Masuk ke Pengaturan Hosting di bagian cPanel kemudian klik pilihan All Features.

  • Buka Setup Node.js App

Setelah berada di cPanel, cari Setup Node.js App yang ada di bagian Software. Klik pada menu tersebut untuk membukanya.

  • Membuat Node.js

Langkah berikutnya yang sangat penting adalah menciptakan aplikasi Node.js. Aplikasi ini nantinya akan menjadi tempat atau wadah berbagai file Node.js. Cukup klik bagian Create Application untuk menciptakan Node.js.

  • Mengkonfigurasi aplikasi Node.js

Langkah hosting with Node.js selanjutnya adalah mengkonfigurasi Node.js. Caranya adalah dengan mengisi informasi yang berupa:

  • Node.js Version atau versi Node.js. Ada berbagai versi yang tersedia, misalnya versi 14 dan versi 12. Sangat disarankan untuk menggunakan versi 12.19.1 yang lebih stabil.
  • Application mode atau pengaturan konfigurasi khusus untuk environment juga harus ditentukan. Pilih mode development atau production sesuai dengan keinginan Anda. Development akan muncul secara default.
  • Memilih Application Root atau directory yang akan berfungsi sebagai penyimpanan berbagai file aplikasi yang nantinya akan dibuat.
  • Pilih Application URL yang nantinya akan dipakai untuk membuka situs web aplikasi Node.js milik Anda. Tuliskan subdomain atau domain Anda.
  • Memilih Application Startup File atau file yang nantinya akan diakses untuk pertama kalinya. Anda boleh mengosongkan bagian ini.

Segera setelah Anda selesai mengisi semua bagian di atas, klik pada tombol Create dan lanjutkan ke proses yang berikutnya.

  • Menunggu konfigurasi hosting with Node.js selesai

Hanya diperlukan waktu beberapa saat hingga proses konfigurasi selesai. Setelah itu, Anda bisa melihat Node.js yang sudah berhasil dibuat. Copy path yang ada di tampilan tersebut agar Anda bisa masuk ke virtual environment. kemudian langsung klik Save yang ada di bagian kanan atas halaman.

  • Mencoba mengakses Node.js

Coba buka URL Node.js dan lihat bagaimana hasilnya. Jika muncul notifikasi yang berbunyi “It works!” dan diikuti dengan versi Node.js yang terpasang, proses hosting dengan Node.js sudah berhasil dilakukan.

  • Mengunggah file Node.js

Langkah terakhir untuk hosting with Node.js adalah mengunggah file di folder aplikasi atau direktori yang telah Anda buat tadi. Unggah filenya melalui SSH atau File Manager. Selanjutnya lakukan restart pada Node.js.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram