VPS vs Cloud Hosting

by Cloudku / Maret 11, 2022

VPS vs Cloud Hosting

VPS vs Cloud Hosting

Banyak sekali perbedaan antara VPS vs cloud hosting yang sebaiknya Anda pelajari kalau ingin memilih hosting terbaik untuk situs web Anda. Kapasitas, harga, dan performa yang dimiliki oleh kedua jenis hosting tersebut sangat berbeda. Pahami juga semua fitur keduanya agar bisa memilih yang tepat.

Cara Kerja VPS Hosting

VPS adalah singkatan untuk Virtual Private Servers. Jadi VPS menawarkan server virtual khusus untuk memenuhi kebutuhan satu bisnis atau satu lembaga saja. Tapi sebenarnya hosting yang satu ini bekerja di suatu server fisik yang kapasitasnya sangat besar.

Kapasitas dari server fisik tersebut dibagi menjadi berbagai server virtual yang mempunyai kapasitas lebih kecil. Dengan memahami perbedaan VPS vs cloud hosting dalam hal kapasitas, Anda bisa memilih salah satu hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Meskipun seluruh server virtual tersebut ada dalam sebuah server fisik, server virtual tidak saling terhubung satu sama lain. Jadi tidak akan ada pengguna lain yang bisa membuka data di VPS Anda.

Cara Kerja Cloud Hosting

Cloud hosting menggunakan banyak server virtual. Sesuai dengan namanya, server virtual saling bertumpuk sehingga membentuk server virtual dengan jumlah yang tidak terbatas. Cloud hosting juga bisa diibaratkan sebagai apartemen yang telah ditata dengan baik dan dilengkapi dengan furnitur.

Hal ini berarti perbedaan utama VPS vs cloud hosting adalah cloud hosting bisa langsung digunakan oleh setiap penggunanya. Pengguna tidak harus mempunyai keahlian tertentu untuk bisa menggunakan cloud hosting.

Berbagai Perbedaan Antara VPS vs Cloud Hosting

Ada banyak sekali perbedaan antara kedua jenis server tersebut. Di bawah ini hanya beberapa contoh perbedaan yang bisa ditemukan antara VPS hosting dengan cloud hosting.

  1. Kustomisasi

VPS Hosting menyediakan berbagai pilihan kustomisasi. Jika Anda menguasai berbagai keahlian teknis serta berbagai bahasa pemrograman, VPS Hosting adalah pilihan terbaik. Salah satu konfigurasi yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah pemilihan panel.

Anda bisa memakai cPanel, VestaCP, Webuzo, maupun panel lainnya. Kustomisasi bisa berguna kalau Anda bekerja di web developer atau web agency.

Sedangkan cloud hosting tidak mempunyai pilihan kustomisasi yang bervariasi. Semua konfigurasi server telah dilaksanakan oleh penyedia cloud hosting atau dengan kata lain sudah fully managed. Cloud hosting pun jadi lebih mudah untuk digunakan serta tidak akan menyita banyak waktu.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mempelajari dan mengurus berbagai hal teknis. Dengan begitu Anda bisa mengelola bisnis Anda dengan lebih fokus.

  • Kapasitas VPS vs cloud hosting

VPS Hosting memungkinkan Anda untuk mengurangi dan menambah kapasitas dengan lebih mudah. Ada dua jenis scaling yang tersedia di VPS yaitu horizontal scaling serta vertical scaling. Horizontal scaling adalah penambahan untuk jumlah layanan VPS.

Sedangkan vertical scaling adalah penambahan kapasitas untuk spesifikasi server. Jadi penambahannya akan berupa RAM, disk space, maupun perubahan sistem operasi.

Kapasitas cloud hosting pun bisa ditambah dengan cepat, mudah, serta tanpa batasan. Sebesar apapun penambahan kapasitas bisa dilakukan di cloud hosting. Dan yang lebih penting, kecil kemungkinan situs web mengalami down dalam proses upgrade situs web.

  • Performa atau kinerja VPS vs cloud hosting

Secara default, VPS menawarkan kinerja yang tinggi. Hal ini sudah pasti akan Anda peroleh jika Anda mempunyai server fisik yang ditujukan hanya untuk Anda. Tapi sifat hosting ini adalah self-managed sehingga performa bergantung pada konfigurasi Anda.

Cloud hosting pun menawarkan kinerja yang tinggi. Tapi sifatnya yang fully managed tidak akan membebani Anda dengan berbagai tugas. Fitur dan spesifikasi dari setiap penyedia layanan yang mempengaruhi kinerja situs web Anda, bukan konfigurasi yang Anda lakukan.

Pilih Penyedia Hosting Terbaik: Cloudku.ID

Jadi pastikan untuk memilih penyedia cloud hosting terbaik, yaitu Cloudku.ID. Cloudku.ID mempunyai standar yang tinggi dan mengutamakan kemudahan serta keamanan dalam pengelolaannya. Selain itu, Cloudku.ID juga menyediakan kualitas dan kenyamanan. Cloudku.ID menawarkan hosting yang sudah dilengkapi denga berbagai teknologi terbaru sehingga kecepatannya akan lebih tinggi dan keamanannya juga lebih terjamin. Pahami dengan baik VPS vs cloud hosting agar Anda tidak salah memilih layanan hosting terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram