Domain Expired: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

by Alivia Affandi / September 20, 2022

Banyak orang percaya bahwa domain expired dapat meningkatkan website mereka?
Apakah benar, yuk mari ketahui faktanya bersama-sama!

Terkadang Domain Expired kepopulerannya bisa mengalahkan domain yang baru dibeli lho. Bagaimana tidak? Domain yang telah expired dipercaya bisa meningkatkan SEO karena domain tersebut sudah memiliki backlink. Akibatnya domain memiliki ranking yang tinggi karena domain yang digunakan sudah memiliki authority, yang tentunya tidak dimiliki oleh domain yang baru dibeli. Hal ini digadang-gadang mampu meraup banyak keuntungan.

Lalu bagaimana untuk mendapatkan domain expired ini?

Sebelum melangkah kesana, alangkah baiknya jika kita lebih mengenal apa itu domain expired.

Pengertian Domain Expired

Domain adalah alamat dari sebuah website. Domain memiliki masa expired jika sudah tidak diperpanjang lagi. Maka muncullah istilah Domain expired. Domain Expired merupakan domain yang telah habis masa berlakunya karena tidak diperpanjang oleh pemiliknya. Setelah msa expired ini dalam kurun waktu tertentu domain akan terhapus secara otomatis dan akan menjadi domain baru lagi.

Tahapan Domain

Domain juga memiliki tahapan lho, yuk simak siklusnya:

  1. Active Domain
    Domain yang sudah dibeli dan telah terdaftar.
  2. Renewal Grace Period
    Domain yang tidak diperpanjang akan disuspend/dihentikan. Dalam waktu suspend ini biasanya provider memberikan waktu selama 30 hari untuk memperpanjang domain.
  3. Redemption Grace Period
    Jika dalam 30 hari domain tidak diperpanjang maka domain memasuki masa tenggang. Dalam masa tenggang ini domain masih bisa diperpanjang hingga 30 hari kedepan.
  4. Pending Delete
    Selanjutnya jika 30 hari kedua, domain masih belum diperpanjang, domain akan memasuki fase untuk menunggu dihapus.
  5. Available for Registration
    Penghapusan domain dan menunggu domain tersedia kembali biasanya memakan waktu 5 hari.

Dalam beberapa kasus, terkadang expired domain dijual dengan harga yang cukup tinggi melalui lelang yang diadakan REGISTRAR. Tentu saja domain ini dilelang dengan harga yang tinggi karena banyak orang menganggap dengan membeli domain expired mereka tidak perlu membangun popularitas domain dari awal. Sehingga banyak orang menawar harga lebih tinggi untuk mendapatkan domain expired tersebut.

Sejatinya tidak semua domain expired membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Sobat Cloudku perlu berhati-hati dalam memilih domain expired, karena domain expired yang tidak mamiliki track yang bagus tidak ada harganya.

Keuntungan Menggunakan Domain Expired

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Domain Expired:

Adanya Backlink yang berkualitas dapat meningkatkan rangking situs Sobat Cloudku. Domain Expired seringkali menyimpan backlink yang berkualitas sehingga Sobat Cloudku tidak perlu membangun backlink dari awal, hanya memodifikasi backlink yang sudah ada saja.
Namun perlu diketahui bahwa backlink yang tidak berkualitas dapat menurunkan rangking.

2. Memiliki Ranking Website Tinggi

Domain Expired seringkali memiliki ranking website yang tinggi. Hal ini menguntungkan bagi pemilik baru karena pemilik baru tidak perlu bersusah payah untuk mempromosikan domain dari awal. Seringkali domain expired ini digunakan sebagai moneysite dan sebagai 301 Redirect.

Namun lagi-lagi Sobat Cloudku perlu memeriksa ranking website domain expired yang akan dibeli karena bisa saja rankingnya biasa aja, yang mana hal ini tidak berpengaruh pada situs Sobat Cloudku.

3. Terhindar dari Penalti Google

Google seringkali memberikan penalti pada situs yang menerapkan promosi illegal dan mencurigakan. Dengan menggunakan domain expired yang memiliki authority, ranking website dan backlink yang bagus akan membantu Sobat Cloudku terhindar dari penalti google. Karena google sudah mengenali domain Sobat Cloudku sebagai domain yang memiliki authority.

Tips Memilih Domain Expired!

Berikut beberapa tips yang perlu Sobat Cloudku lakukan saat hendak membeli domain expired:

1. Periksa Riwayat Konten Domain

Periksa Riwayat konten domain menggunakan Wayback Machine (archive.org/web). Dari sini kita bisa mengetahui apakah konten domain ilrgal atau tidak. Wayback machine ini menyimpan semua snapshot yang berasal dari page domain sebelumnya.

Memeriksa backlink dengan menggunakan “Ahrefs”. Ahrefs merupakan database backlink terbesar di seluruh web. Hal ini bertujuan untuk mengetahui domain melakukan spam atau tidak.

3. Periksa Authority Domain

Otoritas domain yang sangat tinggi teramat penting. Pastikan memiliki nilai domain authority diatas 20. Untuk megeceknya, Sobat Cloudku bisa menggunakan tools Moz. Nantinya, Moz akan menampilkan metrik-metrik terkait domain tersebut.

Dimana harus Mencari Expired Domain?

Berikut daftar website yang di dalamnya tersedia domain apa saja yang telah expired:

  1. expireddomains.net

2. expired-domains.co

3. domcop.com

4. dropcatch.com

5. serp.domains

Untuk mendapatkan Expired Domain yang benar-benar berkualitas perlu adanya pemeriksaan yang teliti. Karena jika Sobat Cloudku salah dalam membeli Expired Domain maka akan berdampak pada penurunan ranking website situs Sobat Cloudku.

Jika Sobat Cloudku tak kunjung menemukan Expired Domain yang benar-benar berkualitas, Sobat Cloudku bisa menggunakan domain baru yang bersifat premium. Untuk membeli domain baru, Sobat Cloudku cukup mengunjungi Domain Provider dan melakukan pembelian di sana, seperti pada website cloudku.id .

Yuk pilih domain yang sesuai dengan bisnis kamu.
Check domain kamu masih tersedia nggak sih.
Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram