Kontrol VPS Anda Hanya di Satu Dashboard

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp197.400
Rp15.800
Rp14.600
Rp365.000
Rp233.800
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Cara Tambah Penghasilan untuk Pegawai, Yuk Mulai Jalankan Bisnis Web Development!

by Cloudku / November 2, 2022

Halo Sobat Cloudku,

Dewasa ini harga sembako semakin melonjak naik, begitu pula dengan perkembangan dunia IT khususnya di bidang website. Sekarang tentunya sangat mudah untuk mencari informasi, salah satunya dengan menjelajah di mesin pencarian. Hal ini tentu membuat hampir semua sektor memerlukan website untuk menaikkan branding mereka. Tentu hal ini berdampak pada permintaan website yang semakin tahun semakin meningkat. Hal ini merupakan peluang yang bagus bagi Anda sebagai seorang pegawai yang ingin mempunyai usaha sampingan, menjadi web developer mungkin cocok untuk Anda. Web development adalah bisnis membuat website yang mana website yang dimaksud bukanlah website yang ringan atau abal-abal.

Alasan Menjalankan Bisnis Web Development

Beberapa alasan menjalankan bisnis web development ialah

- Pembayaran dapat Dilakukan melalui Transfer

Pada umumnya seorang pegawai bekerja 7 hingga 9 jam perhari, waktu yang dibutuhkan untuk bertemu client pun sangat sedikit sekali, hampir tidak ada. Namun untuk menjalankan bisnis web development Anda tak perlu khawatir, karena bisa saja menggunakan media transfer untuk pemasukan income anda.

- Harga sebuah Website Professional yang Cenderung Mahal

Harga sebuah website yang bagus untuk perusahaan tentu saja tidaklah murah harganya bervariasi tergantung seberapa besar kapasitas website tersebut dan seberapa banyak fitur yang digunakan di website tersebut, semakin besar dan bagus sebuah website akan semakin mahal harganya.

- Peluang untuk Mendapatkan Customer Dirasa Tidak Terlalu Sulit

Meningkatnya permintaan akan website membuat peluang untuk mendapatkan pembeli tidak seberapa sulit. Anda bisa memanfaatkan social media apapun untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda, Anda juga bisa memperkenalkan bisnis Anda dengan website yang anda buat sendiri.

- Proses Pembuatan Website yang Fleksibel

Pembuatan website tentu saja bisa dilakukan di luar jam kerja. Anda bisa membuat website di waktu-waktu luang Anda. Dengan kefleksibelan tersebut tentu tidak mengganggu jam kerja Anda. Biasanya website bisa dibentuk berhari-hari hingga berbulan-bulan tergantung kerumitan website yang dipesan oleh customer.

- Kemudahan Memberikan Hasil pada Customer

Ketika projek Anda selesai, Anda cukup mengabari customer melalui email atau aplikasi chat lainnya. Sehingga Anda tak perlu meluangkan waktu untuk bertemu customer.

Dilihat dari beberapa keterangan diatas, menjadi web developer dirasa tidak terlalu sulit dan menjanjikan. Namun perlu diingat juga bahwasanya untuk menjadi web developer juga perlu skill yang mumpuni. Atau alternatif lain kita juga bisa bertindak sebagai makelar pembuatan website. 

Perlunya Mengenal Customer

Mengingat Anda dan customer ada kemungkinan untuk tidak bertatap muka sama sekali dalam proses development website. Lalu bagaimana mendapatkan customer yang amanah?
Berikut ini tips memilih customer amanah dimulai dari lingkungan terdekat kita:

  • Tawarkan Bisnis anda ini kepada atasan / atau kolega mulai dari kantor tempat Anda bekerja terlebih dahulu, untuk meminimalisir kerugian yang tidak diinginkan.
  • Setelah selesai dengan atasan dan kolega, Anda bisa meminta relasi kepada mereka, kemungkinan mereka juga memiliki kolega yang membutuhkan jasa web development.
  • Kenali customer. Yang dimaksud dengan kenali customer adalah model website seperti apakah yang mereka inginkan, karena dengan presentasi bisnis apa yang customer inginkan, Anda bisa mengukur tingkat keseriusan customer.

Jenis – Jenis Web Developer

Dunia IT khsusunya di bidang website memiliki banyak sekali profesi di dalamnya, seperti halnya web developer. Web developer masih bisa dibagi-bagi lagi sesuai dengan jobdesk yang dilakukan. Berikut jenis-jenis web developer:

- Frontend Developer

Frontend developer merupakan developer yang bertanggung jawab membuat bagian depan website yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Front end bertugas untuk membuat website yang dilihat pengguna menjadi ciamik dan tentunya fitur yang ada di dalamnya mudah untuk digunakan.

- Backend Developer

Istilah backend mengacu pada sisi server website. Backend developer membangun website bagian belakang yang tidak dapat dilihat pengguna. Backend menangani proses koneksi antara website dengan server dan database. Tentu saja, backend developer harus bekerja sama dengan frontend developer agar dapat memastikan bahwa website yang dibuat dapat digunakan sepenuhnya oleh customer. Misalnya, data yang diproses saat pengguna membeli produk dikelola dan disimpan dalam database.

- Fullstack Developer

Menggabungkan dua situs pengembangan diatas menghasilkan lingkungan pengembangan fullstack developer. Arti kata fullstack mengacu pada teknologi yang berbeda seperti antarmuka, server, database, dll yang menangani berbagai fungsi website.

Fullstack bertanggung jawab merangkap sebagai frontend developer dan backend developer. Sehingga mulai dari membuat website hingga koneksi ke database dan server dilakukan oleh fullstack developer.

Proses Development Website

Development website merupakan suatu hal yang dirasa tidak terlalu sulit. Namun hal ini kembali lagi ke customer. Tipe customer  seperti apa yang Anda dapatkan. Bisa saja development website terasa amat sangat sulit karena banyak permintaan dari customer. Namun apa saja sih tahapan development website?

Berikut tahapan dari membuat website dari awal:

- Perencanaan

Perencanaan adalah tahap memilih teknologi yang berbeda dan metodologi pengembangan perangkat lunak yang akan digunakan, menentukan tujuan, dan memperkiraan waktu dan sumber daya untuk menyelesaikan proyek.

- Desain

Desain atau proses desain adalah factor yang menggambarkan keunikan sebuah website. Setiap customer pasti ingin memiliki keunikan desain pada website-nya. Selain memperhatikan keunikan dan keindahan, desain juga harus menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

- Implementasi (Pengkodean)

Tahap implementasi merupakan tahap web developer mulai melakukan coding pada website sesuai dengan desain yang diinginkan oleh customer. Dalam pembuatan website, developer bebas memilih bahasa dan framework apa yang digunakan sesuai dengan kesepakatan dengan customer.

- Pengujian dan Penyebaran

Tepat sebelum mengonfigurasi website terhubung ke server, Anda harus berulang kali menjalankan periode pengujian yang ketat dan menyeluruh untuk menentukan apakah sistem sudah bebas bug.

- Pasca Website dan pemeliharaan

Setelah diluncurkan web anda, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk Anda dan developer lainnya. Dimulai dari pemeliharaan web, pembaruan umum dan penambahan fitur pada web Anda. Bisa dikatakan ini adalah proses maintenance  website bila website terjadi bug atau ada kekurangan pada website yang perlu dibenahi.

Kesimpulan

Membangun bisnis web development memang dirasa tidak sulit untuk masa sekarang, karena resource SDM dan permintaan akan website semakin tahun semakin meningkat. Semua bisnis ingin terekspos di internet karena hal ini merupakan salah satu action untuk menunjang bisnis mereka yang mana bisa mendatangkan customer dari berbagai belahan dunia.

Setelah website selesai di buat, tentu untuk mengekspos ke internet memerlukan hosting. Di Indonesia banyak sekali provider hosting, salah satunya cloudku.id . Cloudku.id menyediakan web hosting dengan kebutuhan yang ringan hingga berat. Web hosting mulai dari Rp. 8.000/bulan. Tentu harga ini sangat cocok untuk blogger hingga web developer pemula.

Kunjungi website cloudku.id dan dapatkan promo menarik di setiap bulannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram