Cara Mengecilkan Ukuran File Foto Secara Online

by Cloudku / Januari 31, 2022

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto Secara Online

Ukuran File Foto

Cara mengecilkan ukuran file foto perlu dipahami dan dilakukan dengan benar. File foto biasanya mempunyai ukuran yang bervariasi. Untuk digunakan di situs web, ukuran yang paling tepat adalah yang berukuran lebih kecil. Sayangnya, ukuran asli foto biasanya terlalu besar untuk diunggah ke web.

Beruntung, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengkompres foto atau memperkecil ukuran foto. Misalnya, untuk perangkat Android ada aplikasi Photo Compress & Resize serta aplikasi Photo & Picture Resizer. Aplikasi kompres foto untuk PC antara lain ada Microsoft Paint dan Adobe Photoshop.

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto Tanpa Aplikasi

Kalau Anda tidak ingin memasang aplikasi apapun untuk memperkecil ukuran gambar, ada aplikasi berbasis web yang bisa langsung digunakan tanpa install aplikasi apapun. Dua aplikasi berbasis web tersebut adalah iLoveIMG dan TinyJPG. Berikut ini cara memakai kedua aplikasi tersebut.

  1. Mengkompres foto dengan iLoveIMG

Situs iLoveIMG menawarkan banyak sekali alat untuk melakukan pengeditan gambar. Beberapa alat yang tersedia adalah resize dan compress. Keduanya berfungsi untuk mengubah ukuran foto tapi tidak akan mengubah kualitasnya secara signifikan. Cara mengecilkan ukuran file foto dengan iLoveIMG:

  • Buka dulu situs iloveimg.com di web browser yang ada di HP atau di PC. Untuk memperkecil ukuran gambar, pilih menu Compress IMAGE. Menu ini bisa digunakan untuk mengedit file dalam berbagai format, seperti GIF, SVG, PNG, dan JPG.
  • Kalau menggunakan PC, Anda bisa langsung menyeret file gambar ke halaman Compress IMAGE. Tapi kalau menggunakan HP, tap tombol Select Images lalu pilih beberapa file yang akan Anda perkecil ukurannya.
  • Selanjutnya tinggal klik saja tombol Compress IMAGES kemudian tunggu selama beberapa detik hingga proses kompres selesai. Segera setelah proses selesai, file gambar yang lebih kecil ukurannya akan langsung diunduh ke penyimpanan Anda secara otomatis.

Jangan lupa menyimpan alamat situs iLoveIMG ke bookmark bar agar bisa diakses kapanpun Anda membutuhkan alat untuk mengkompres foto secara online.

  • Cara mengecilkan ukuran file foto dengan TinyJPG

TinyJPG juga merupakan alat kompresi foto yang bisa dipakai secara online. Situs ini bisa digunakan untuk mengubah ukuran file JPEG, PNG, maupun WebP. Dalam sekali unggah, Anda bisa langsung mengupload hingga 20 gambar dengan ukuran masing-masing maksimal 5 MB.

  • Kunjungi situs tinyjpg.com melalui aplikasi web browser apapun favorit Anda. Klik ikon kompres yang ada di halaman beranda TinyJPG atau seret dan jatuhkan gambar yang akan dikompres di halaman utama TinyJPG.
  • Tidak perlu menekan tombol apapun karena proses untuk mengecilkan file gambar akan berlangsung secara otomatis.
  • Cara mengecilkan ukuran file foto berikutnya adalah mengunduh file yang sudah dikompres dengan cara mengklik tombol Download di samping file yang sudah berhasil dikompres. Sekarang Anda bisa menggunakan file yang ukurannya lebih kecil untuk keperluan situs web.

Tidak seperti aplikasi PC yang tidak bisa digunakan di HP dan begitu juga sebaliknya, dua aplikasi berbasis web diatas bisa diakses dari semua perangkat. Saat sedang dirumah, proses kompresi bisa dilakukan dengan menggunakan PC atau laptop.

Dan saat Anda sedang di luar, jalankan aplikasi TinyJPG maupun iLoveIMG dari perangkat Anda. Selain praktis, kedua cara mengecilkan ukuran file foto di atas sangat mudah untuk dilakukan. Tidak perlu memasang aplikasi tambahan apapun. Cukup pastikan smartphone atau laptop Anda tersambung ke internet dan ada aplikasi web browser yang terpasang di perangkat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram