Apa itu SPAM?

by Cloudku / August 27, 2021

Apa itu SPAM?

Apa itu spam?

Halo para Cloudku kali ini kami akan membahas mengenai pengertian SPAM, fungsi dan cara mengatasinya, tanpa berlama-lama lagi mari kita simak penjelasan berikut.

Spam adalah tindakan penyalahgunaan layanan pesan elektronik yang dilakukan secara massal, yang didalamnya terkandung konten dengan maksud dan tujuan negatif. Pelaku spam disebut sebagai spammer. Serangan spam berpotensi jadi sangat berbahaya apabila tidak diantisipasi. Untuk itu, mari kita bahas mengenai apa itu spam, jenis-jenis spam dan bagaimana cara mengatasinya.

Dalam perkembangannya, spam bisa terjadi di medium apa saja. Contohnya, dulu sempat ramai modus spam via SMS “Mama minta pulsa,” hingga saat ini yang sedang banyak mendapat sorotan adalah penawaran pinjaman online yang tidak jelas asal-usulnya. Di email pun tak kalah banyak modus spam yang terjadi. Acap kali kita mendapatkan email yang tidak jelas sumbernya dan juga isi emailnya.

Pengertian SPAM

Sending and Posting Advertisement in Mass atau yang disingkat menjadi SPAM adalah penyalahgunaan sistem elektronik yang digunakan untuk mengirimkan pesan secara masal, yang umumnya berisi iklan atau promosi hingga digunakan untuk tujuan tertentu. Kegiatan pengiriman email masal ini disebut dengan spamming, sedangkan orang yang mengirimkan spam disebut dengan spammer.

Awalnya SPAM hanya kita jumpai di email saja, namun seiring perkembangan teknologi SPAM juga bisa kita jumpai di WhatsApps, komentar blog hingga jejaring sosial. Namun pada artikel ini, kami akan membahas lebih detail tentang spam pada email atau yang kita kenal sebagai email spam.

Sedangkan yang dimaksud dengan email spam adalah email yang dikirimkan oleh suatu alamat email yang tidak dikenal, yang isi emailnya berupa informasi yang umumnya tidak Anda butuhkan.

Sebagai contoh, ketika Anda menerima email dari alamat email yang tidak dikenal. Isi emailnya adalah penawaran-penawaran, ataupun tagihan dari produk atau jasa yang bahkan Anda tidak pernah beli. Untuk kasus seperti ini, Anda tidak perlu meresponnya, karena email tersebut bisa dikategorikan sebagai spam email.

Spam email bisa dipastikan akan selalu ada. Spam email bisa sangat meresahkan ketika pengirimannya dilakukan secara secara massal. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena spam email bisa diantisipasi dan dijinakkan.

Bagaimana spam email bekerja?

Spam email bisa terjadi dengan banyak cara. Beberapa diantaranya adalah melakukan pengiriman email dengan memanfaatkan protokol SMTP, sehingga spammer bisa mengirimkan email seolah-olah berasal dari alamat email yang asli. Teknik ini dinamakan dengan email spoofing.

Spam email juga sering dilakukan melalui virus yang ada di komputer. Virus ini telah diprogram sedemikian rupa, sehingga dapat mengirimkan email secara otomatis ke berbagai kontak email yang Anda miliki. Untuk itu, sangat disarankan Anda menjaga perangkat yang digunakan dengan menggunakan antivirus. Dan satu hal penting yang harus diketahui, adalah bahwa spam email tidak bisa dihilangkan sama sekali, tapi bisa diantisipasi.

Kenapa ada spam email?

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab Anda terkena spam. Sering kali, spam email berawal dari kelengahan soal keamanan, baik pada perangkat ataupun sistem email. Berikut ini dua penyebab umum terjadinya serangan spam.

  1. Mempublikasikan alamat email di website
    Alamat email yang dipublikasikan di website jelas akan mempermudah pihak-pihak tak bertanggungjawab dalam menyalahgunakannya sebagai target spam. Untuk meminimalisir risiko ini, Anda bisa membuatkan form kontak di website Anda. Dengan cara ini, Anda tetap bisa melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan, tanpa perlu membuka informasi alamat email Anda.
  2. Perangkat yang digunakan
    Apabila Anda mengakses email melalui mail client, seperti Outlook atau Thunderbird, pastikan perangkat yang Anda gunakan didukung oleh sistem keamanan yang cukup, salah satunya antivirus. Apabila hal ini Anda lakukan, risiko terkena spam yang berasal dari perangkat bisa ditekan.

Bagaimana cara menghentikan spam email?

Untuk menghentikan spam email, setiap layanan mail server dilengkapi oleh fitur spam filter untuk membantu Anda dari serangan spam. Namun spam filter ini tidak 100% sempurna, sehingga email asli pun terkadang bisa masuk kategori spam. Anda pun wajib untuk selalu memeriksa folder spam untuk memastikan tidak ada email penting yang masuk ke sana.

Apakah spam email berbahaya?

Tentu saja. Malah bisa sangat berbahaya bila Anda tidak segera melakukan antisipasi. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan dari mana sumber spam tersebut berasal. Bisa jadi spam itu dari perangkat yang digunakan, atau mungkin dari faktor lain.

Cara menghindari spam email

Untuk menghindari spam email, beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Jangan merespon

Beberapa spam email biasanya bisa langsung diidentifikasi dari subjek emailnya. Ketika mendapatkan email dengan subject yang mencurigakan, Anda tidak perlu membukanya. Silakan langsung tandai sebagai spam dan menghapusnya.

Namun, jika Anda terlanjur membukanya, pastikan untuk tidak klik apapun yang ada di email tersebut. Namun bila terlanjur klik link yang ada di email tersebut, sebaiknya Anda segera melakukan perubahan password email Anda.

 2.Tandai spam email yang masuk ke inbox sebagai spam

Jika hal ini sudah Anda lakukan, maka kedepannya email yang sejenis akan otomatis tersaring dan masuk ke folder spam.

3. Blokir alamat email pengirim spam

Apabila Anda menggunakan Gmail atau Google WordSpace, bisa Anda lakukan dengan klik tanda titik tiga, kemudian pilih Block.

4. Sembunyikan alamat email

Sebisa mungkin jangan mempublikasikan alamat email di media sosial ataupun di website, karena target awal spammer adalah memastikan alamat email yang dikirim valid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram