Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.249
Rp15.939
Rp365.000
Rp251.084
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!
Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

7+ Cara Optimasi Website agar Menempati Halaman 1 Mesin Pencari

by Alivia Affandi / Januari 10, 2023
7+ Cara Optimasi Website

Optimasi website merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan agar website dapat mencapai peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari seperti Google. Tentu setiap orang ingin memiliki website dengan performa yang handal dan pastinya super cepat. Salah satu caranya adalah melakukan optimasi pada website Anda.

Dengan website yang teroptimasi, maka akan lebih mudah bagi orang-orang untuk menemukan website tersebut saat melakukan pencarian di internet. Selain itu, website yang teroptimasi juga akan memiliki kecepatan yang lebih baik, yang akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Cara Optimasi Website agar Menempati Halaman 1 Mesin Pencari

Sejatinya memang tak gampang untuk menempatkan website kita pada halaman pertama mesin pencari tanpa iklan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan website Anda agar menempati halaman pertama mesin pencari tanpa mengeluarkan biaya iklan:

- Gunakan Keyword yang Sesuai

Keyword merupakan kata kunci yang akan digunakan oleh mesin pencari untuk menemukan website Anda saat seseorang melakukan pencarian. Oleh karena itu, penting untuk memilih keyword yang tepat dan menggunakannya secara tepat di dalam konten website Anda. Cara terbaik untuk menentukan golden keyword adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu menggunakan tools seperti Google Keyword Planner. Selain itu, golden keyword bisa diperoleh dari pembagian allintitle dengan search volume. Allintitle adalah suatu jumlah yang biasanya muncul di bawah tab menu seperti berikut:

allintitle

Sedangkan untuk search volume Anda bisa lihat di tools keyword planner, seperti berikut:

search volume keyword

Cara menghitungnya Allintitle/Search Volume = 872000/390 = 2235.89

Jika nilai kurang dari (1) maka bisa dianggap sebagai golden keyword.

- Gunakan Tag Judul (Title Tags) yang Efektif

Tag judul merupakan judul yang akan ditampilkan di tab browser saat seseorang mengunjungi website Anda. Tag judul juga akan ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari sebagai judul dari website Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan tag judul yang menggambarkan dengan tepat konten yang terdapat di website Anda, dan juga menggunakan keyword yang tepat. Usahakan keyword Anda berada di sebelah kiri. Misalkan website Anda merupakan website untuk berjualan coklat pisang di Surabaya. Maka Anda dapat membuat Tag judul “Coklat Pisang Surabaya Enak nan Lumer”. Layaknya manusia, mesin pencari juga membaca dari kiri ke kanan. Sehingga tempatkan kata kunci di sebelah kiri dan tak terpisah kata apapun.

- Buat Deskripsi Meta (Meta Descriptions) yang Menarik

Deskripsi meta merupakan keterangan singkat yang akan ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari di bawah judul website Anda. Deskripsi meta ini harus menggambarkan dengan tepat konten yang terdapat di website Anda, dan juga harus menarik agar orang-orang tertarik untuk mengunjungi website Anda. Meta deskripsi haruslah mengandung keyword yang sesuai. Dan jangan lupa untuk menempatkan keyword diawal sebelah kiri.

Outbound link merupakan tautan yang mengarah ke website lain dari website Anda. Tautan keluar ini bisa memberikan manfaat bagi website Anda, terutama jika tautan tersebut mengarah ke website yang berkualitas dan terpercaya. Tautan keluar ini juga bisa memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa website Anda merupakan sumber informasi yang bermanfaat dan terpercaya.

Inbound Links merupakan tautan yang datang ke website Anda dari website lain. Tautan masuk ini juga bisa memberikan manfaat bagi website Anda, terutama jika tautan tersebut datang dari website yang terpercaya dan berkualitas. Tautan masuk ini akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa website Anda merupakan sumber informasi yang terpercaya dan bermanfaat.

- Pastikan Website Anda Mudah Digunakan dan Cepat Loading-nya

Website yang mudah digunakan dan memuat dengan cepat akan lebih disukai oleh mesin pencari, serta akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung. Oleh karena itu, pastikan untuk menyederhanakan struktur website Anda, serta mengoptimalkan gambar dan kode agar website Anda dapat memuat dengan cepat.

- Pastikan Website Anda Mobile Friendly

Sebagian besar pencarian di internet kini dilakukan dari perangkat mobile seperti smartphone, oleh karena itu pastikan website Anda dapat dilihat dengan baik di perangkat mobile. Anda bisa menggunakan tools seperti Google Mobile-Friendly Test untuk memeriksa apakah website Anda mobile friendly atau tidak.

- Gunakan Teknik SEO On-Page dan Off-Page

SEO on-page adalah teknik yang dilakukan di website Anda sendiri, seperti menggunakan keyword yang tepat dan membuat struktur website yang baik. Salah satu langkah SEO on-page adalah membuat artikel yang relevant dengan website. Artikel biasanya berisi tentang pengetahuan akan suatu hal atau solusi dari suatu masalah. Jika banyak orang berlama – lama pada halaman tersebut maka mesin pencari akan menandai jika website tersebut berkualitas. Teknik SEO off-page adalah teknik yang dilakukan di luar website Anda, seperti membuat tautan masuk dari website lain. Backlink adalah salah satu teknik SEO off-page. Anda dapat bekerja sama dengan orang lain yang memiliki website relevan dengan website Anda untuk melakukan review pada website Anda. Kedua teknik ini bisa bekerja secara sinergis untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.

Kesimpulan

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda bisa mulai mengoptimalkan website Anda agar dapat mencapai peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari seperti Google. Selain itu, jangan lupa untuk terus memperbarui konten website Anda dan melakukan riset terhadap keyword yang tepat, agar website Anda selalu up-to-date dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2023 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram