Kontrol VPS Anda Hanya di Satu Dashboard

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp197.400
Rp15.800
Rp14.600
Rp365.000
Rp233.800
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

5 Ide Freelance yang Banyak Dicari di Tahun 2023

by Alivia Affandi / November 10, 2022
Ide freelance

Ya ya ya, kurang 50 hari lagi tahun sudah berganti. Media pun tak henti-hentinya membahas mengenai Resesi. Banyak negara di dunia yang saat ini sudah mengalami resesi, hal ini lah yang membuat banyak perusahaan domestik yang bergantung pada bidang ekspor impor dituntut untuk bertahan di berbagai keadaan. Perusahaan yang belum mampu untuk bertahan perlahan-lahan akan tumbang.

Ketika terjadi resesi, sejatinya pasti ada bisnis yang tumbuh dan tumbang. Seperti halnya resesi di 2020 lalu, kasus covid yang kian meningkat membuat beberapa perusahaan tumbang dan beberapa perusahaan semakin maju. Contohnya perusahaan masker dan tabung gas oksigen berkembang semakin pesat.

Tentunya kita sebagai manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan untuk melihat masa depan perlu mempersiapkan segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada kita. Oleh karenanya kita harus memiliki skill yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan di tahun mendatang. Tidak bisa dipungkiri bahwa akan banyak perusahaan ingin memangkas biaya operasionalnya. Salah satunya dengan mempekerjakan pekerja lepas yang akan dipanggil saat sedang dibutuhkan saja atau yang disebut dengan freelancer. Ketidakpastian di tahun 2023 sangat mungkin berpeluang banjir job bagi para freelancer.

Freelancer merupakan pekerja lepas yang bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu tertentu. Tentu hal ini sangat fleksibel dan tak sedikit menghasilkan uang. Lalu apa saja sih pekerjaan freelancer yang dibutuhkan di tahun 2023 mendatang?

5 Ide Freelance yang akan Dicari di Tahun 2023

Ada baiknya kita berjaga-jaga guna mempersiapkan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi pada kita. Mulai saat ini sudah selayaknya kita mulai mempersiapkan keadaan di 2023, salah satunya mempersiapkan skill yang berpotensi untuk dibutuhkan di tahun 2023 mendatang.

Berikut daftar 5 ide Freelance yang bisa Anda pelajari:

1. Desain Grafis

Tak bisa dipungkiri, dari tahun ke tahun pengguna gadget semakin meningkat. Tentu hal ini mempengaruhi kebiasaan lama yang mana mengakses berita dan informasi dengan membaca buku, majalah hingga koran, namun berbeda dengan saat ini, berita bisa diakses melalui gadget saja. Akibatnya banyak platform berita dan informasi menyajikan berita dan informasi yang disertai gambar yang ciamik pada akun social medianya. Hal ini pun berdampak pada peluang pekerjaan untuk menjadi desain grafis kerap kali banyak dibutuhkan. Kemampuan mendesain merupakan kreatifitas yang tidak semua insan di dunia ini memilikinya. Tak semua manusia memiliki rasa yang luwes terhadap desain. Namun tak bisa terelakkan bahwa kemampuan bisa diasah, salah satunya dengan cara rajin mencari referensi desain. Kita juga bisa menerapkan prinsip ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

Untuk memulai menjadi freelancer tentu kita harus memiliki portfolio yang akan ditunjukkan kepada calon klien. Untuk memperkenalkan desain Anda pada dunia luar, Anda membutuhkan website untuk menaruh seluruh portfolio Anda. Anda bisa memulai dengan harga yang terjangkau. Seperti halya paket Lite Hosting di cloudku hanya 8ribuan saja yang memang disediakan untuk menaruh portfolio Anda di dalamnya.

2. Editor Foto dan Video

Tentu sudah menjadi pekerjaan freelance yang booming sedari 2019 lalu. Banyak menghabiskan waktu di rumah selama masa pandemic, tidak sedikit orang memanfaatkan momen ini untuk mengambil pekerjaan sampingan sebagai content creator dan tak sedikit pula menjadikan content creator sebagai pekerjaan utama mereka. Ya ya ya, memang segala informasi bisa diakses hanya dengan duduk manis melihat gadget. Namun untuk mendapatkan audiens yang banyak, kita juga harus menyediakan konten video yang bagus pula. Oleh karenanya terkadang content creator merekrut Editor video dan foto untuk mengembangkan akun mereka.

3. Digital Marketer

Online dan online, hampir semua kegiatan dilakukan secara online, seperti halnya berjualan. Hal ini tentu menciptakan persaingan yang sengit antar binis. Semua bisnis berlomba-lomba untuk memenangkan pasar dan mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Tentu dalam proses pengenalan ini dibutuhkan seseorang yang bisa mempromosikan produk untuk membangun brand awareness bisnis melalui channel digital. Untuk menjadi seorang digital marketer mungkin tak gampang karena harus menguasai banyak hal seperti, content, social media, SEO hingga  menguasai CRM untuk membuat brand dikenal oleh masyarakat. Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak bootcamp pembekalan untuk menjadi seorang digital marketer yang bisa diakses secara gratis.

4. Translator

Saat ini telah banyak perusahaan menargetkan bisnis mereka untuk memasuki pasar internasional. Untuk mempersiapkan hal tersebut banyak perusahaan merekrut translator sebagai penghubung perusahaan dengan calon customer. Translator yang sedang ramai dibutuhkan adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea, bahasa Perancis, bahasa Jerman, dan bahasa Arab. Untuk mempermudah HRD menilai seperti apa kinerja Anda, Anda bisa membuat portfolio berupa website blog dalam bahasa yang Anda kuasai. Tentu hal ini membuat Anda akan diingat oleh HRD karena Anda berbeda. Tak perlu ribet untuk membuat blog, Anda hanya membutuhkan domain dan hosting yang tak terlalu mahal, seperti hosting di Cloudku yang sangat terjangkau, hanya 8ribuan saja.

5. Content Writer

Salah satu pekerjaan yang tak pernah padam adalah menjadi content writer. Karena audiens yang membaca artikel dan konten adalah manusia maka pekerjaan ini tidak akan bisa digantikan oleh robot. Robot tidak memiliki kreativitas seperti halnya manusia. Untuk menjadi seorang content writer haruslah mahir dalam menulis dan bisa merangkai kata-kata yang informatif dan enak untuk dibaca. Ketika interview, tak sedikit perusahaan menanyakan portfolio kandidat. Sebelum melamar menjadi content writer alangkah baiknya Anda mempersiapkan portfolio seperti website blog yang berisi tentang tulisan Anda. Tentu HRD akan sangat senang untuk membaca website tersebut karena mudah diakses dan tak perlu berkirim file. Ini juga membuat Anda memiliki nilai plus di mata HRD.  Selain itu Anda juga bisa merangkap untuk menjadi seorang blogger, karena pekerjaan ini juga bisa menghasilkan uang dari Adsense lho.

Kesimpulan

Apapun yang akan terjadi di 2023 tidak ada yang bisa memastikannya. Alangkah baiknya kita mempersiapkan untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada kita. Anda bisa mulai mempersiapkan skill apa saja yang akan dibutuhkan pada tahun 2023 mendatang. Siapkan portfolio Anda sekarang. Letakkan portfolio Anda pada server kami!

Cloudku menyediakan hosting dengan harga super terjangkau. Hanya 8ribuan saja, bahkan bisa mendapatkan gratis domain dengan mnimal pembelian setahun.

Buat portfoliomu sekarang!
Kunjungi website Cloudku.id dan lihat masing-masing paketnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram