Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.248
Rp15.938
Rp365.000
Rp244.315
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

nama@bisnisanda.com
Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Perbedaan VPS, Cloud Hosting dan Shared Hosting

by Cloudku / November 29, 2021

Perbedaan VPS, Cloud Hosting dan Shared Hosting

Perbedaan VPS dan Hosting

Halo Sobat Cloudku, kali ini Mimin akan membahas mengenai perbedaan VPS dan Hosting. Sebagai seorang webmaster, memilih platform terbaik untuk membangun situs Anda memang tidak mudah. Sering kali webmaster mengalami kebingungan dalam memilih layanan hosting? 
Harga yang hampir sama, membuat menemukan layanan hosting yang benar-benar pas. 
Contohnya seperti layanan Cloud Hosting pada paket medium sampai high level yang memiliki harga seperti dengan layanan VPS Hosting. 

VPS sendiri memiliki banyak keunggulan dilihat dari segi fitur dan juga performa, tentunya akan timbul pertanyaan mengenai apa perbedaan VPS dan Hosting. Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak pembahasan berikut.

Pengertian Virtual Private Server (VPS) 

VPS atau Virtual Private Server ini adalah sebuah layanan server yang menggunakan teknologi visualisasi. Jadi, di dalam satu server fisik ini dibagi menjadi beberapa server virtual yang memang dikhususkan hanya digunakan untuk satu user saja. 

Dengan begitu di dalam satu akun Virtual Private Server ini tidak digabungkan dengan akun lain yang ada dalam layanan shared hosting.  Anda dapat dengan bebas menggunakan ruang tersedia yang ada di VPS ini mulai dari sistem operasi, panel hosting dan juga aplikasi yang diinstal. 

Oleh karena itu, bila menginginkan hasil yang lebih maksimal maka lebih baik untuk menggunakan layanan Virtual Private Server (VPS) ini karena tidak memiliki batasan kustomisasi dari para pihak provider hosting. Anda dapat melakukan konfigurasi server hingga ke tingkat root. Tetapi syaratnya harus menguasai hal teknik mengenai server supaya hasil menjadi lebih maksimal. 

VPS cocok digunakan bagi pengguna yang paham terhadap konfigurasi server dan membutuhkan sumber daya yang besar.

Pengertian Cloud Hosting 

Cloud Hosting adalah sebuah layanan hosting yang bekerja dari beberapa server virtual sekaligus.  Jadi, perbedaan VPS dan hosting ini ialah jumlah server yang digunakan. VPS menggunakan satu server fisik yang resource-nya dibagi ke server virtual. Sedangkan Cloud Hosting menggunakan beberapa server virtual yang biasa disebut cluster.

Cloud hosting cocok bagi pengguna yang tidak paham mengenai konfigurasi server namun menginginkan resource yang besar.

Pengertian Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting dengan hanya satu server virtual. Dalam hal ini shared hosting memiliki kekurangan dimana dalam satu server dapat digunakan oleh beberapa user. 

Untuk perumpamaan yang sangat pas tentang Shared Hosting yaitu sebuah apartment yang biasanya didesain dengan sedemikian rupa dengan dilengkapi fitur lengkap.  Jadi bagi para penyewa tinggal menggunakan saja. Namun para penyewa berbagi lift, tempat parkir dan lain lain dengan penghuni lain.

Sisi positifnya adalah Anda tak perlu lagi memiliki keahlian khusus dalam hosting. Sama seperti Cloud hosting, shared hosting telah dikelola oleh penyedia hosting, sehingga pengguna hanya tinggal bayar dan menggunakannya. 

Shared hosting cocok bagi pengguna yang memiliki trafik website yang belum tinggi.

Perbedaan VPS, Cloud Hosting dan Shared Hosting

Setelah mengetahui pengertian dari VPS, Cloud hosting dan shared hosting, selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaannya.

Berikut ini beberapa perbedaan VPS, cloud hosting dan shared hosting yang perlu untuk diketahui: 

1. Performa 

Dalam urusan performa, VPS lebih unggul dibandingkan dengan cloud hosting dan shared hosting.  Hal ini dapat terjadi karena pengguna bebas untuk melakukan kustomisasi server virtual yang dimiliki. Tetapi ada catatan khusus, terkecuali bila Anda dapat melakukan settingan VPS dengan benar. 

Karena sifatnya yang tidak bisa dikelola ini mengharuskan para pengguna untuk dapat melakukan konfigurasi dengan sendiri. Bila anda tidak ingin repot dalam mengatur server maka lebih baik memilih Cloud Hosting atau shared hosting. 

Dibandingkan shared hosting, cloud hosting memiliki performa yang lebih unggul karena menggunakan beberapa server yang dicluster.

2. Harga 

Dalam segi harga, Shared Hosting lebih murah dibandingkan dengan Virtual Private Server (VPS) dan Cloud Hosting.  Urutan harga dari ketiganya adalah Shared Hosting < Cloud Hosting < VPS. Namun pada beberapa hosting provider juga memiliki layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting high level dengan resource yang besar dapat digunakan untuk menyewa VPS yang memiliki berbagai kelebihan.

3. Kapasitas 

Dalam segi kapasitas, VPS, Cloud Hosting dan Shared Hosting memiliki kapasitas yang hampir sama. Bedanya dari segi spesifikasi hardware yang digunakan.  Contohnya pada layanan VPS telah menggunakan teknologi RAID SSD. Pada Cloud Hosting menggunakan cluster server virtual dan pada Shared Hosting menggunakan satu server virtual.

*RAID SSD ini memiliki kelebihan empat kali lebih cepat dibandingkan SSD biasa.  Dengan begitu Anda perlu untuk memperhatikan spesifikasi hardware yang digunakan. Karena akan mempengaruhi pada kecepatan dalam mengakses website. 
*VPS di Cloudku juga sudah menerapkan sistem cluster di dalamnya, tentu hal ini menjamin uptime hingga 99,9%,.

4. Keamanan 

Selanjutnya dari segi keamanan, untuk VPS ini memiliki keunggulan dengan satu virtual server yang hanya dapat digunakan satu akun saja. Namun semua akan kembali kepada Anda dari kemampuan dalam melakukan konfigurasi pada keamanan server Anda. 

Untuk keamanan Cloud Hosting dan Shared Hosting, keduanya telah dikelola dari pihak provider hosting. Namun ada yang menjadi catatan, karena server ditempati oleh banyak orang dengan sharing resource, bisa saja ada beberapa orang yang melanggar aturan provider yang akhirnya akan berdampak pada performa website yang lain.

5. Kustomisasi 

Yang terakhir yaitu dari segi kustomisasi, VPS akan lebih bebas karena pengguna dapat melakukan install sistem operasi sendiri, panel hosting dan aplikasi yang diinstal. Konfigurasi dapat dilakukan hingga tingkat root. Pengguna bebas melakukan instalasi aplikasi. Disarankan melakukan instalasi terhadap aplikasi yang penting-penting saja sehingga tidak akan membebani server virtual yang dimiliki.

Berbeda halnya dengan Shared Hosting dan Cloud Hosting, pengguna tidak dapat melakukan kustomisasi server, karena semua telah tersedia dan tinggal digunakan. 

Penutup 

Setelah mengetahui perbedaan VPS, Cloud Hosting dan Shared Hosting, mungkin akan muncul sebuah pertanyaan. Diantara ketiganya bagusan mana?

Maka jawabannya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari para pengguna. 

Bila Anda memiliki sebuah kriteria yang trafik websitenya besar serta paham dengan server maka lebih baik untuk menggunakan layanan VPS. 

Tenang saja, Cloudku punya solusi server dan hosting murah terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda. Mulai dari VPS KlasikVPS Artisan, Plesk Hosting, Lite Hosting sampai WordPress Hosting.
Sobat juga bisa berkonsultasi pada tim kami dengan email ke support@cloudku.id atau melalui livechat pada website kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram