Kontrol VPS Anda Hanya di Satu Dashboard

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp197.400
Rp15.800
Rp14.600
Rp365.000
Rp233.800
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Perbedaan Blogspot dan WordPress, Mana yang Lebih Unggul?

by Alivia Affandi / Oktober 17, 2022
Perbedaan Blogspot dan WordPress

Halo Sobat Cloudku,

Menulis merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan semua orang. Definisi singkat menulis adalah kegiatan merangkai kata-kata menjadi suatu kalimat yang utuh dan memiliki arti. Tak perlu menjadi penulis professional, penulis artikel resmi bahkan penulis buku, kalian tentu bisa mulai menulis dengan menceritakan pengalaman pribadi, mengulas sebuah produk berdasarkan pengalaman pribadi atau hanya beropini mengenai suatu hal.

Bagi kalian yang hobi menulis, mungkin Blogspot dan WordPress sudah tidak asing lagi. Yak, Blogspot dan WordPress memang dirancang sebagai wadah untuk mereka yang ingin berbagi mengenai hal apapun di internet.

Mari kita selami lebih dalam apa perbedaan Blogspot dan WordPress?

Apa itu Blogspot?

Blogspot adalah sebuah platform blog untuk memuat konten yang berisi tulisan, foto, audio bahkan video. Blogspot saat ini tengah dimiliki oleh google, oleh karenanya untuk login ke dalamnya, Sobat Cloudku cukup membuat akun google dan login.

Anda bisa membuat berbagai konten untuk dibagikan di Blogspot, mulai dari pengalaman Anda, opini mengenai berbagai topik hingga sarana promosi untuk bisnis Anda.

Blogspot memang lah istimewa karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk domain dan penyimpanan data, karena penyimpanan data akan terintegrasi dengan akun google Anda yang memberikan free 15GB. Domain yang dipakai untuk blogspot Anda adalah subdomain dari blogspot sehingga berakhiran .blogspot.com .

Blogspot juga dilengkapi dengan fitur monetisasi sehingga Anda bisa memasang adsense untuk menghasilkan uang jika sudah memenuhi syarat. Performanya juga cukup bagus. Hal ini dikarenakan tampilan blogspot yang simple sehingga mendukung proses loading website yang cepat.

Blogspot hanya memberikan tampilan yang simple, hal ini tentu memudahkan para pemula untuk mengelola website mereka. Namun mereka tidak memiliki akses control penuh ke website, karena website ini disediakan oleh google. Google juga bisa saja menghapus akun Anda sewaktu-waktu jika Anda melanggar persyaratan yang telah diberikan. Hal ini lah yang mengakibatkan banyak blogger beralih ke WordPress, ditambah lagi tools default dari Blogspot yang kurang mendukung.

Selanjutnya mari kita bahas, apa sih unggulnya WordPress dibandingkan Blogspot?

Sebelum membandingkan keduanya, kita perlu mengetahui dahulu apa itu WordPress?

Apa itu WordPress?

WordPress merupakan salah satu jenis Content Management System (CMS). Selain untuk blog, WordPress juga bisa digunakan untuk membuat website yang interaktif. Saat ini WordPress semakin populer, berdasarkan data dari W3Techs, 42,4% website yang ada di internet pada tahun 2021 menggunakan WordPress. Tentu angka yang fantastis bukan?

WordPress memiliki banyak peminat karena kemudahan dalam pengoperasiannya dan juga didukung oleh lebih dari 58 ribu plugin yang bisa diinstal secara cuma-cuma.

WordPress dan Blogspot merupakan platform yang saling bersaing karena keduanya paling sering digunakan. Namun seiring berjalannya waktu, Blogspot mampu digeser oleh WordPress. Sebenarnya apa sih yang membuat WordPress mampu menggeser Blogspot?

Alasan WordPress Mampu Menggeser Blogspot

Dewasa ini Blogspot mulai ditinggalkan, mengapa demikian?

Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang lebih meyukai WordPress:

Tampilan yang Menarik dan Kustomisasi Tanpa Batas

WordPress mampu membuat website tanpa coding dengan tampilan yang super menarik. WordPress memiliki banyak sekali plugin, oleh karenanya Anda bisa dengan bebas mengkustomisasi website Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

Berbeda dengan Blogspot, secara default Blogspot hanya menyediakan satu set template yang sangat sederhana dan terbatas untuk digunakan. Meskipun masih dapat merubah warna, namun pengguna Blogspot tidak bisa mengkustomisasi tata letak. Hal ini lah yang membuat pengguna Blogspot beralih ke WordPress karena tampilan Blogspot yang mirip dengan pengguna lainnya.

Mampu Membuat Website Profesional

WordPress bisa mengatur nama domain bisnis Anda. Hal ini lah yang akan menambah trust dari customer Anda karena domain yang digunakan merupakan milik sendiri, sehingga lebih terlihat professional.

Berbeda dengan Blogspot karena di dalam platform ini Anda tidak diperkenankan untuk mengatur domain sendiri. Nama domain dari blogspot pasti berakhiran blogspot.com . Hal ini tentu terlihat kurang professional di mata customer.

Konten yang Anda Buat adalah Milik Anda

Saat kita membuat konten di WordPress, maka sepenuhnya konten tersebut adalah milik kita. Maka sudah menjadi kebebasan kita, kapan kita menerbitkan dan menghapus konten tersebut.

Lain halnya dengan Blogspot, konten yang kita buat yang berada di Blogspot merupakan milik Google. Dalam hal ini Google bebas untuk menghapus konten Anda jika konten Anda telah melanggar terms Google atau Google tetap menerbitkan konten Anda.

Mampu Menghasilkan Uang

Ketika kita membuat blog pada WordPress, hal ini tentu bisa berpotensi untuk menghasilkan uang dengan mendaftarkan webite ke Google Adsense.

Blogspot bahkan sudah menjadi milik Google, oleh karenanya Blogspot juga berpotensi untuk menghasilkan uang dengan menambahkan Google Adsense pada Blogspot.

Namun faktanya pada Blogspot malah terdapat banyak pembatasan. Hal ini lah yang membuat banyak pengguna Blogspot meninggalkannya karena merasa sulit dengan aturan yang ada di dalamnya.

Tidak Terbatasnya Karakter dan Halaman

Pada WordPress Anda bebas menulis berapapun jumlah karakter dan halaman, namun pada Blogspot hal ini dibatasi. Seperti pada bagian “about me” di halaman profil dibatasi hanya 1200 karakter saja. Tak hanya itu, di bagian “info and hobbies” hanya dibatasi 2000 karakter. Belum lagi deskripsi blog maksimal 500 karakter. Tentu hal ini bisa menghambat opini pengguna. Pengguna yang memiliki banyak hal untuk disampaikan pasti akan beralih ke platform yang tidak terbatas karakter dan halaman.

Adanya Fitur Upgrade yang Signifikan

WordPress memiliki banyak fitur berbayar yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas sistem dan layanan. Hal ini lah yang membedakan tampilan website pengguna dengan pengguna lainnya karena setiap pengguna tentu memiliki kreatifitas tersendiri.

Lain halnya dengan Blogspot. Blogspot tidak memiliki opsi berbayar untuk meningkatkan kualitas sistem dan layanannya sehingga tampilan antar pengguna hampir mirip sehingga tidak ada keunikan yang membedakan.

Tersedia Plugin Anti-Spam

Untuk mengontrol Spam, WordPress memiliki plugin “Stop Spammer”. Hal ini tentu menjadi nilai plus untuk WordPress. Berbeda halnya dengan Blogspot yang tidak memiliki plugin dan tools anti spam, hal ini juga akan berdampak pada backlink Anda yang juga bisa dinilai sebagai spam oleh Google.

Kesimpulan

Bagaimana Sobat Cloudku, setelah mengetahui beberapa sebab Blogspot ditinggalkan oleh penggunanya, apakah masih ingin menetap menggunakan Blogspot atau beralih ke WordPress nih?

Faktanya WordPress memanglah CMS terfavorit, WordPress mampu menyediakan tampilan yang menarik dan kustomisasi tanpa batas serta diperkenankan untuk menggunakan domain bisnis Anda sendiri sehingga menjadikan website Anda terlihat lebih professional. Tak hanya itu, WordPress juga bisa membantu Anda untuk menghasilkan uang melalui Google Adsense. Tidak terbatasnya karakter juga membuat segala yang ada dalam pikiran Anda dapat dibagikan di internet tanpa khawatir adanya pembatasan isi konten.

Didukung adanya fitur upgrade berbayar dan plugin anti-spam tentu menunjang website Anda menjadi website yang unik dan menarik.

Bagi Anda yang ingin beralih dari Blogspot ke WordPress namun masih bimbang karena belum memiliki pengetahuan lebih tentang WordPress, jangan khawatir!

Karena Cloudku menyediakan WordPress Hosting yang bisa langsung diisi oleh konten. Tentu hal ini memudahan bagi Anda bukan?

Yuk, cobain WordPress Hosting Cloudku, tak perlu khawatir dengan kecepatan hosting kami.
Kami menggunakan SSD Storage dan didukung oleh web server Nginx sehingga membuat load website Anda sangat cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram