Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Cloudku logo 1
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.249
Rp15.939
Rp365.000
Rp251.084
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!
Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Pengertian WAF (Website Application Firewall)

by Rizal Johan / Maret 20, 2023

WAF adalah kependekan dari Web Application Firewall, yang merupakan jenis firewall khusus yang dirancang untuk melindungi aplikasi web dari serangan berbasis web seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), dan serangan DDoS.

Website Application Firewall bekerja dengan menganalisis lalu lintas web untuk mencari tanda-tanda serangan. Memblokir atau membatasi akses ke sumber daya yang terlibat dalam serangan. WAF juga dapat membantu melindungi aplikasi web dari kerentanan yang mungkin ada dalam kode aplikasi itu sendiri.

WAF dapat diimplementasikan dalam berbagai cara, seperti perangkat keras yang terletak di antara server web dan internet. Sebagai perangkat lunak yang diinstal di server web. Beberapa penyedia layanan cloud seperti AWS (Amazon Web Services) dan Azure juga menyediakan WAF. Untuk layanan cloud yang dapat diaktifkan untuk melindungi aplikasi web yang di-hosting di lingkungan cloud mereka.

Fungsi dari WAF (Website Application Firewall)

Fungsi terbesar WAF adalah melindungi aplikasi web dari serangan berbasis web dengan memblokir atau membatasi akses ke sumber daya yang terlibat dalam serangan. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari WAF:

  • Melindungi aplikasi web dari serangan berbasis web
    WAF dapat melindungi aplikasi web dari berbagai jenis serangan berbasis web seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), dan serangan DDoS.
  • Memfilter lalu lintas web
    WAF menganalisis setiap permintaan dan respons HTTP. Masuk dan keluar dari aplikasi web untuk memastikan bahwa mereka tidak mengandung tanda-tanda serangan. WAF dapat memblokir atau membatasi akses ke sumber daya yang terlibat dalam serangan.
  • Menjaga kepatuhan dengan standar keamanan
    WAF dapat membantu organisasi untuk memenuhi persyaratan kepatuhan dengan standar keamanan seperti PCI DSS dan HIPAA. Menyediakan proteksi tambahan bagi aplikasi web mereka.
  • Membantu mengidentifikasi kerentanan
    WAF dapat membantu organisasi untuk mengidentifikasi kerentanan pada aplikasi web mereka dengan menganalisis lalu lintas web dan memberikan laporan tentang serangan dan upaya serangan yang terdeteksi.
  • Memperbaiki kerentanan
    WAF dapat membantu organisasi untuk memperbaiki kerentanan pada aplikasi web mereka. Memberikan saran tentang praktik keamanan terbaik dan mengatur konfigurasi WAF secara optimal.

Secara umum, WAF membantu melindungi aplikasi web dari serangan berbasis web dan memberikan lapisan tambahan keamanan yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan ketersediaan aplikasi web.

Seberapa Pentingnya WAF

WAF sangat penting dalam menjaga keamanan aplikasi web dari serangan berbasis web. Serangan berbasis web seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), dan serangan DDoS dapat merusak aplikasi web. Mencegah pencurian data atau akses tidak sah ke sistem yang lebih luas.

WAF membantu melindungi aplikasi web dari serangan ini dengan memblokir atau membatasi akses ke sumber daya yang terlibat dalam serangan dan menganalisis lalu lintas web untuk mencari tanda-tanda serangan. Dengan cara ini, WAF dapat membantu organisasi untuk memenuhi persyaratan kepatuhan dengan standar keamanan seperti PCI DSS dan HIPAA.

WAF juga dapat membantu organisasi untuk mengidentifikasi kerentanan pada aplikasi web mereka dan memberikan saran tentang praktik keamanan terbaik untuk memperbaiki kerentanan tersebut. WAF membantu organisasi untuk meningkatkan keamanan aplikasi web mereka dan melindungi data sensitif dan sistem organisasi dari serangan berbasis web.

Oleh karena itu, WAF sangat penting dalam lingkungan bisnis yang mengandalkan aplikasi web sebagai bagian dari operasi mereka. Dalam lingkungan ini, WAF dapat membantu melindungi aset bisnis dan menjaga kontinuitas operasi organisasi.

Kira - kira apa saja applikasi yang membutuhkan WAF?

WAF dapat digunakan pada berbagai jenis aplikasi web, termasuk:

  1. Situs web perusahaan
    Banyak organisasi menggunakan WAF untuk melindungi situs web perusahaan mereka dari serangan berbasis web.
  2. Aplikasi web e-commerce
    WAF sangat penting dalam menjaga keamanan aplikasi web e-commerce karena aplikasi ini seringkali menangani data sensitif seperti informasi kartu kredit.
  3. Aplikasi web perbankan dan keuangan
    Aplikasi web perbankan dan keuangan juga sangat memerlukan WAF untuk melindungi informasi keuangan dan data pribadi pelanggan
  4. Aplikasi web medis
    Aplikasi web medis juga memerlukan WAF untuk melindungi informasi medis sensitif dan data pribadi pasien.
  5. Aplikasi web media dan hiburan
    Aplikasi web media dan hiburan seringkali memiliki volume lalu lintas yang tinggi dan memerlukan perlindungan dari serangan DDoS dan serangan berbasis web lainnya.
  6. Aplikasi web pemerintah
    Aplikasi web pemerintah juga memerlukan WAF untuk melindungi data pribadi warga negara dan informasi pemerintah yang sensitif.

Secara umum, WAF dapat digunakan pada berbagai jenis aplikasi web yang memerlukan perlindungan dari serangan berbasis web dan perlindungan dari kehilangan data sensitif dan informasi pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2023 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram