Pengertian, Fungsi, Jenis dan Penerapan IP Address

  • Home
  • Hosting
  • Pengertian, Fungsi, Jenis dan Penerapan IP Address
DateFeb 21, 2023

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Penerapan IP Address

IP Adress adalah urutan angka yang unik. IP Address memang tak bisa terpisahkan dari dunia internet. Kita dapat mengakses apapun melalui internet karena adanya peran IP Adddress di dalamnya. Bagi kalian yang berkecimpung di dunia telekomunikasi pastilah tak asing lagi dengan IP Address. Namun, sejatinya kita yang tak berkecimpung di dunia telekomunikasi pun sangat erat hubungannya dengan IP Address, karena segala perangkat yang digunakan untuk mengakses internet seperti HP, laptop, PC dan lain sebagainya menggunakan IP Address sebagai identitas mereka di dunia internet.
Namun tahukah Sobat apa sebenarnya IP Address itu? Seperti apa bentuknya dan apa saja fungsinya?

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai IP Address, mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga penerapannya. Yuk, belajar bersama Cloudku.

Pengertian IP Address

IP Address atau Alamat IP (Internet Protocol) adalah serangkaian angka unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan perangkat dalam jaringan komputer yang menggunakan protokol internet. Dengan kata lain segala perangkat yang terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi, seperti HP, Laptop, PC dan lain sebagainya pasti memiliki IP Address sebagai identitas yang unik.

IP Address dapat diumpamakan sebagai nomer telepon. Setiap orang memiliki nomor telepon dengan seri yang berbeda agar dapat menghubungi satu sama lain tanpa adanya salah sambung. Sama seperti halnya IP Address yang harus diatur berbeda-beda. Hal ini diterapkan guna menunjang komunikasi antar jaringan telekomunikasi tanpa adanya IP Conflict atau tabrakan IP yang berdampak pada terganggunya komunikasi antar jaringan.

IP address digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan, serta untuk mengarahkan lalu lintas internet. Ada dua jenis IP address yang paling umum digunakan:

  • IP address versi 4 (IPv4) yang terdiri dari empat oktet angka yang dipisahkan oleh titik, misalnya: 192.168.1.1 dan,
  • IP address versi 6 (IPv6) yang terdiri dari delapan grup angka heksadesimal yang dipisahkan oleh titik dua, misalnya 21da:d3:0:2f3b:2aa:ff:fe28:9c5a .

Fungsi IP Address

IP Address memiliki beberapa fungsi utama dalam jaringan komputer yang menggunakan protokol internet. Berikut beberapa fungsi IP Address:

  1. Mengidentifikasi Perangkat
    Telah dijelaskan di atas bahwa IP Address digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan komputer dan membedakannya dari perangkat lain di dalam jaringan. Hal ini bertujuan agar komunikasi antar jaringan telekomunikasi berjalan dengan baik dan terkendala apapun.
  2. Mengirim dan Menerima Data
    IP Address juga digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer. Sejatinya pada setiap titik komunikasi memiliki IP Address sebagai tempat start n stop paket data. Dengan kata lain setiap paket data yang dikirim melalui internet harus memiliki alamat IP sumber dan alamat IP tujuan.
  3. Routing
    IP Address digunakan untuk mengarahkan lalu lintas data melalui jaringan internet. Router dan perangkat jaringan lainnya menggunakan alamat IP untuk menentukan rute terbaik untuk mengirim data dari sumber ke tujuan.
  4. Identifikasi Lokasi Geografis
    IP Address juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi lokasi geografis perangkat. Ini memungkinkan layanan internet dan situs web untuk menyesuaikan konten dan layanan mereka berdasarkan lokasi pengguna. Dengan kata lain,
  5. Keamanan
    IP Address juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan komputer dari serangan dan ancaman keamanan lainnya. Alamat IP dapat digunakan untuk membatasi akses ke jaringan atau mengidentifikasi sumber serangan sehingga dapat dilakukan tindakan pengamanan yang diperlukan.

Jenis IP Address

Dalam penerapannya, IP Address dibagi menjadi 2 bagian, yaitu IP Publik dan IP Privat. Berikut masing-masing penjelasannya:

IP Publik

IP Publik adalah IP Address yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan atau perangkat di internet. Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki IP Publik yang berbeda-beda. IP Publik dapat diakses dari internet dan digunakan untuk mengirim dan menerima data dari jaringan internet, serta digunakan untuk mengidentifikasi perangkat atau jaringan di internet.

IP Publik biasanya diberikan oleh penyedia layanan internet (ISP) kepada pelanggannya. Setiap ISP memiliki kumpulan alamat IP Publik yang terbatas, dan biasanya mereka menggunakan teknik seperti Network Address Translation (NAT) untuk membagi alamat IP Publik yang terbatas tersebut ke dalam banyak perangkat dalam jaringan lokal.

IP Publik sering digunakan oleh server web, server email, server game, dan perangkat lain yang dapat diakses melalui internet. Jika Anda ingin mengakses server yang terhubung ke internet, Anda memerlukan alamat IP Publik yang diketahui agar dapat mengirimkan permintaan ke server tersebut.

IP Privat

IP Privat adalah IP Address yang diperuntukkan untuk penggunaan lokal dalam jaringan komputer, dan tidak dirancang untuk dapat diakses langsung dari internet. Ini digunakan di dalam jaringan lokal (Local Area Network/LAN) dan tidak dapat diakses dari luar jaringan, kecuali melalui teknik seperti Network Address Translation (NAT) atau Virtual Private Network (VPN).

Ada tiga kumpulan IP Privat yang umum digunakan, yaitu:

  1. 10.0.0.0 hingga 10.255.255.255 (10.0.0.0/8)
  2. 172.16.0.0 hingga 172.31.255.255 (172.16.0.0/12)
  3. 192.168.0.0 hingga 192.168.255.255 (192.168.0.0/16)

IP Privat memungkinkan banyak perangkat untuk terhubung ke internet melalui satu alamat IP Publik. NAT digunakan untuk memetakan alamat IP Privat dalam jaringan lokal ke alamat IP Publik yang digunakan untuk berkomunikasi dengan internet. Selain itu, IP Privat juga memungkinkan perangkat dalam jaringan lokal untuk berkomunikasi satu sama lain secara lokal tanpa harus melalui internet.

Penerapan IP Address

IP Address digunakan dalam berbagai aplikasi dan lingkungan jaringan. Beberapa penerapan IP Address adalah sebagai berikut:

  1. Internet
    IP Address digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan internet. Setiap perangkat yang terhubung ke internet harus memiliki alamat IP yang unik.
  2. Jaringan Lokal (LAN)
    IP Address digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan perangkat dalam jaringan lokal, seperti komputer, printer, dan router.
  3. Virtual Private Network (VPN)
    IP Address juga digunakan dalam VPN untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung dan mengamankan data yang dikirim melalui jaringan.
  4. Cloud Computing
    IP Address digunakan dalam lingkungan cloud computing untuk mengidentifikasi dan mengelola perangkat virtual yang berjalan di atas infrastruktur cloud.
  5. Internet of Things (IoT)
    IP Address digunakan dalam jaringan IoT untuk mengidentifikasi dan mengelola perangkat yang terhubung ke internet, seperti sensor, perangkat cerdas, dan sistem kontrol otomatis.
  6. Voice over IP (VoIP)
    IP Address digunakan dalam VoIP untuk mengirim dan menerima panggilan suara melalui jaringan internet.

Dalam semua aplikasi tersebut, IP Address memiliki peran penting dalam mengidentifikasi dan mengarahkan lalu lintas data dalam jaringan.

Kesimpulan

IP Address adalah serangkaian nomor unik yang digunakan sebagai penghubung komunikasi di internet. Kita dapat mengakses internet karena paket data yang dikirim dari alamat IP sumber ke alamat IP tujuan telah berhasil. Berdasarkan penerapannya, ada 2 IP Address, yaitu IP Publik dan IP Privat. Keduanya digunakan untuk menunjang komunikasi di internet. IP Publik berperan sebagai penghubung di server atas jaringan telekomunikasi, seperti server, website dll sedangkan IP Privat berperan untuk komunikasi pada jaringan lokal atau mendekati perangkat endpoint.

Leave a Reply

Contact Us

Email

sales@cloudku.id

Location

Jl.Koala Regency D-20, Semolowaru Bahari,Jawa Timur 60119

Phone

(+62) 81-889-8008

Want to know more about Cloudku?

Don't hesitate to contact us and let's discuss further to create a solution that suits your needs

@ 2024 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.