Pengertian Domain, Hosting, SSL, dan Website

Pengertian Domain, Hosting, SSL dan Website
by Narwastu Nagoro / April 29, 2020

Ada banyak-banyak istilah mengenai Domain, Hosting, SSL, dan Website. Apakah semua tersebut berhubungan? Apakah kalau kita membuat Website, harus punya Domain dan Hosting? Jika website kita aman, Apakah harus membutuhkan SSL?. Beberapa orang hanya menggunakan istilah Domain, Hosting, SSL, dan Website tanpa memahami pengertian itu sendiri. Padahal, memahami pengertian suatu istilah akan sangat membantu Anda dalam menggunakannya di kemudian hari.

Apa itu Domain?

Domain adalah alamat dari suatu Website.

Jadi misalkan Anda adalah pelaku bisnis online yang ingin mencari Hosting, maka Anda harus mengunjungi Website Cloudku.

Tanpa tahu alamat website Cloudku, Anda tidak akan mendapatkan Hosting yang diinginkan bukan? Oleh karena itu, https://cloudku.id merupakan domain dari Cloudku.

Setiap domain memiliki akhiran yang biasa disebut dengan ekstensi domain. Ekstensi domain ini biasanya terbagi dalam dua jenis yaitu ekstensi domain global TLD (internasional) dan domain ID (regional indonesia). Beberapa contoh ekstensi domain TLD seperti .com, .org, .net, sedangkan contoh ekstensi domain ID adalah .id, .or.id, .co.id, dan lain sebagainya.

Tahukah Anda, jika sebenarnya domain sangat mempermudah Anda untuk mengakses suatu website?

Hal ini karena domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari suatu server komputer. Misalkan, alamat IP Cloudku adalah 105.05.05.05, maka Anda bisa saja mengetikkan deretan angka tersebut saat ingin mengakses Cloudku.

Bukankah menyimpan atau menghafal alamat IP setiap website terdengar sulit?

Apalagi alamat IP suatu website bisa saja berubah. Untuk itulah, nama domain eksis agar Anda bisa lebih mudah saat mengkases dan mengingat nama suatu Website.

Apa itu Hosting?

Setelah memahami pengertian domain, maka selanjutnya Anda harus memahami istilah Hosting.

Secara umum, Hosting adalah wadah menyimpan data yang ada dalam suatu Website agar data tersebut bisa diakses melalui internet. Data yang disimpan ini bisa berupa tulisan, gambar, database, email, program hingga video.

Apabila nama domain berfungsi untuk mengidentifikasikan alamat IP dari suatu server komputer, maka komputer inilah yang ada dalam suatu Hosting.

Lalu apa bentuk real dari Hosting ini?

Hosting merupakan suatu server yang dilengkapi dengan teknologi terbaik. Anda bisa memperoleh hosting dengan menghubungi jasa layanan hosting. Jangan khawatir Cloudku menyediakan Hosting sesuai dengan kebutuhan silahkan cek Paket Hosting https://cloudku.id/wordpress-hosting/ .

Apakah Hosting hanya digunakan untuk membuat website saja?

Tentu saja tidak, faktanya ada hal lain yang Anda lakukan dengan Hosting seperti membuat toko online, meningkatkan kinerja website, maka Anda tidak boleh asal dalam memilih hosting. Seperti Hosting Cloudku yang sudah menerapkan infrastruktur terbaru, Dengan keamanan yang terjamin, kecepatan yang stabil, dan pelayanan yang ramah.

Apa itu SSL?

SSL adalah jalur yang berfungsi sebagai pengaman sebuah website. SSL (Secure Socket Layer) akan membuat suatu jalur secara terenkripsi antara server dan web browser pada sisi pengunjung. Sehingga, pada saat pengunjung mengakses sebuah website yang menggunakan SSL maka data yang terkirim akan aman. SSL ibarat pagar pengaman, yang berfungsi melindungi bangunan dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pencurian. Di semua paket Hosting Cloudku sudah include dengan SSL. Jadi jangan khawatir website anda bersama Cloudku sudah terjamin aman.

Apa itu Website?

Website adalah kumpulan informasi atau kumpulan page yang biasa diakses lewat jalur internet. Setiap orang di berbagai tempat dan segala waktu bisa menggunakannya selama terhubung secara online di jaringan internet. Secara teknis, website adalah kumpulan dari page, yang tergabung kedalam suatu domain atau subdomain tertentu. Website-website yang ada berada di dalam World Wide Web (WWW) Internet.

Kesimpulan

Jadi, kalau Anda ingin membuat website atau toko online pastikan harus ada Hosting sebagai tempat menyimpan file serta harus ada Domain sebagai identitas atau nama website.  Agar aman dari malware dan serangan hacker, maka pastikan selalu pasang SSL di website. Cloudku merupakan Hosting murah dengan kualitas terbaik. Kamu bisa dapatkan server Hosting berteknologi SSD sangat cepat serta support 24 jam! Ada juga SSL Gratis yang tersedia di Cloudku! Mulai Sekarang Juga Kembangkan Bisnis Anda dengan Cloudku!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ikuti Update Terbaru Melalui
Cloudku Talk & Experience

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram