Mempelajari Blockchain, Fungsi, Cara kerja & Keunggulannya

  • Home
  • Website
  • Mempelajari Blockchain, Fungsi, Cara kerja & Keunggulannya
DateMar 28, 2023

Teknologi blockchain menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Terutama setelah munculnya mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum yang menggunakan teknologi ini sebagai dasar sistem mereka. Seiring berjalannya waktu, penggunaan blockchain semakin meluas dan menawarkan potensi untuk mengubah cara berinteraksi dengan data dan informasi secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang teknologi blockchain dan bagaimana potensinya dapat memengaruhi berbagai industri dimasa depan.

Apa itu Blockchain

Blockchain adalah teknologi penyimpanan dan pengiriman data secara terdesentralisasi yang menggunakan struktur jaringan peer-to-peer untuk mencatat transaksi dalam bentuk blok-blok yang dihubungkan satu sama lain dalam urutan waktu yang teratur. Setiap blok dalam blockchain berisi informasi transaksi, tanda waktu, dan tautan ke blok sebelumnya. Informasi yang disimpan dalam blockchain tidak dapat diubah, karena setiap blok dienkripsi dan terhubung dengan blok sebelumnya. Sehingga menciptakan catatan transaksi yang terjamin keamanannya dan sulit diubah.

Blockchain menjadi terkenal setelah munculnya mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum, yang menggunakan teknologi ini sebagai dasar sistem pembayaran digital mereka. Namun, blockchain juga dapat digunakan dalam berbagai industri lain, seperti perbankan, logistik, asuransi, dan banyak lagi. Teknologi blockchain memberikan keuntungan, seperti keamanan yang tinggi, transparansi, efisiensi, dan tidak adanya pihak pengontrol tunggal.

Bagaimana sistem kerja dari Blockchain

Blockchain bekerja dengan cara membangun jaringan terdesentralisasi dari komputer-komputer (node) yang saling berinteraksi untuk mengatur dan mencatat transaksi dalam bentuk blok-blok yang dihubungkan satu sama lain. Prosesnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

Transaksi dibuat

Sebuah transaksi baru, seperti pengiriman mata uang kripto atau pembelian produk, dibuat oleh pengguna dan disiarkan ke jaringan blockchain.

Validasi transaksi

Setiap node dalam jaringan blockchain akan memeriksa transaksi baru dan memvalidasinya dengan menggunakan algoritma konsensus. Algoritma konsensus adalah aturan yang digunakan oleh node dalam jaringan blockchain untuk mencapai kesepakatan tentang validitas transaksi.

Pembuatan blok

Setelah transaksi divalidasi, sejumlah transaksi akan dikumpulkan menjadi satu blok. Blok ini kemudian akan ditandai dengan tanda waktu dan dienkripsi dengan algoritma kriptografi.

Tautan blok

Setelah blok baru dibuat, itu akan dihubungkan dengan blok sebelumnya dalam urutan waktu yang teratur, membentuk rantai blok (blockchain). Setiap blok dalam rantai terhubung dengan blok sebelumnya melalui tautan uniknya.

Penyebaran blok

Setelah blok baru ditambahkan ke rantai, informasi tentang blok akan disebarluaskan ke seluruh jaringan blockchain. Setiap node akan memperbarui salinannya dari blockchain yang terdistribusi dan akan terus melakukan proses ini secara berulang-ulang saat transaksi baru terjadi.

Dalam blockchain, setiap node memiliki salinan lengkap dari blockchain yang terdistribusi, sehingga setiap node dapat memverifikasi transaksi tanpa perlu bergantung pada otoritas pusat. Hal ini memungkinkan sistem blockchain menjadi terdesentralisasi, aman, dan transparan.

Keunggulan dari Blockchain

blockchain menawarkan keuntungan dalam hal keamanan, transparansi, efisiensi, dan desentralisasi, dan terus menjadi teknologi yang menarik untuk dipelajari dan dikembangkan.

  1. Keamanan tinggi
    Blockchain menggunakan kriptografi yang kompleks dan algoritma konsensus untuk melindungi data dan transaksi yang tersimpan di dalamnya. Informasi dalam blockchain juga terdesentralisasi, yang membuatnya sulit untuk dimanipulasi atau dihack.
  2. Transparansi
    Blockchain memungkinkan setiap orang untuk melihat semua transaksi yang terjadi di dalam jaringan. Karena data yang tersimpan dalam blockchain dapat diakses oleh setiap node dalam jaringan. Ini membuat proses transaksi menjadi lebih transparan dan dapat meminimalkan risiko penipuan atau kecurangan.
  3. Efisiensi
    Proses transaksi dalam blockchain dapat dilakukan secara otomatis, tanpa perlu melibatkan pihak ketiga. Ini dapat mempercepat proses transaksi dan mengurangi biaya.
  4. Tidak adanya pihak pengontrol tunggal
    Sistem blockchain terdesentralisasi, yang berarti tidak ada pihak pengontrol tunggal yang dapat memanipulasi data atau mengontrol jaringan. Setiap node dalam jaringan memiliki salinan lengkap dari blockchain, sehingga tidak ada satu pihakpun yang memiliki kekuasaan penuh atas jaringan.
  5. Potensi untuk beradaptasi dengan berbagai industri
    Blockchain dapat digunakan dalam berbagai jenis industri, seperti keuangan, logistik, asuransi, dan banyak lagi. Potensinya untuk digunakan dalam berbagai bidang ini membuat teknologi blockchain semakin populer dan diminati oleh banyak perusahaan.

Leave a Reply

Contact Us

Email

sales@cloudku.id

Location

Jl.Koala Regency D-20, Semolowaru Bahari,Jawa Timur 60119

Phone

(+62) 81-889-8008

Want to know more about Cloudku?

Don't hesitate to contact us and let's discuss further to create a solution that suits your needs

@ 2024 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.