Knauf Group Diserang Ransomware

by Cloudku / Agustus 22, 2022

Berita Terkini: Knauf Group (Salah Satu Perusahaan Bahan Bangunan Terbesar Dunia) Diserang Ransomware "Black Basta"

Knauf Group Diserang Ransomware

Halo Sobat Cloudku,
Mimin punya berita baru nih, yuk simak.
Apa Sobat Cloudku pernah mendengar berita mengenai “Black Basta”?

Yap, Black Basta adalah sekelompok ransomware Rusia yang menggunakan trik pemerasan ganda. Setelah mendapatkan data perusahaan korban, selanjutnya akan mengenkripsinya. Kemudian pelaku meminta perusahaan membayar untuk mendekripsi kunci dan membayar untuk mencegah data sensitif bocor secara online.

Pada 29 Juni 2022 sekitar pukul 01.00 (CEST), Black Basta menyerang salah satu perusahaan pemasok bahan bangunan terbesar di dunia, yaitu Knauf Group. Knauf Group adalah perusahaan multinasional Jerman, yang memiliki 300 pabrik dan track di 90 negara, Knauf Group mempekerjakan 40.000 pegawai serta memiliki pendapatan tahunan lebih dari USD 11Miliar. Serangan ini mengakibatkan Tim IT Knauf Group harus menonaktifkan sistem email dan perangkat lunak pemesanan produk untuk menahan dampaknya.

Kelompok ransomware Black Basta menambahkan Knauf ke daftar korbannya pada 16 Juli 2022, Black Basta kemudian membocorkan data dari Knauf di situs .onion “dark web”. Dokumen yang diunggah merupakan informasi pengguna termasuk kredensial pengguna, informasi kontak karyawan, dokumen produk, dan pemindaian ID. Meskipun data tidak dibocorkan secara online seluruhnya, yakni hanya 20%, security researchers mendeteksi bahwa data yang bocor telah diakses oleh lebih dari 400 profil sejauh ini, hal ini menunjukkan bahwa Black Basta bertujuan untuk bernegosiasi dengan pihak perusahaan perihal uang tebusan yang akan dibayarkan.

Hingga 20 Juli 2022 Knauf Group masih bekerja keras untuk memulihkan perangkat lunak pemesanan produk agar kembali normal dan memastikan hal tersebut berada di jalur yang benar. Banyak dari sistem dan komunikasi email Knauf Group sudah berfungsi kembali.

Dari kejadian ini kita belajar bahwa mencegah lebih baik dari recovery. Karena upaya pemulihan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Agar kita tidak mengalami hal tersebut, salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah menanamkan anti-virus yang powerful seperti Acronis pada sistem kita. Acronis Cyber protection mampu mendeteksi sekaligus memblokir ransomware seperti Black Basta. Acronis juga dilengkapi dengan fitur backup dan recovery yang tak luput dari pemindaian. Yang artinya file hasil backup yang rencananya akan dipulihkan, benar benar bersih atau terbebas dari virus apapun.

Bagaimana Sobat Cloudku, sungguh mengerikan bukan jika data perusahaan sampai dimasuki virus hingga dienkripsi?
Oleh karenanya, Cloudku.id menyediakan tool Acronis yang dapat menjaga sistem Anda agar senantiasa tetap aman dan private. Jika ingin penjelasan lebih detail silahkan kunjungi:
https://cloudku.id/acronis/
https://cloudku.id/kontak/

Sekian berita terkini dari Mimin, sampai jumpa di putaran berita selanjutnya.

Best regards,
Mimin of Cloudku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram