Dewasa ini, hampir semua barang dan jasa dapat ditemukan di internet. Hampir semua pelaku bisnis memasarkan bisnis mereka melalui website. Website juga membantu banyak orang untuk mencari produk dan jasa yang mereka butuhkan. Website yang menjual produk atau jasa pasti tak luput dari pertanyaan dan keluhan pelanggan.
Untuk menampung keluhan dan pertanyaan pelanggan, perlu adanya wadah. Dalam hal ini, selain untuk memasarkan produk, seharusnya website juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Agar website juga bisa sebagai wadah pertanyaan pelanggan, diperlukan adanya fitur live chat pada website kita agar pelanggan lebih mudah untuk menghubungi kita saat ada suatu kendala yang ingin mereka tanyakan, baik pelanggan lama maupun pengunjung baru.
Apa sih Keuntungan Adanya Fitur Live Chat pada Website?
1. Website Terlihat lebih Profesional
Adanya fitur Live Chat memiliki arti bahwa perusahaan siap siaga untuk membantu pelanggan. Hal ini lah yang mendorong pelanggan memiliki rasa percaya pada produk/layanan yang kita tawarkan.
2. Menunjukkan bahwa Perusahaan Peduli dengan Pengunjung
Adanya live chat menunjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap permasalahan pada produk/layanan yang ditawarkan. Jadi perusahaan dapat memahami kesulitan pelanggan yang selanjutnya dapat dicari solusinya.
3. Mengurangi Tingkat Kegagalan Transaksi
Website memang banyak dikunjungi oleh banyak orang, namun apa kabar dengan penjualan?
Jumlah pengunjung yang banyak namun penjualan yang sangat sedikit atau hampir tidak ada wajib diwaspadai karena bisa saja calon pelanggan kesulitan dalam memesan atau masih ada suatu keraguan mengenai produk/layanan yang ditawarkan. Adanya fitur Live Chat dapat mempermudah akses komunikasi calon pelanggan sehingga mereka dapat menerima bantuan saat memerlukannya.
4. Meningkatkan Pengalaman Dukungan Pelanggan
Adanya fitur Live Chat membantu meyakinkan pelanggan terhadap produk/layanan yang ditawarkan. Hal ini tentu berdampak pada sisi psikologis pelanggan. Pelanggan menemukan rasa puas, percaya dan nyaman saat menggunakan produk/layanan yang ditawarkan. Tentunya hal ini dapat menunjang penjualan.
Bicara mengenai website, saat ini telah banyak website yang dibangun menggunakan WordPress. WordPress merupakan sebuah Content Management System (CMS) yang bisa membantu Sobat Cloudku membuat dan mengelola website tanpa coding. Kok bisa buat website tanpa coding ya?
Ini lah kehebatan dari WordPress, Sobat Cloudku cukup menggunakan plugin dan website Sobat Cloudku tentu terlihat dinamis dan interaktif. Sobat Cloudku tak perlu khawatir dengan kesulitan untuk menerapkan fitur live chat pada website Sobat Cloudku. Cukup Add Plugin pada WordPress selanjutnya melakukan instalasi dan setting tambahan, dan jadilah website Sobat Cloudku sudah dilengkapi dengan fitur live chat.
Daftar Plugin pada WordPress
Berikut 5 daftar plugin live chat untuk wordpress:
1. WP Live Chat by 3CX
WP Live chat by 3CX merupakan salah satu plugin yang popular karena plugin ini gratis. Penggunaan plugin dinilai cukup mudah.
Fitur yang didapatkan:
- Mengubah atau mengedit style dan warna jendela live chat
- Membuka obrolan dengan banyak user secara bersamaan
- Melihat riwayat chat yang pernah dilakukan
- Hanya bisa digunakan oleh satu akun WordPress
- Menjawab beberapa chat hanya bisa dilakukan oleh 1 orang saja
2. JivoChat
JivoChat merupakan plugin live chat WordPress gratis yang banyak diminati.
Fitur yang didapatkan:
- Menggabungkan pesan email
- Mengelola di dalam satu tempat, termasuk riwayat obrolan
- Menampilkan pop-up ketika pengunjung membuka website Sobat Cloudku
- Menjawab chat dapat dilakukan oleh beberapa orang
3. Tawk.to
Tawk to merupakan plugin yang paling popular yaitu dengan total instalasi telah mencapai lebih dari 90.000 website dengan CMS WordPress.
Fitur yang didapatkan:
- Kompatibel dengan berbagai browser
- Memonitor visitor website kita secara real time
- Dapat diakses melalui desktop dan mobile.
4. Tidio
Tidio dikenal cukup popular di kalangan plugin gratis untuk wordpress karena kemudahan instalasinya yang tidak memerlukan registrasi.
Fitur yang didapatkan:
- Desain widget livechat yang minimalis
- Dapat terintegrasi ke aplikasi support ticket dan marketing lainnya
- Merekam pengunjung website dan mengetahui siapa saja yang menelusuri website
5. HubSpot
Hubspot merupakan salah satu plugin live chat gratis yang terkenal dari fitur pemasaran integrasi. Lebih dari 500 Aplikasi terintegrasi sehingga memungkinkan Sobat Cloudku merespons pelanggan di mana saja.
Fitur:
- Harga software pro-nya bisa diatur sesuai fitur yang Anda tambahkan
- Cocok untuk bisnis yang memerlukan solusi automasi marketing
- Pengunjung dapat menjadwalkan panggilan
Setelah memahami keuntungan adanya fitur livechat. Bagaimana Sobat Cloudku cukup penting bukan?
Membuat website menggunakan WordPress cukup mudah bukan. Cukup add plugin dan website Anda sudah terlihat interaktif.
Yuk mulai online-kan bisnismu.
Hosting website WordPress Anda di Cloudku.
Cek Detail Paketnya!
Leave a Reply