Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.248
Rp15.938
Rp365.000
Rp244.315
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!

Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

nama@bisnisanda.com
Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Kenapa Perlu Update WordPress? Pahami Dampak Pengabaian Update WordPress!

by Cloudku / Desember 16, 2022
Alasan perlunya update wordpress

Update WordPress adalah hal rutin yang dilakukan oleh developer untuk meningkatkan performa website wordpress. Ya ya ya, WordPress merupakan salah satu CMS terbaik dan terpopuler. Tak heran jika  pengembang wordpress secara berkala meluncurkan versi terbaru guna memperbaiki kekurangan di versi sebelumnya. Namun pernahkah Anda berpikir, sebenarnya perlu ga sih update wordpress?

Tentu sangat perlu Sobat, karena jika wordpress tidak diupdate ke versi terbaru, maka akan mengalami masalah pada kompabilitas bahkan website rusak total dan tidak bisa diakses. Semua developer website pasti akan menghindari hal ini, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Developer website akan secara rutin melakukan update wordpress untuk menyinkronkan semua komponen wordpress agar performa website tetap terjaga bahkan meningkat.

Lalu bagaimana cara untuk update wordpress? Berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan update wordpress.

Seberapa Penting Update WordPress?

Sebelum membahas mengenai persiapan update wordpress, Mimin akan paparkan beberapa alasan yang membuat update website wordpress menjadi hal penting. Update merupakan langkah yang dilakukan pengembang software untuk memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Tak hanya wordpress, software lainnya pun perlu diupdate untuk menutup celah bug pada versi sebelumnya. Celah bug yang tidak ditutup berpotensi untuk disusupi oleh peretas bahkan membuat komponen software outdated dan tidak dapat digunakan lagi. Tentu Sobat menghindari hal ini bukan?

Kita kembali ke website, apa jadinya jika kita mengabaikan update website wordpress?

Website yang dibiarkan tidak diupdate bisa berpotensi menurunkan performa menjadi kurang efisien bahkan komponen yang ada dalam website bisa saja outdated. Hal ini akan mengakibatkan SEO performance menurun sehingga trafik website Anda bisa saja drop dan sangat mungkin berdampak pada bisnis Anda.

Jika ada kerugian ketika kita tidak melakukan suatu hal, maka ketika kita melakukan suatu hal tersebut pasti ada manfaatnya. Berikut beberapa manfaat update website wordpress:

Keamanan WordPress Tetap Terjaga

Telah dijelaskan di atas bahwa versi lawas wordpress bisa saja terdapat celah bug yang kemungkinan dapat dieksploitasi oleh peretas. WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan, bahkan hingga kini tercatat bahwa 23% website di dunia dibangun menggunakan wordpress. Tak heran jika banyak peretas menjadikan wordpress sebagai target kejahatan. Hal ini lah yang menuntut pengembang wordpress untuk merilis versi terbaru guna memperbaiki versi sebelumnya. Bayangkan saja jika Sobat tidak melakukan update wordpress tentu website Sobat sangat mungkin sekali disusui oleh peretas.

Performa WordPress Meningkat

Rilis versi terbaru website tak hanya tentang memperbaiki celah bug, namun pengembang wordpress juga meningkatkan kinerja wordpress. Pengembangan kinerja tak hanya dilakukan pada wordpress namun juga dilakukan pada komponen wordpress, seperti template dan plugin. Inilah yang membuat perlu adanya maintenance website setelah membuat website karena seiring berjalannya waktu banyak pengembangan yang dilakukan oleh pengembang wordpress. Untuk mencegah performa website yang menurun, developer akan melakukan update setiap kali ada notifikasi dan juga melakukan sinkronasi pada template dan plugin di dalamnya. Update wordpress dapat membuat kecepatan loading website menjadi lebih optimal. Hal ini mampu mendorong pengunjung minat pengunjung untuk menyelami website Anda lebih dalam karena load website yang cepat.

Adanya Fitur Baru

Update wordpress tak hanya tentang kemanan dan performa, namun pengembang juga menambahkan fitur baru yang mempermudah para pengguna wordpress. Hal ini yang menjadikan pengalaman wordpress Anda akan berbeda dengan pengalaman wordpress versi terbaru. Tak hanya itu, Anda pun akan kesulitan dalam menemukan bantuan untuk wordpress versi lama Anda, karena pembahasan pada forum sudah mengarah ke wordpress dengan versi terbaru.

Persiapan Awal Sebelum Update WordPress

Pernahkah Sobat berpikir bahwa melakukan update akan error?

Update memang berpotensi error jika Sobat tidak melakukannya sesuai dengan prosedur yang ada. Berikut hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan update wordpress:

“Perlu diingat bahwa update berpotensi memengaruhi file dan database website.”

  • Baca dan pahami notifikasi update

Anda perlu mengetahui dahulu isi update melalui changelog wordpress.

  • Cek forum dukungan

Sebelum melakukan update Sobat bisa cek review dari developer yang sudah melakukan upgrade apakah versi terbaru masih banyak error atau bug.

  • Backup website

Backup adalah hal yang wajib dilakukan untuk pencegahan data hilang secara permanen. Sebelum melakukan update backup website Anda terlebih dahulu. Jika terjadi error saat melakukan update maka Sobat bisa dengan mudah melakukan restore.

  • Upgrade versi PHP

Terkadang wordpress terbaru tidak kompatibel dengan versi PHP website Anda. Silakan melakukan upgrade PHP sebelum melakukan upgrade wordpress.

  • Nonaktifkan plugin lain

Sama seperti PHP, terkadang wordpress terbaru tidak kompatibel dengan plugin yang digunakan. Untuk itu nonaktifkan semua plugin sebelum menginstall wordpress terbaru.

Kesimpulan

Update wordpress merupakan hal penting yang harus dilakukan agar performa website menjadi lebih optimal dan terjaga keamanannya. Oleh karenanya setelah pembangunan website, perlu ada maintenance untuk mengoptimalkan versi wordpress dengan plugin dan template yang digunakan. Bagi Sobat yang tak ada waktu untuk melakukan persiapan update bahkan melakukan update website wordpress, Anda dapat mempercayakan website wordpress Anda pada cloudku. Cloudku telah menyediakan jasa management website wordpress dengan harga yang terjangkau dan bisa dicustom.

Kunjungi website Cloudku untuk mengetahui lebih dalam mengenai Manajemen WordPress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2022 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram