Cloud VPS dengan High Availability

by Cloudku / Maret 28, 2022

Cloud VPS dengan High Availability

Cloud VPS dengan High Availability

Apa yang sudah Anda ketahui tentang Cloud VPS dengan high availability? Biasanya, orang-orang yang selalu berkutat dengan jaringan atau networking akan berhubungan dengan performance, reliability, dan affordability. High availability seringkali diabaikan padahal perannya cukup penting.

Dalam dunia komputasi sendiri ada setidaknya 4 jenis cluster. Keempat jenis cluster tersebut adalah storage, high availability, load balancing, serta high performance. High availability bisa membantu meminimalisir kehilangan data atau kerusakan down time yang terjadi di server tertentu.

Mengenal High Availability dalam Cloud VPS

High availability sendiri sebenarnya merupakan suatu konsep di infrastruktur jaringan. Konsep ini bisa menjamin server cloud mampu menyediakan pelayanan yang levelnya lebih tinggi serta sesuai dengan ketepatan waktu. High availability ini sering digunakan di berbagai sektor.

Tujuan high availability adalah untuk menyediakan layanan server yang levelnya lebih tinggi serta lebih tepat waktu. Dengan begitu, jika terjadi masalah, high availability bisa mengurangi berbagai dampak buruk yang bisa jadi diakibatkan oleh downtime.

Penerapan High Availability di Cloud VPS

Untuk mendukung penerapan high availability, ada berbagai komponen yang diperlukan. Semua komponen yang ada dalam daftar di bawah ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam implementasi high availability dalam server tertentu.

  • Environment

Jika server hanya berada di satu lokasi saja, dampak yang dialami oleh server ketika terjadi bencana akan sangat parah. Bencana alam seperti tsunami, banjir, dan gempa bumi bisa mengakibatkan server mengalami down dengan parah.

Sangat penting untuk menempatkan data center di lokasi yang berbeda. Penempatan data center di lokasi lain ini bisa sangat mempengaruhi reliability server.

  • Hardware

Server yang disediakan harus tahan menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Salah satu kemungkinan yang cukup buruk adalah terjadinya pemadaman listrik. Hardware failures bisa terjadi karena pemadaman listrik ini. akibatnya, harddisk serta network interfaces mengalami masalah.

Pastikan untuk menggunakan hardware yang jauh lebih berkualitas. SSD misalnya, mempunyai daya tahan yang lebih bagus dibandingkan dengan HDD.

  • Software

Semua software rack, yang juga meliputi operating system serta aplikasi, perlu dipersiapkan dengan sangat matang agar bisa menangani masalah yang bisa jadi muncul dan berpotensi membutuhkan restart server Cloud VPS atau system.

  • Data

Masalah yang seringkali terjadi adalah kehilangan data. Kehilangan data ini bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor. High availability pada server seharusnya mampu memperhitungkan keamanan pada data apabila terjadi kegagalan.

  • Network

Sangat penting untuk mempersiapkan strategi serta backup plan sehingga Anda akan siap menghadapi berbagai masalah, khususnya jika terjadi pemadaman listrik mendadak.

Seluruh komponen di atas akan menciptakan Cloud VPS dengan high availability yang sangat bagus apabila dipersiapkan dengan matang. Pastikan untuk memahami semua komponennya dan mempersiapkan semuanya dalam menerapkan high availability.

Berbagai Jenis Cluster Lain Selain High Availability

Seperti yang sempat Anda baca di awal, high availability bukan satu-satunya cluster dalam dunia komputasi. Ada tiga cluster lainnya yang sebaiknya Anda pahami juga. Ketiga cluster tersebut meliputi storage, load balancing, serta high performance.

  • Storage

Tempat penyimpanan, atau istilah lainnya storage, merupakan lokasi paling terakhir yang akan dimanfaatkan oleh server untuk menyimpan berbagai data. Data yang akan disimpan dalam storage adalah data yang sudah selesai dibaca serta ditulis di Cloud VPS.

  • Load balancing

Cluster yang berikutnya, yaitu load balancing, bisa membantu server dalam menyeimbangkan beban. Beban yang ada pada salah satu server nantinya akan dibagi rata ke berbagai server lainnya dalam node cluster yang sama. Pembagian beban ini dilakukan oleh load balancing.

  • High performance

Proses yang dilakukan secara paralel atau bersamaan bertujuan untuk membantu server mendapatkan kinerja atau performa yang lebih tinggi.

Setelah memahami seluk beluk high availability, komponen pentingnya, dan berbagai sektor lainnya, Anda perlu memilih penyedia Cloud VPS yang terbaik dan berkualitas. Kunjungi Cloudku.id dan dapatkan berbagai penawaran untuk layanan terbaik yang kaya akan keunggulan dan kemudahan. Layanan yang tersedia di Cloudku.id mampu mendukung segala jenis bisnis dengan mudah dan praktis. Hubungi Cloudku.id sebelum penawaran menarik berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram