Cara Menggunakan Acronis Backup di cPanel Cloudku

by Cloudku / Januari 13, 2022

Cara Menggunakan Acronis Backup di cPanel Cloudku

Acronis Backup cPanel

Lebih dari 30 ribu website kena hacked atau malware setiap harinya dan sebagian besar adalah website dengan CMS WordPress. Hanya butuh waktu 10 menit untuk seorang hacker menjebol password dengan 6 karakter.

Website yang kena malware biasanya akan lebih lambat diakses dan seringkali tampilannya pun bisa berantakan karena ada file-file yang dirusak. Ini akan menyebabkan kerugian secara finansial dan banyak waktu terbuang.

Sebagai layanan hosting yang mementingkan kenyamanan pelanggan, keamanan data website pelanggan sangat penting, karena itu Cloudku memberikan perlindungan terbaik untuk semua website pelanggan, yaitu dengan menggunakan Acronis Backup, salah satu teknologi enterprise backup terbaik saat ini.

Semua website yang dihosting di Cloudku secara otomatis dibackup setiap hari tentunya sangat aman, dan mudah untuk melakukan recovery kapanpun dibutuhkan.

Acronis Backup melakukan backup secara otomatis setiap harinya, jadi untuk kamu yang menggunakan CMS WordPress, tidak perlu lagi mengaktifkan backup dari Softaculous, karena Acronis melakukan backup ke seluruh file yang ada di File Manager dan Database.

Acronis Backup: Restore

Sebelum melakukan restore, pastikan kamu memiliki account hosting dan domain yang aktif di Cloudku. Hal yang pertama harus dilakukan adalah login ke cPanel account hosting kamu. Kemudian klik menu Acronis Backup.

Files Acronis Backup

Kemudian akan muncul beberapa tanggal point backup yang tersedia. Pilih salah satu point backup yang ingin di restore.

Dashboard Acronis Backup

Loading the backup. This may take a while. Artinya adalah kita perlu menunggu sampai point backup tersebut di mount, karena teknologi ini menarik data dari server Cloudku khusus untuk storage backup, kemudian di mount ke account hosting Anda.

Akan tampil beberapa tipe backup, yaitu; Files, Database, Mailboxes dan Mail Forwaders. Pilih tipe mana yang akan di restore.

Backups

Tipe Restore Acronis Backup

Pada tipe Files akan tersedia file yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Checklist pada file atau directory yang ingin di recover (restore) atau di download.

Files

Pada tipe Database akan tersedia database yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Checklist pada database yang ingin di recover (restore) atau di download.

Pada database ini jika di recover akan melakukan restore ke seluruh table yang ada pada database tersebut.

Databases

Pada tipe Mailboxes akan tersedia mailbox pada email account yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Checklist pada email account yang ingin di recover (restore) atau di download mailboxesnya.

Pada Mailboxes ini jika di recover akan melakukan restore isi Inbox dari email account tersebut.

Mailboxes

Pada tipe Mail Forwarders akan tersedia forwarders pada email account yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Checklist pada email forwarders yang ingin di recover (restore) atau di download forwardersnya.

Pada Forwarders ini yang di recover (restore) atau di download adalah settingan pada menu Forwarders di cPanel.

Mail Forwarders

Kesimpulan

Dengan fitur Acronis Backup yang disediakan Cloudku ini akan sangat membantu kamu dalam management file, karena jika suatu saat kamu tidak sengaja menghapus file maupun database akan sangat mudah dilakukannya recovery melalui fitur yang disediakan Cloudku ini. Fitur terbaru ini juga disediakan dengan bundling, tidak ada biaya tambahan untuk semua paket hosting,semua sudah include dengan Acronis Backup. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar Acronis Backup atau ingin berbagi pengalaman dalam menggunakannya, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram