Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Cloudku logo 1
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.249
Rp15.939
Rp365.000
Rp251.084
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!
Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Apa itu ISP?

by Cloudku / September 8, 2021

Apa itu ISP?

apa itu isp

Halo para Cloudku kali ini kami akan membahas mengenai apa itu ISP, tanpa berlama-lama lagi mari kita simak penjelasan berikut.

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan pada dunia, bisa dalam artian negatif maupu positif. Salah satu dampak positif perkembangan teknologi adalah dengan adanya internet. Dimana internet bisa membantu manusia dalam banyak hal jika digunakan secara bijak, tetapi bisa merugikan jika disalahgunakan. Untuk bisa mengakses internet Anda perlu koneksi ke jaringan. Makanya Anda perlu mendapatkan layanan dari ISP atau Internet Service Provider. Apakah Anda mengerti apa itu ISP?

Apa itu ISP? ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider atau dalam bahasa Indonesia singkatannya adalah PIJI. Secara umum, ISP adalah produsen atau lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen supaya bisa mengakses internet dan berbagai media online.

Tentu saja Anda tidak bisa mendapatkannya secara gratis, karena ini adalah layanan berbayar. Internet Service Provider memang lebih familiar dengan sebutan provider internet karena pengucapannya lebih mudah.

Jaringan yang ditawarkan oleh ISP memang luas dan artinya baik itu penggunak internasional maupun lokal bisa terhubung secara global. Sehingga data bisa mengalir melalui jaringan data transmisi dat satu tempat ke tempat yang lain. Ada banyak jalur transmisinya, bisa melalui sinyal radio, modem, kabel, dan jalur lainnya. Dalam pelayanan berbayar dari ISP tentu akan ditarik biaya bulanan yang terbagi menjadi dua kategori yaitu modem dan broadband.

Pada koneksi kategori dial up atau modem memang biayanya tergolong murah dan ada juga yang gratis. Sedangkan media transmisi yag digunakan adalah kabel telepon biasa dan bisa dipasang di kantor maupun rumah. Kategori yang kedua adalah broadband atau jalur lebar, biasanya transmisi akan menggunakan internet nikabel, modem, satelit, dan lainnya. Memang yang jenis ini lebih cepat, tetapi biayanya lebih mahal.

Fungsi dan Cara Kerja Internet Service Provider

Terlepas dari pengertian ISPAnda juga perlu mengetahui fungsi dan cara kerja dari ISP. Namun dilihat dari pengertiannya saja, ISP adalah badan penyedia layanan internet. Yang mana tanpa adanya ISP akan membuat masyarakat tidak bisa mengakases internet seperti sekarang.

Sedangkan untuk fungsi ISP secara detail, adalah berikut ini.

  • Menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet
  • Menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat luas
  • Menyediakan tempat untuk homepage
  • Menghubungkan pengguna jasa internet kepada gateway internet terdekat
  • Menghubungkan pengguna internet kepada layanan informasi yang tersedia di World Wide Web atau WWW
  • Menyediakan berbagai perangkat modem untuk bisa terhubung dengan jaringan internet

Cara Kerja ISP

Cara kerja ISP tergolong sederhana, yaitu hanya menunggu pengguna jasa internet untuk memberi permintaan akses. Barulah setelah itu pihak ISP akan merouting jaringan kepada perangkat yang digunakanoleh pengguna jasa, bisa saja perangkat tersebut adalah handphone, modem, dan berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk mengakases internet lainnya.

Apabila sudah, maka pengguna jasa bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki. Ada juga yang bisa memilih jaringan yang akan diinginkan dan dibutuhkan.

Contoh ISP di Indonesia

Tentu di Indonesia sendiri juga terdapat ISP, dan ada banyak provider internet yang bisa Anda pilih. Berikut ini adalah daftar Internet Service Provider di Indonesia.

1. Indihome

Indihome merupakan salah satu provider yang populer di masyarakat, dan penyedianya adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yaitu PT Telkom Indonesia. Ada banyak yang yang membuat ISP ini populer salah satu alasannya adalah koneksinya yang cepat dan stabil.

2. Access Servise Dedicated to Internet

ISP yang satu ini juga sama dengan Indihome, sama sama berasal dari perusahaan yang sama yaitu PT Telkom Indonesia. ISP ini lebih dikenal dengan singkatannya yaitu Astinet, dan penggunaannya memang skala besar.

3. IM2

ISP yang satu ini berasal dari PT Indosat, dan jasa layanan yang ditawarkan adalah hosting dan domain.

4. Centrin

Apabila menyinggung ISP yang canggih maka Centrin adalah jawabannya, produk ini disediakan oleh PT Centrin Online. Layanannya adalah akses internet cepat dan stabil dengan infrastruktur canggih.

5. Provider Celuler

Apabila ISP yang sudah disebutkan diatas adalah ISP skala besar dan umum seperti wifi, maka yang ini berbeda. Karena penggunaannya secara pribadi, yaitu pada ponsel masing-masing. Memang provider seluler lebih banyak digunakan oleh masyarakat karena dinilai lebih praktis. Biasanya layanannya bukan unlimited, tetapi menggunakan kuota internet. Tentu ada banyak provider yang menawarkan layanan ini, Anda tinggal pilih saja.

Mempelajari ISP adalah salah satu hal wajib di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, apalagi ISP yang ada di Indonesia. Karena internet sudah menjadi bagian dari hidup manusia sekarang, dan semakin lama juga berkembang.

Jadi tidak ada salahnya jika memahami seluk beluk internet dan ISP selaku penyedia jasa layanan internet. Karena sebagai user / pengguna internet pasti kita juga membutuhkan ISP yang tepat dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2023 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram