Telah Hadir Kembali Plesk Hosting NVME Jakarta yang Super Cepat!

Buy Now
Cloudku logo 1
Online-kan Segera Website Anda!
Didukung oleh SSD Enterprise dan Webserver Nginx yang membuat website Anda super cepat.
Interface Plesk menyajikan pengalaman pengguna yang lebih mudah.
Tunjukkan pada dunia, apa yang Anda tawarkan!
Dapatkan pelanggan di seluruh belahan dunia!
Register Domain
Temukan domain impianmu.
Rp215.495
Rp17.249
Rp15.939
Rp365.000
Rp251.084
Transfer Domain
Transfer & Perbarui Domain Anda ke Cloudku Sekarang
Ide Hebat Dimulai dengan Nama Domain yang Hebat!
Pilih nama domain sesuka Anda!
Pesan sekarang sebelum diambil orang lain!
Server dengan Performa Tinggi
Speed up to 500Mbps Rasakan sendiri betapa cepatnya berlayar di sever kami!
Nikmati mudahnya mengelola VPS melalui dashboard kami!
Segera Custom Sekarang!
Penawaran terbatas! Ambil kesempatan Anda! Datacenter kami berada di Tier III Koneksi up to 10Gbps

Tidak ada yang lebih profesional daripada alamat email yang dipersonalisasi dengan nama domain Anda sendiri.
Anda Cukup Fokus pada Bisnis Anda!
Biarkan website menjadi urusan kami. Custom website Anda, tim kami siap mewujudkan mimpi Anda!
Custom sekarang!

Amankan Sistem Anda!
Memastikan sistem Anda aman dari malware,ransomware dan virus lain.
Compatible di semua device.

Cek Dokumentasi Kami!

Mari belajar bersama.
Layanan Anda bermasalah? Bukan hal yang mustahil lagi untuk memperbaiki sendiri!"
We Are available 24/7 to help answer question and solve your problems.

ContacT US

Contact Form

Kelebihan dan Kelemahan Shared Hosting

by Rizal Johan / April 29, 2023

Shared hosting adalah salah satu jenis layanan hosting yang paling populer di dunia hosting. Dalam layanan ini, server hosting digunakan oleh beberapa website yang berbagi sumber daya seperti CPU, RAM, dan penyimpanan disk. Kelebihan dari shared hosting adalah harga yang terjangkau dan mudah digunakan, namun seperti halnya layanan hosting lainnya, shared hosting juga memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan. Artikel ini akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan shared hosting sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih jenis layanan hosting yang sesuai untuk website Anda.

Apa itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah jenis layanan hosting dimana beberapa situs web berbagi sumber daya dari satu server fisik yang sama. Dalam layanan shared hosting, setiap situs web memiliki batasan pada sumber daya yang dapat mereka gunakan. Seperti ruang disk, bandwidth, dan CPU. Sebagai hasilnya, layanan shared hosting cenderung lebih terjangkau daripada jenis layanan hosting lainnya seperti VPS atau dedicated hosting. Meskipun terdapat keterbatasan sumber daya, shared hosting masih menjadi pilihan populer untuk pemilik situs web yang baru memulai. Bisnis kecil dan menengah. Ini karena shared hosting biasanya menawarkan fitur yang mudah digunakan dan dikelola. Memungkinkan pemilik situs web untuk membangun situs web mereka tanpa perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang pengelolaan server.

Kelebihan dari Shared Hosting

Ada beberapa kelebihan shared hosting, antara lain:

  1. Harga terjangkau
    Kelebihan utama dari shared hosting adalah harganya yang terjangkau dibandingkan dengan jenis layanan hosting lainnya seperti VPS atau dedicated hosting. Hal ini membuat shared hosting menjadi pilihan yang ideal bagi pemilik situs web yang memiliki anggaran terbatas.
  2. Mudah digunakan
    Layanan shared hosting biasanya dilengkapi dengan panel kontrol yang mudah digunakan, seperti cPanel atau Plesk. Ini memungkinkan pemilik situs web untuk mengelola situs web mereka dengan mudah. Jika mereka tidak memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang pengelolaan server.
  3. Dukungan teknis
    Sebagian besar penyedia layanan shared hosting menawarkan dukungan teknis 24/7 yang dapat membantu Anda dengan masalah teknis atau kinerja situs web Anda.
  4. Skalabilitas
    Meskipun terdapat batasan pada sumber daya yang tersedia, sebagian besar penyedia shared hosting memungkinkan Anda untuk memperbarui paket hosting. Jika situs web Anda tumbuh dan memerlukan lebih banyak sumber daya.
  5. Mudah diatur
    Shared hosting sangat mudah diatur. Pemilik situs web hanya perlu memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan situs web mereka. Penyedia layanan shared hosting akan menangani pengaturan server dan instalasi aplikasi.

Kelebihan-kelebihan ini menjadikan shared hosting menjadi pilihan yang populer untuk pemilik situs web yang baru memulai atau memiliki anggaran terbatas, serta bagi mereka yang membutuhkan hosting yang mudah digunakan dan dikelola.

Kelemahan dari Shared Hosting

Meskipun shared hosting memiliki beberapa kelebihan, tetapi ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Keterbatasan sumber daya
    Dalam layanan shared hosting, sumber daya server (seperti CPU, RAM, dan penyimpanan disk) dibagi di antara beberapa situs web. Ini berarti bahwa jika satu situs web mengalami lonjakan lalu lintas atau menggunakan terlalu banyak sumber daya, maka situs web lainnya yang berada pada server yang sama juga akan terpengaruh, yang dapat menyebabkan kinerja situs web menjadi lambat.
  2. Keamanan
    Karena situs web berbagi server yang sama. Satu situs web terkena serangan virus atau hacking, maka kemungkinan besar situs web lain yang berada pada server yang sama juga akan terkena dampaknya. Hal ini dapat mengancam keamanan data dan informasi pribadi Anda.
  3. Keterbatasan konfigurasi
    Dalam shared hosting, Anda memiliki keterbatasan dalam melakukan konfigurasi server atau menginstal aplikasi tertentu karena sumber daya server yang dibagi. Jika Anda membutuhkan konfigurasi khusus atau instalasi aplikasi yang lebih kompleks. Perlu mempertimbangkan jenis hosting yang lebih canggih, seperti VPS atau dedicated hosting.
  4. Kontrol yang terbatas
    Dalam layanan shared hosting, Anda tidak memiliki kontrol penuh atas server karena sumber daya dibagi di antara beberapa situs web. Ini berarti bahwa jika Anda ingin melakukan konfigurasi yang lebih khusus, Anda harus meminta bantuan dari penyedia layanan hosting.
  5. Ketergantungan pada penyedia layanan
    Karena Anda tidak memiliki kontrol penuh atas server. Anda sangat bergantung pada penyedia layanan hosting untuk menjaga server dan menyediakan dukungan teknis yang baik.

Kelemahan-kelemahan ini harus diperhatikan saat memilih jenis layanan hosting yang sesuai untuk kebutuhan situs web Anda. Meskipun shared hosting merupakan pilihan yang terjangkau dan mudah digunakan, Anda harus mempertimbangkan kelemahan-kelemahan tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan shared hosting.

Baca Juga: Apa itu Colocation Server?

Secara keseluruhan, shared hosting memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya meliputi harga yang terjangkau, mudah digunakan, dukungan teknis 24/7, skabilitas, dan mudah diatur. Hal ini menjadikan shared hosting menjadi pilihan yang populer untuk pemilik situs web yang baru memulai atau memiliki anggaran terbatas, serta bagi mereka yang membutuhkan hosting yang mudah digunakan dan dikelola.

Namun, shared hosting juga memiliki kelemahan. Keterbatasan sumber daya, keamanan, keterbatasan konfigurasi, kontrol yang terbatas, dan ketergantungan pada penyedia layanan. Oleh karena itu, sebelum memilih jenis layanan hosting yang sesuai untuk situs web Anda. Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan shared hosting dengan cermat.

Jika situs web Anda masih dalam tahap awal, dan Anda memiliki anggaran terbatas, shared hosting mungkin merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika Anda memerlukan kontrol penuh atas server, dan membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk situs web Anda. Anda mungkin perlu mempertimbangkan jenis layanan hosting yang lebih canggih, seperti VPS atau dedicated hosting. Pemilihan layanan hosting yang tepat akan membantu meningkatkan kinerja situs web Anda dan memastikan keamanan data dan informasi pribadi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

We Accept
@ 2023 Cloudku subsidiary PT Menara Sinar Semesta. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram