Apa itu Latency?

by Alivia Affandi / September 8, 2022

Halo Sobat Cloudku,

Kembali dengan Mimin di Putaran Informasi Mingguan. Kita bakalan bahas tentang apa itu latency, penyebab latency hingga cara mengurangi latency.
Latency sering kali digunakan sebagai parameter kualitas jaringan, tetapi sebenarnya apa itu latency?
Yuk simak penjelasannya.

Latency merupakan waktu yang dibutuhkan sebuah paket untuk ditangkap, ditransmisikan, dan diproses oleh beberapa perangkat sebelum mencapai tujuannya. Peran latency adalah mengukur keterlambatan atau penundaan data yang dikirimkan dari awal hingga akhir. Latency juga sering kali disebut dengan lag.

Latency mempengaruhi User Experience (UX) para pengguna jaringan saat mengakses data. Latency yang tinggi menandakan kualitas jaringan yang buruk sehingga hal ini tidak diinginkan, sedangkan latency yang rendah menandakan kualitas yang baik, hal ini yang diinginkan oleh banyak pengguna.

Latency tinggi dapat menyebabkan penundaan yang lama sehingga dapat menyebabkan kemacetan komunikasi. Latensi tinggi mengurangi bandwidth komunikasi dan hal ini dapat bersifat sementara atau permanen bergantung pada sumbernya. Satuan ukuran latency adalah ms (milidetik/millisecond).

Kategori Latency

  1. High Speed
    Dikatakan high speed jika memiliki low latency yaitu dibawah 20ms. Hal ini mengakibatkan hampir tidak ada proses loading sehingga jika kita akan membuka website dengan berbagai macam konten maka dapat langsung ditampilkan di computer kita.
  2. Medium Speed
    Dikatakan medium speed jika memiliki kecepatan kurang dari 1000ms tapi lebih dari 20ms. Hal ini mengakibatkan adanya proses loading yang relatif cepat
  3. Low Speed
    Dikatakan low speed jika memiliki kecepatan lebih dari 1000ms.  Hal ini mengakibatkan proses loading yang sangat lama sampai sampai website tidak tampil pada computer.

Penyebab Latency

Standar latency high, medium dan low pada setiap device berbeda-beda karena dipengaruhi oleh jarak, cuaca, konstruksi situs website yang akan diakses, komponen yang mentransfer data dan lain-lain.
Umumnya latency yang bagus berada pada kisaran 30ms hingga 40ms.
Berikut beberapa penyebab keterlambatan dalam proses pengiriman data:

  1. Jarak
  2. Cuaca
  3. Konstruksi Situs Website
  4. Media Transmisi
  5. Gangguan Frekuensi
  6. Komponen yang Mentransfer Data
  7. Konfigurasi jaringan dan Server

Bagaimana Mengukur Latency

Mungkin sulit untuk memecahkan masalah di jaringan besar secara manual. Namun kita dari sisi user bisa memulai dengan melakukan caching browser, menggunakan Content Delivery Network (CDN), menutup aplikasi atau tab browser yang tidak digunakan hingga restart semua perangkat keras

Dan cara yang paling efektif untuk mengurangi masalah latency adalah membeli server VPS yang dekat dengan lokasi yang ingin kita jangkau, ini akan sangat mengurangi latensi jaringan. Oleh karena itu, kami merekomendasikan salah satu hosting server VPS terbaik yang tersedia untuk Anda agar tidak ada lagi masalah Latensi Jaringan.

Silakan kunjungi website kami melalui link berikut:
Cloudku.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Cloudku by PT Menara Sinar Semesta. All Rights Reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram